Keluarga

5 Cara Memperbaiki Jadwal Tidur yang Berantakan Menurut Para Ahli

5 Cara Memperbaiki Jadwal Tidur yang Berantakan Menurut Para Ahli

MOMSMONEY.ID - Orang dewasa dengan menyimpan lebih banyak informasi, stres, tugas, beban sering kali menjadikan tidur di malam hari sulit untuk didapatkan. Oleh karena itu, tidur siang seperti anak-anak merupakan salah satu dambaan bagi orang dewasa.

Apabila saat ini jam tidur Anda berantakan, maka Anda perlu mengubah kebiasaan tersebut dengan meningkatkan kualitas tidur yang konsisten. Bagaimana caranya?

Bersumber dari Sleep Foundation, rutinitas dapat membuat tindakan menjadi hampir otomatis dalam berbagai aspek kehidupan sehari-hari, termasuk tidur.

Untuk menumbuhkan kebiasaan tidur yang sehat secara aktif, maka Anda harus melakukan kebiasaan tidur yang sehat secara konsisten.

Menurut laman Byrdie, berikut 5 cara memperbaiki jadwal tidur yang berantakan menurut para ahli:

Baca Juga: 4 Letak Jerawat dan Penyebabnya, Jerawat di Dagu karena Apa?

1. Hindari ponsel saat waktu tidur

Menonton beberapa video di TikTok atau media sosial lainnya mungkin dianggap sebagai sarana untuk menghantar tidur. Sayangnya, para ahli mengatakan bahwa kegiatan ini berdampak sebaliknya.

“Sifat ponsel yang membuat seseorang ketagihan menjadikannya penghalang yang lebih besar terhadap pengaturan waktu tidur dibandingkan TV, karena ponsel memiliki sifat dopamin,” kata pakar tidur Dan Gartenberg. Ph.D.

2. Jadikan kamar hanya untuk tidur

Gartenberg merekomendasikan untuk tidak melakukan pekerjaan, melihat ponsel, bahkan kegiatan lain di kamar tidur.

Direktur kesehatan tidur di Sleepopolis Shelby Harris, PsyD juga menyarankan untuk konsisten tidur dan bangun selama tujuh hari atau seminggu dan jangan mengimbangi tidur malam yang buruk dengan tidur terlalu larut keesokan paginya atau tidur terlalu dini pada malam berikutnya.

3. Hindari konsumsi kopi dan alkohol

Membatasi konsumsi alkohol tiga jam sebelum tidur dan kafein delapan jam sebelum tidur dapat membantu Anda untuk mendapatkan tidur yang berkualitas.

Meski hal ini cukup sederhana untuk dilakukan, namun pecinta kopi dan alkohol perlu membiasan diri mungkin dalam waktu yang cukup lama.

Baca Juga: 4 Letak Jerawat dan Penyebabnya, Jerawat di Dagu karena Apa?

4. Olahraga sebelum tidur

Konsep ini sering diterapkan pada anak-anak sebelum mereka tidur siang. Hal ini juga dapat diimplementasikan pada orang dewasa.

Penelitian dengan survei yang konsisten menunjukkan adanya korelasi antara olahraga dan kualitas tidur yang baik.

5. Bersantai sebelum tidur

Para ahli berpendapat bahwa bersantai sebelum tidur dapat membantu pikiran seseorang sehingga ia dapat tertidur dengan nyenyak.

Dengan menenangkan pikiran, tubuh, dan jiwa, maka Anda dapat menghasilkan keadaan yang lebih rileks saat hendak tidur dan secara umum memberikan hasil tidur yang positif.

Demikian 5 cara memperbaiki jadwal tidur yang berantakan. Apabila kelima cara di atas gagal untuk Anda terapkan, segera berkonsultasi dengan ahli somnologi atau spesialis tidur.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News