Keluarga

5 Area di Rumah yang Perlu Anda Bersihkan sebelum Musim Hujan

5 Area di Rumah yang Perlu Anda Bersihkan sebelum Musim Hujan

MOMSMONEY.ID - Sebelum musim hujan tiba, ada baiknya Anda mulai membersihkan beberapa area yang ada di rumah.

Saat musim hujan tiba, biasanya cuaca tidak bisa diprediksi. Bisa saja pagi sangat cerah, namun menjelang sore tiba-tiba hujan deras.

Ini akan mempersulit pekerjaan Anda untuk mencuci beberapa barang besar yang membutuhkan cahaya matahari untuk mengeringkannya. 

Selain itu, membersihkan area halaman rumah di waktu hujan juga jadi sangat sulit. Maka dari itu segera bersihkan beberapa area di rumah sebelum musim hujan tiba.

Baca Juga: 5 Ide Menggunakan Vinyl untuk Lantai Kamar Tidur Mewah

Melansir Apartment Therapy, berikut 5 area di rumah yang perlu Anda bersihkan sebelum musim hujan:

Halaman rumah

Beberapa hal yang perlu Anda lakukan saat membersihkan halaman rumah:

  • Membersihkan furnitur yang ada di luar: selama musim kemarau banyak debuu berterbangan. Sehingga penting untuk membersihkannya. Lakukan sebelum musim hujan supaya mudah untuk menjemurnya. 
  • Membersihkan halaman: saat musim hujan, kegiatan berkebun jadi susah dilakukan. Periksa kembali apakah ada peralatan berkebun yang masih ada di luar dan kotor. Periksa juga area-area yang berpotensi jadi kubangan air dan menyebabkan banyak nyamuk. Jangan lupa siapkan wadah penampungan air untuk menyimpan air hujan yang bisa Anda manfaatkan saat musim kemara tiba lagi.

Lemari pakaian

 

Saat musim hujan, Anda lebih banyak membutuhkan pakaian hangat. Untuk menyiapkan diri maka ubahlah penataan baju di dalam lemari. Mulai letakan jaket, kaos lengan panjang, kaos kaki, hingga penghangat lainnya di bagian atas supaya lebih mudah dijangkau.

 

Lemari makanan

 

Periksa lagi lemari makanan Anda, buang seluruh bahan masak yang sudah kadaluarsa atau sudah tidak Anda gunakan lagi. Anda juga bisa menata peralatan memasak. Utamakan peralatan untuk membuat sup untuk menyambut musim hujan yang dingin.

 

Baca Juga: Tips Cara Memilih Karpet yang Tepat untuk Ruang Tamu & Kamar

 

Ruang tamu

 

Ruang tamu juga menjadi salah satu area yang perlu Anda bersihkan menjelang musim hujan. Persiapkan ruang tamu untuk menyambut musim hujan yang dingin dan menjelang musim liburan akhir tahun. 

 

Periksa lagi benda apa saja yang menumpuk di ruang tamu dan sudah tidak Anda gunakan lagi. Kumpulkan barang-barang yang tak terpakai dan donasikan barang yang masih layak pakai. Jangan lupa untuk menata lagi mainan anak Anda yang sudah mereka lupakan.

 

Kamar tidur

 

Membersihkan kamar tidur memberikan suasana yang nyaman menyambut datangnya musim hujan. Ganti selimut Anda dengan selimut yang lebih tebal. Rapikan seluruh area di kamar tidur yang berantakan dan bersihkan dari debu-debu selama musim panas. 

 

Itu tadi lima area di rumah yang perlu Anda bersihkan sebelum musim hujan tiba. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda, ya, Moms.

Selanjutnya: Utang Luar Negeri Indonesia Tercatat Meningkat Jadi US$ 414,3 Miliar Pada Juli 2024

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News