Santai

5 Fitur Aplikasi Foto Baru yang Wajib Dicoba di iOS 18

5 Fitur Aplikasi Foto Baru yang Wajib Dicoba di iOS 18

MOMSMONEY.ID - Apple mengumumkan banyak fitur luar biasa untuk iOS 18. Salah satunya fitur aplikasi foto baru. 

Terdapat beberapa fitur aplikasi foto baru yang wajib dicoba di iOS 18. Apple memperkenalkan beberapa fitur bagus yang membuat pengguna semakin terkesan. 

Namun untuk dapat menikmati beberapa fitur aplikasi foto baru di iOS 18, Anda dapat menyimak artikel ini.

Baca Juga: Cara Download CamScanner APK Android dan Fitur Aplikasi Mengubah Foto jadi PDF

Mengutip Techwiser, berikut ini 5 fitur aplikasi foto baru yang wajib dicoba di iOS 18.

1. Filter Foto 

Pada iOS 18 pengguna sudah bisa memfilter tangkapan layar dari galeri di iPhone. Selain itu, pengguna dapat memilih untuk hanya melihat video saja. 

Filter foto ini akan membedakan sumber dari foto tersebut sehingga tidak akan tercampur dengan lainnya. 

2. Pencarian Foto 

iOS 17

Fitur pencarian di aplikasi Foto baru benar-benar membuat pengguna takjub. 

Pengguna hanya mengetuk ikon pencarian dan mengetik "makanan dan itu akan mengurutkan semua foto yang berisi makanan. Tapi bukan itu saja. Fitur pencariannya bahkan lebih gila dari perkiraan. 

3. Manusia dan Hewan Peliharaan

Di iOS versi sebelumnya, seperti iOS 17, aplikasi Foto dapat mencari orang. Namun dengan iOS 18, Apple telah membawa fitur ini ke level berikutnya. 

Sekarang, pengguna memberi nama seseorang atau hewan peliharaan di aplikasi Foto, Anda dapat mencari dengan mengatakan "Sayan dan Pratik". 

Nantinya hanya itu yang akan menampilkan foto dengan Sayan dan Pratik di dalamnya. 

Fitur pencarian di dalam aplikasi ini bekerja dengan sangat baik sehingga jika Anda ingin melihat klip teman Anda sedang makan, cukup ketik perintahnya, dan aplikasi akan menemukannya untuk Anda.

4. Saran Wallpaper

Aplikasi Foto di iOS 18 secara otomatis memilih gambar terbaik dari perpustakaan  dan menyarankannya sebagai wallpaper layar kunci dan layar beranda. Terlebih lagi, ia bahkan menambahkan filter pada foto. 

Baca Juga: Cara Download iOS 18 Beta di iPhone, Simak dan Ikuti Langkah-langkahnya

5. Utilitas 

Ingat bagian Utilitas di tab Album? Ini menjadi lebih berguna di iOS 18. Sekarang, ini mengkategorikan foto Anda ke dalam beberapa rangkaian utilitas, seperti kode QR, dokumen, gambar, tanda terima, tulisan tangan, dan banyak lagi. 

Sederhananya, jika foto Anda memiliki dokumen apa pun, itu akan membuat folder Dokumen di bagian Utilitas.

Jadi itulah beberapa fitur aplikasi foto baru yang wajib dicoba di iOS 18. 

Fitur iOS Mirip Android 

1. Kunci Aplikasi

Fungsionalitas App Lock telah tersedia di Android sejak lama baik melalui aplikasi pihak ketiga atau secara asli. Fitur ini awalnya tersedia dengan iterasi khusus di Android seperti MIUI, ColorOS, dll. 

Setelah hampir satu dekade, App Lock tersedia di iPhone. Anda dapat mengunci masing-masing aplikasi dengan Face ID, Touch ID, atau kode sandi.

2. Kustomisasi Ikon

Di iOS 18, Apple memperkenalkan fitur yang memungkinkan pengguna menyesuaikan tampilan ikon aplikasi di Layar Utama. Meskipun paket ikon telah ada sejak awal Android, Google memperkenalkan fitur ini secara asli dengan Android 12. 

Namun, kustomisasi ikon iOS 18 masih kurang mendukung paket ikon dan kustomisasi bentuk ikon. Anda bahkan tidak dapat menyesuaikan batu loncatan. Mungkin, kita akan mendapatkannya di versi iOS mendatang.

3. Ikon Aplikasi Pihak Ketiga

iOS 18 memungkinkan Anda menambahkan ubin dari aplikasi pihak ketiga ke Pusat Kontrol. 

Ini sangat mirip dengan cara Android menangani ubin pengaturan cepat. Jadi, Anda dapat dengan cepat membuka aplikasi pencatatan seperti Evernote dari Pusat Kontrol, bukan hanya aplikasi catatan default. 

Namun, Apple mungkin membatasi potensi integrasi lebih dalam dengan aplikasi pihak ketiga untuk memastikan pengalaman pengguna yang konsisten. 

4. Pengeditan Gambar Bertenaga AI

Dengan iOS 18, Anda dapat menghapus objek dan subjek yang tidak diinginkan dari foto menggunakan fitur pengeditan yang didukung AI. 

Baca Juga: Cara Mengembalikan iOS 18 Beta ke 17 Tanpa Kehilangan Data, Simak Tipsnya

Perangkat Google Pixel dan Samsung Galaxy telah memiliki fitur ini selama beberapa tahun terakhir. 

Versi beta awal iOS 18 memiliki batasan tertentu seperti hanya dapat menghapus objek dan subjek yang lebih kecil dari latar belakang. Sedangkan Android bisa menangani objek yang lebih besar.

5. Transkripsi Pesan Suara Langsung 

Dengan iOS 18, Anda dapat melihat transkripsi pesan suara secara langsung. Ini mirip dengan fitur Penyaringan Panggilan Google pada ponsel Pixel dan Samsung.

Namun, ada perbedaan utama. Di iOS, fokusnya adalah pada pesan Voicemail, sedangkan Google Call Screen berfungsi pada panggilan masuk. 

6. Dukungan SMS 

Ini sangat besar. iOS 18 akhirnya akan mengadopsi RCS (Rich Communication Services), standar perpesanan yang sudah lama dimiliki Android. 

Sebelumnya, teks iPhone dan Android berkualitas rendah, foto buram, dan tidak ada tanda terima telah dibaca. Setelah dukungan RCS di iOS 18, pengguna iPhone akan menikmati media berkualitas tinggi, tanda terima telah dibaca, indikator pengetikan, dan berbagi file yang lebih besar untuk pengiriman pesan yang lancar antara kedua platform.

Itulah beberapa fitur yang diperkenalkan di iOS 18 yang telah hadir di Android selama beberapa waktu. Sistem operasi sering kali meminjam ide satu sama lain (ingat navigasi gerakan, berbagi file seperti AirDrop).

Namun, gambaran yang lebih besar adalah bahwa penyerbukan silang ini dapat menghasilkan pengalaman pengguna yang lebih baik secara keseluruhan.

Jadi itulah beberapa fitur aplikasi foto baru yang wajib dicoba di iOS 18. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News