Bugar

5 Cara Mengecilkan Pori-Pori Besar dengan Benar, Coba yuk

5 Cara Mengecilkan Pori-Pori Besar dengan Benar, Coba yuk

MOMSMONEY.ID - Bikin tidak percaya diri, kini Anda bisa mencoba cara mengecilkan pori-pori besar dengan benar di sini. 

Tampilan pori-pori besar dapat menyebabkan berbagai masalah kulit baru, seperti produksi minyak berlebih sehingga menimbulkan jerawat. 

Selain itu, pori-pori besar membuat debu, kotoran dan sisa make up terperangkap di dalam kulit Anda. 

Oleh karena itu, Anda perlu merawat kesehatan kulit wajah dengan cara mengecilkan pori-pori besar. 

Baca Juga: Konsumsi Rutin! Ini 5 Rekomendasi Makanan Sehat untuk Kulit Berjerawat

Melansir dari herworld.co.id, simak penjelasannya di bawah ini : 

1. Rutin membersihkan wajah

Cara pertama mengecilkan pori-pori adalah rutin membersihkan wajah. Membersihkan wajah menjadi rutinitas yang penting karena jika tidak, debu dan partikel-partikel kotoran dapat menyebabkan pori-pori tersumbat dan iritasi.

Pori-pori tersumbat menjadi pemicu untuk membesarnya pori-pori. Sehingga, Anda disarankan untuk membersihkan wajah sebanyak dua kali sehari, pada pagi dan malam hari sebelum tidur.

Selain rutin mencuci muka, Anda jangan harus memastikan kalau sabun wajah yang digunakan sudah sesuai dengan tipe kulit wajah Anda.

2. Pakai tabir surya

Cara mengecilkan pori-pori besar selanjutnya dengan memakai tabir surya. Menggunakan tabir surya sangat penting untuk kulit, karena ketika wajah semakin sering terpapar matahari, lama kelamaan kulit akan rusak. Kulit akan semakin berkurang kekencangannya.

Saat itulah, pori-pori wajah membesar. Kolagen adalah kandungan pada wajah yang membuat kulit lembut dan berkilau, sedangkan matahari adalah musuh terbesarnya.

Oleh karena itu, dengan menggunakan tabir surya secara rutin, kamu dapat mengecilkan pori-pori wajah Anda.

Gunakan tabir surya yang melindungi kulit dari paparan UVA dan UVB, dengan minimal 30 SPF atau lebih tinggi untuk perlindungan yang maksimal.

Baca Juga: Inilah 5 Bahan Alami yang Bisa Melentikkan Bulu Mata

3. Eksfoliasi wajah secara berkala

Berikutnya, Anda perlu melakukan eksfoliasi wajah secara berkala. Eksfoliasi dinilai efektif dapat mengecilkan pori-pori pada wajah karena bekerja menghilangkan sumbatan-sumbatan pada pori-pori yang menyebabkan pori-pori menjadi besar.

Eksfoliasi akan membantu mengangkat sel kulit mati dari permukaan.

Walaupun efektif, ekfoliasi tidak perlu dilakukan sering-sering. Anda cukup melakukan eksfoliasi minimal satu sampai dua kali dalam seminggu.

Anda dapat menggunakan produk khusus eksfoliasi wajah atau scrub lembut untuk melakukan eksfoliasi. Kemudian, jangan lupa untuk langsung menggunakan pelembap karena eksfoliasi dapat membuat kulit menjadi kering.

4. Gunakan Clay Mask

Kemudian, gunakan produk clay mask juga. Clay mask memiliki manfaat yang dapat mengecilkan pori-pori wajah masker ini mampu untuk menyerap sebum/minyak berlebih pada kulit.

Selain itu, masker ini juga dapat membantu mengangkat kotoran dan sel kulit mati. Kemampuan menghilangkan kandungan minyak berlebih tersebut yang membantu mencegah pori-pori membesar dan membuatnya jadi tersamarkan.

Clay mask dapat Anda gunakan satu sampai dua kali dalam seminggu secara rutin. Namun sebagai catatan, hindari menggunakan clay mask dan melakukan eksfoliasi secara bersamaan. Hal ini dikhawatirkan dapat berpotensi menyebabkan kulit iritasi.

Baca Juga: Kenali 4 Manfaat Probiotik untuk Kecantikan Kulit yang Harus Anda Tahu

5. Pakai Pelembap yang Tepat

Cara mengecilkan pori-pori besar lainnya adalah pakai pelembap yang tepat. Setiap jenis kulit harus menggunakan pelembap, termasuk kulit berminyak. 

Biasanya, bagi Anda yang memiliki jenis kulit berminyak, sebaiknya menggunakan pelembap yang ringan dan berbahan dasar air.

Pelembap dapat efektif membantu mengecilkan pori-pori karena pelembap dapat membuat kulit wajah Anda terhidrasi serta mempertahankan kelembapan alaminya dengan baik.

Ketika kulit Anda terhidrasi, sebaceous gland (kelenjar minyak) dalam pori-pori yang bertugas memproduksi minyak alami tidak perlu bekerja ekstra untuk mempertahankan kelembapan alami kulit wajah Anda.

Kulit yang terhidrasi dan lembap akan terlihat dan menjadi kencang. Kalau kulit Anda kencang, pori-pori akan otomatis mengecil.

Nah, itulah beberapa cara mengecilkan pori-pori besar dengan benar. Cobain dari rumah, yuk.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News