Keluarga

5 Cara Menggunakan Pasta Gigi untuk Membersihkan Barang Kesayangan di Rumah

5 Cara Menggunakan Pasta Gigi untuk Membersihkan Barang Kesayangan di Rumah

MOMSMONEY.ID - Pasta gigi adalah salah satu benda yang pasti Anda miliki di kamar mandi Moms di rumah. Ternyata, selain untuk membersihkan gigi, pasta gigi juga bisa Anda gunakan buat membersihkan barang kesayangan, lo. 

Melansir House Digest, membersihkan dengan pasta gigi juga lebih aman. Sebab, pasta gigi untuk mulut manusia, sehingga tidak mengandung zat berbahaya.

Pasta gigi bisa Anda gunakan untuk membersihkan noda, membuat permukaan mengkilap, dan bahan untuk memoles. 

Namun, tidak sembarangan jenis pasta gigi yang bisa Anda gunakan. Untuk membersihkan barang-barang kesayangan Moms, Anda membutuhkan pasta gigi asli yang berwarna putih bukan gel-gel terbaru saat ini.

Soalnya, pasta gigi gel terbuat dari bahan dasar silika dan kurang abrasif, yang tidak bekerja dengan baik untuk membersihkannya. 

Baca Juga: Ternyata Vodka Bisa Menghilangkan Bau Tak Sedap, Begini Cara Pakainya

Cara membersihkan barang-barang kesayangan Anda dengan pasta gigi

1. Mencerahkan sepatu

Bagian sepatu yang bisa Anda bersihkan dengan pasta gigi adalah bagian bawah yang terbuat dari karet. Gunakan sedikit pasta gigi, kemudian gosok dengan sikat gigi. Setelah itu, bersihkan dengan handuk lembab. 

Pasta gigi juga bisa digunakan untuk membersihkan sepatu yang terbuat dari kulit asli atau sintetis berwarna putih. Apabila soda kue bisa membuat sepatu sedikit menguning, pasta gigi bisa mencerahkan sepatu. 

2. Memoles atau membersihkan perhiasan

Pasta gigi adalah produk yang bagus untuk membersihkan perhiasan. Tapi, cara membersihkan perhiasan dengan pasta gigi harus hati-hati karena tidak semua logam dan batu bisa Anda bersihkan dengan pasta gigi.

Hindari membersihkan mutiara dan opal dengan pasta gigi. Hindari juga membersihkan permata lunak dengan pasta gigi karena mudah tergores. Anda juga sebaiknya tidak membersihkan perhiasan emas dengan pasta gigi. 

Sebaliknya, Anda bisa membersihkan perhiasan yang terbuat dari perak menggunakan pasta gigi. Sikatkan pasta gigi dengan sikt gigi lembut ke perhiasan silver. Jika sudah bilas dan bersihkan dengan kain lembut.

Pasta gigi juga bisa membuat berlian menjadi kembali berkilau. Tapi, hati-hati jika berlian tersebut dipasang di perhiasan emas. 

Baca Juga: Selain Jadi Penyedap Rasa, Cinnamon Bermanfaat Hilangkan Energi Negatif

3. Membersihkan setrika

Saat bagian tapak setrika kotor, ini tandanya Anda harus segera membersihkannya. Kabar baiknya, Anda bisa membersihkan bagian tapak setrika menggunakan pasta gigi putih. 

Caranya, aplikasikan pasta gigi ke tapak setrika. Kemudian sikat dengan sikat gigi basah. Sikat dengan gerakan melingkat. Jika sudah, bilas bagian bawah tanpa merendamnya. Kemudian keringkan. 

Untuk memastikan bagian lubang uap tidak tersumbat, nyalakan setrika dengan pengaturan panas paling tinggi setelah setrika benar-benar kering. Periksa tombol semburan uap sampai pasta gigi yang menyumbat keluar. 

4. Membersihkan wastafel

Pasta gigi bisa membersihkan wastafel dengan cepat. Cara membersihkan wastafel menggunakan pasta gigi sangat mudah. 

Tuangkan pasta gigi ke bagian dalam wastafel, kemudian basahi spons. Setelah itu gosok wastafel, kemudian bilas ketika sudah selesai. 

Sebagai bonus, saat membersihkan wastafel pasta gigi juga bisa menghilangkan bau tidak sedap yang muncul dari bagian pembuangan. 

Baca Juga: Dijamin Manjur, Ikuti 5 Tips Menyimpan Kue Kering Agar Tetap Renyah

5. Membersihkan peralatan perak

Sama seperti perhiasan, pasta gigi juga bisa digunakan untuk membersihkan peralatan yang terbuat dari perak. Dengan membersihkan menggunakan pasta gigi, peralatan yang terbuat dari perak bisa jadi lebih bersinar. 

Cara membersihkan peralatan perak dengan pasta gigi juga mudah. Aplikasikan pasta gigi ke kain lembut. Kemudian gosok dengan lembut ke seluruh permukaan. 

Untuk bagian yang sulit dibersihkan, gunakan sikat gigi yang lembut. Tapi, hati-hati jangan terlalu keras atau Anda akan meninggalkan goresan. Setelah itu, bilas dengan air hangat dan keringkan. 

Demikian 5 cara membersihkan barang-barang kesayangan Anda menggunakan pasta gigi. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News