Keluarga

4 Manfaat Makan dalam Porsi Kecil yang Baik untuk Kesehatan Tubuh, Cari Tahu Yuk!

4 Manfaat Makan dalam Porsi Kecil yang Baik untuk Kesehatan Tubuh, Cari Tahu Yuk!

MOMSMONEY.ID - Makan dalam porsi kecil ternyata menyimpan banyak manfaat. Berikut 4 manfaat makan dalam porsi kecil yang baik untuk kesehatan tubuh.

Salah satu kunci keberhasilan dalam menurunkan berat badan adalah mengendalikan porsi makan sehari-hari.

Menurut Centers for Disease Control and Prevention, semakin banyak makanan yang Anda sajikan, maka semakin tinggi kemungkinan Anda akan makan. Padahal, makan dalam porsi kecil sangat disarankan dibandingkan makan dalam porsi besar terutama jika Anda ingin menurunkan berat badan.

Melansir laman Livestrong.com, ada setidaknya 4 manfaat makan dalam porsi kecil yang baik untuk kesehatan tubuh. Simak penjelasannya di bawah ini.

Baca Juga: Sedang Program Hamil? Ini 5 Manfaat Buah Zuriat untuk Promil dan Kesehatan

1. Mengontrol gula darah dengan lebih baik

Manfaat makan dalam porsi kecil yang pertama yaitu mengontrol gula darah dengan lebih baik. Pada dasarnya, tubuh akan mengubah makanan yang kita makan terutama karbohidrat menjadi glukosa. Glukosa sendiri merupakan sejenis gula yang berfungsi sebagai sumber energi utama tubuh.

Saat Anda makan dalam porsi besar, kadar glukosa akan meningkat dengan cepat. Ketika aliran darah dibanjiri glukosa, pankreas akan melepaskan insulin untuk memindahkan glukosa tersebut ke dalam sel untuk digunakan.

Tetapi, semakin cepat kadar glukosa meningkat, maka semakin besar pula kemungkinan pankreas memproduksi terlalu banyak insulin sebagai respons dan menyebabkan gula darah menjadi rendah. Akibatnya, otak akan tertipu untuk berpikir bahwa tubuh membutuhkan lebih banyak glukosa. Pada akhirnya, Anda akan mulai merasa lapar dan sering menginginkan asupan gula.

Guna menghindari siklus tersebut, cobalah untuk membiasakan diri makan dalam porsi kecil. Dengan lebih sering makan dalam porsi kecil, itu akan membantu menjaga kadar glukosa dan insulin Anda tetap stabil.

2. Meningkatkan rasa kenyang dan mengontrol berat badan

Manfaat makan dalam porsi kecil yang kedua yaitu meningkatkan rasa kenyang dan mengontrol berat badan. Siapa sangka jika makan dalam porsi kecil ternyata bisa mengekang keinginan untuk makan dan membantu mengurangi asupan kalori secara keseluruhan.

The British Nutrition Foundation menyarankan kita untuk makan perlahan dengan porsi lebih kecil agar merasa lebih kenyang setelah makan. Tatkala Anda merasa kenyang, itu dapat memengaruhi seberapa banyak dan seberapa sering Anda makan.

Makan dalam porsi kecil juga memungkinkan tubuh menggunakan makanan yang Anda makan sebagai energi dengan segera alih-alih menyimpan kelebihannya sebagai lemak.

Menurut Harvard Health Publishing, belajar memerhatikan jumlah makanan yang dimakan dapat mendorong kita berlatih mindful eating yang bermanfaat untuk membantu kita dalam membuat pilihan makanan yang lebih sehat.

Baca Juga: 4 Essential Oil yang Bagus untuk Kehidupan Seks, Begini Cara Menggunakannya

3. Melancarkan pencernaan

Manfaat makan dalam porsi kecil yang ketiga yaitu melancarkan pencernaan. Makan dalam porsi besar secara teratur dapat merusak sistem pencernaan lho.

MD Anderson Cancer Center menunjukkan beberapa hal yang mungkin terjadi ketika Anda makan terlalu banyak. Di antaranya membuat perut meregang lebih jauh dan mendorong organ lain yang bisa menyebabkan banyak ketidaknyamanan.

Anda juga berisiko mengalami mulas setelah makan dalam porsi besar. Pasalnya, perut yang kenyang dapat mendorong asam klorida naik kembali ke kerongkongan. Plus, makan dalam porsi besar rentan menghasilkan gas berlebih dari makanan tersebut.

Alih-alih makan dalam porsi besar dan mengacaukan sistem pencernaan Anda, alangkah baiknya Anda makan dalam porsi kecil mulai dari sekarang.

4. Menghemat pengeluaran

Manfaat makan dalam porsi kecil yang keempat yaitu menghemat pengeluaran. Makan dalam porsi kecil dapat menghasilkan keuntungan finansial, terutama saat Anda makan di luar.

Misal, Anda jadi bisa memesan makanan dengan porsi anak-anak di restoran yang tentunya jauh lebih murah dibandingkan makanan dengan porsi orang dewasa.

Apabila Anda tetap ingin memesan makanan dengan porsi orang dewasa, mintalah pelayan untuk membungkus setengahnya agar bisa dibawa pulang. Dengan begini, Anda tidak hanya akan terbantu untuk makan dalam porsi kecil, tetapi Anda juga akan mendapatkan dua kali makan dengan harga satu kali makan saja.

Itulah 4 manfaat makan dalam porsi kecil yang baik untuk kesehatan tubuh. Jangan lupa dicatat ya, Moms!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News