Santai

5 Jenis Bunga Wangi Ini Dikenal Bisa Redakan Stres Loh, Apa Saja?

5 Jenis Bunga Wangi Ini Dikenal Bisa Redakan Stres Loh, Apa Saja?

MOMSMONEY.ID - Bukan hanya bagus sebagai pajangan di rumah, beberapa jenis bunga ini dikenal bagus untuk membantu meredakan stres.

Para perempuan biasanya suka menghiasi rumah atau kamar dengan bunga favorit karena baunya yang semerbak dan cantik.

Selain memiliki bau semerbak, ada juga jenis bunga yang dikenal bisa membantu meredakan stres loh. Apa saja kah jenisnya? Berikut daftar jenis bunga yang bisa meredakan stres:

Baca Juga: Bikin Badan Sakit, Ketahui 4 Tanda Anda Terlalu Lama Duduk di Kursi

Lavender

Bagi penggemar bunga tentu sudah tak asing dengan manfaat bunga lavender untuk kesehatan mental. Bunga lavender kerap digunakan untuk membantu seseorang yang memiliki gangguan tidur.

Hal tersebut disebabkan karena lavender punya bau semerbak yang lembut dan menenangkan. Aromanya memiliki manfaat untuk mengurangi detak jantung yang berdebar-debar, menurunkan tingkat stres, menurunkan tekanan darah, dan lain-lain.

Melati

Bunga melati atau jasmine bukan cuma dikenal karena punya bau wangi, ya. Kerap dijadikan bahan teh herba, melati juga punya khasiat untuk meredakan stres.

Menurut laman Flower Works, aroma melati yang menenangkan memberikan manfaat therapeutic. Bahkan, bunga melati sering dimasukkan ke dalam pengobatan alternatif untuk meringankan kondisi seperti depresi, stres, kecemasan, dan bahkan insomnia.

Baca Juga: Lawan Procrastination Pakai 4 Cara Mudah Ini biar Tetap Produktif

Kamomil

Lebih akrab disebut dengan chamomile, bunga yang juga sering dijadikan bahan minuman teh herba ini punya segudang manfaat relaksasi baik bagi tubuh.

Bisa membuat pikiran lebih kalem dan jauh dari rasa khawatir adalah manfaat dari bunga kamomil. Selain punya bau semerbak yang bisa menghilangkan pikiran negatif, Anda juga bisa mencoba untuk menyeduh bunga ini sebagai teh di malam hari.

Mawar

Dikenal sebagai bunga yang cantik dan cocok digunakan untuk menyatakan perasaan, mawar pun juga cocok dijadikan obat alami untuk meredakan stres. Bunga mawar ternyata dikenal bisa memproduksi endorfin yang meningkatkan suasana hati.

Melansir laman Inter Flora, untuk menghilangkan kecemasan dan kekhawatiran, cobalah untuk memanjakan indera dengan aroma bunga mawar yang menawan. Mawar juga bisa digunakan sebagai media untuk meditasi dan menghilangkan pikiran-pikiran yang tidak diinginkan.

Lilac

Jika Anda tengah merasakan ketegangan dan kekhawatiran dari hal kecil, cobalah untuk membeli bunga lilac. Bunga berwarna ungu cantik ini memiliki sejumlah manfaat kesehatan.

Dengan mencium bau semerbak aroma lilac bisa membuat kelenjar pituitari memberi sinyal pada bagian otak untuk melepaskan beta-endorfin, hormon yang bertanggung jawab untuk melawan ketegangan.

Nah, itulah tadi beberapa jenis bunga yang selain wangi ternyata bisa membantu meredakan stres dan kecemasan. Ada bunga favorit Anda?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News