Santai

5 Hal Ini Perlu Diperhatikan Jika Ingin Olahraga Aman Saat Puasa

5 Hal Ini Perlu Diperhatikan Jika Ingin Olahraga Aman Saat Puasa

MOMSMONEY.ID - Supaya olahraga di bulan puasa bisa berjalan lancar, aman, dan terhindar dari cedera, sebaiknya mulai perhatikan hal berikut.

Olahraga merupakan kegiatan yang bisa membantu tubuh menjadi lebih sehat dan segar. Karena itu, menjadikan olahraga sebagai kegiatan harian di bulan puasa bisa sangat bermanfaat bagi tubuh.

Namun demikian, dalam berolah raga ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan agar terhindar dari cedera terutama saat berpuasa.

Berikut Momsmoney telah merangkum daftar hal-hal yang patut diperhatikan jika ingin tetap aktif berolah raga di bulan puasa.

Baca Juga: Patut Diperhatikan, Ini 4 Tanda Tubuh Anda Dehidrasi saat Puasa

Melakukan cek kesehatan

Ada baiknya sebelum melakukan olahraga untuk selalu melakukan cek kesehatan. Mengecek kesehatan penting untuk mengetahui kondisi tubuh.

Selain mengetahui kondisi tubuh, mengecek kesehatan secara rutin juga dapat membantu untuk mengontrol kondisi kesehatan tubuh pada sebelum, sesaat, dan setelah berolah raga.

Pemanasan

Sebelum melakukan olahraga, hal paling penting adalah melakukan pemanasan. Pemanasan untuk setiap olahraga tentu saja berbeda-beda, tergantung dari jenis olahraga yang akan dilakukan.

Setidaknya lakukan pemanasan 10-15 menit sebelum mulai berolah raga. Tujuannya adalah untuk memanaskan otot-otot dan mempersiapkan tubuh melakukan gerakan-gerakan olahraga.

Baca Juga: Cek Jadwal Imsakiyah Surakarta dan Solo Selama Ramadan 2024 di Sini

Gunakan pakaian olahraga

Agar olahraga makin nyaman dan terhindar dari risiko cedera, jangan lupa untuk memakai pakaian olahraga yang sesuai. Pakaian olahraga dirancang untuk kelancaran mobilitas saat melakukan gerakan olahraga.

Tentu saja jika gerakan dilakukan dengan baik, maka cedera pun juga dapat terhindarkan. Pilih juga pakaian olahraga dengan bahan yang menyerap keringat dan nyaman saat digunakan dalam segala cuaca.

Membersihkan diri

Membersihkan diri setelah berolah raga juga harus menjadi kewajiban bagi yang memiliki aktivitas olahraga rutin. Keringat banyak mengandung bakteri dan virus terutama jika bercampur dengan debu dan udara dari luar.

Membersihkan diri setelah berolah raga bisa membantu tubuh merasa segar dan rileks setelah berolah raga. Selain itu tentu saja juga bisa membuat tubuh terhindar dari bakteri dan virus penyebab penyakit.

Minum

Air memiliki peran penting selama olahraga untuk mengalirkan oksigen ke seluruh tubuh. Selain oksigen, nutrisi, dan metabolisme juga akan dialirkan ke seluruh tubuh melalui air.

Pastikan agar tubuh selalu terhidrasi saat melakukan olahraga. Agar tubuh tidak kekurangan cairan tubuh yang hilang bersama keringat. Sehingga masih dapat melakukan semua gerakan olahraga dengan benar dan tidak lesu setelahnya.

Jika sedang berpuasa, pastikan untuk minum air yang cukup pada saat berbuka puasa dan sahur, ya.

Itulah tadi beberapa hal penting yang perlu diperhatikan agar olahraga di bulan Ramadan tetap bisa dilakukan dengan aman dan nyaman.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News