Keluarga

Bukan Seks, Ini 4 Hal yang Lebih Penting dari Seks dalam Hubungan Percintaan

Bukan Seks, Ini 4 Hal yang Lebih Penting dari Seks dalam Hubungan Percintaan

MOMSMONEY.ID - Inilah 4 hal yang lebih penting dari seks dalam sebuah hubungan percintaan yang wajib Moms dan pasangan tahu.

Setiap hubungan percintaan itu unik. Kendati seks menjadi bagian penting di dalamnya, faktanya hubungan percintaan yang sehat memerlukan hal lain selain seks.

Melansir laman Insider, para ahli membagikan beberapa hal yang lebih penting dari seks dalam sebuah hubungan percintaan. Berikut penjelasannya.

1. Keamanan emosional

Hal yang lebih penting dari seks dalam sebuah hubungan percintaan pertama adalah keamanan emosional.

Keamanan emosional adalah fondasi dari setiap hubungan yang penuh kasih dan suportif, menurut terapis pernikahan dan keluarga bernama Jennine Estes.

Baca Juga: Hobi Bercinta? Awas, Ini 7 Efek Negatif Terlalu Sering Berhubungan Intim

Dengan adanya keamanan emosional, Anda dan pasangan akan merasa cukup aman untuk bersikap terbuka satu sama lain. Misal, jika Anda merasa diabaikan oleh pasangan atau sesuatu yang dikatakan pasangan membuat Anda kesal, Anda harus mengungkapkan alasan mengapa Anda kesal kepada pasangan tanpa takut perihal reaksinya.

Sebaliknya, jika tidak ada keamanan emosional, Anda dan pasangan mungkin akan menjadi defensif atau agresif selama konflik, menarik diri, menutup diri, atau menghindari perselisihan sama sekali. Faktanya, perilaku seperti ini dapat menghambat komunikasi dan menimbulkan kebencian yang tersembunyi dalam beberapa kasus.

2. Quality time

Hal yang lebih penting dari seks dalam sebuah hubungan percintaan kedua adalah quality time.

Sebuah studi kecil pada tahun 2021 menemukan bahwa menghabiskan waktu berkualitas bersama pasangan entah itu sekadar mengobrol atau berpartisipasi dalam suatu aktivitas terbukti dapat membantu merasa lebih puas dalam hubungan. Juga, meningkatkan kualitas positif dalam hubungan dan menciptakan kedekatan yang lebih besar dengan pasangan.

Tidak ada aturan pasti mengenai berapa banyak waktu yang harus Anda habiskan bersama pasangan. Menurut para ahli, yang terpenting adalah menemukan apa yang cocok untuk Anda dan pasangan. Ini bisa berarti menyisihkan banyak waktu untuk berkumpul di akhir pekan atau berkencan seminggu sekali.

Dengan terus menciptakan pengalaman bersama, itu dapat mengungkap titik temu sekaligus membuat Anda dan pasangan merasa seperti sebuah tim. Plus, meningkatkan motivasi untuk terus membangun hubungan.

3. Interaksi positif

Hal yang lebih penting dari seks dalam sebuah hubungan percintaan ketiga adalah interaksi positif.

Menurut penelitian ekstensif yang dilakukan oleh psikolog John Gottman, pasangan yang memiliki 5 atau lebih interaksi positif untuk setiap interaksi negatif lebih mungkin untuk tetap bertahan dalam pernikahan daripada bercerai.

Baca Juga: 4 Ciri-Ciri Vagina Sehat yang Harus Moms Tahu, Seperti Apa?

Dengan menggunakan rasio ajaib tersebut, Gottman dapat memprediksi apakah suatu pasangan akan tetap menikah dengan akurasi lebih dari 90%.

Jadi, perbanyaklah interaksi positif alih-alih negatif saat sedang bersama pasangan jika menginginkan hubungan yang langgeng. Adapun interaksi negatif termasuk bersikap terlalu kritis, meremehkan pasangan, meninggikan suara, atau membungkam kata-kata pasangan. Apabila terus dipelihara, kebiasaan berinteraksi negatif dapat merusak kepercayaan, rasa hormat, dan keintiman dalam hubungan Anda.

4. Rasa saling menghormati

Hal yang lebih penting dari seks dalam sebuah hubungan percintaan keempat adalah rasa saling menghormati.

Saling menghormati dalam suatu hubungan dapat berkontribusi pada perasaan percaya dan keamanan emosional serta bisa meningkatkan kejujuran. Bahkan, hal ini juga dapat meningkatkan kepuasan dan kualitas hubungan lho Moms.

Untuk menunjukkan rasa hormat Anda kepada pasangan dalam kehidupan sehari-hari, lakukanlah hal-hal berikut:

  • Hormati batasan yang ada
  • Saling memberi ruang sesuai kebutuhan
  • Dukung tujuan dan kepentingan masing-masing
  • Akui satu sama lain sebagai individu dengan kebutuhan dan keinginan yang unik

Pastikan juga untuk tidak melontarkan penghinaan, karena penghinaan adalah kebalikan dari rasa hormat yang bisa memperburuk ikatan. Saat Anda tidak menunjukkan rasa hormat kepada pasangan, itu dapat merusak harga dirinya dan membuat ia merasa frustasi, tidak puas, atau bahkan apatis.

Itulah 4 hal yang lebih penting dari seks dalam sebuah hubungan percintaan yang wajib Moms dan pasangan tahu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News