Santai

4 Manfaat Kurma bagi Kesehatan, Cocok Dikonsumsi saat Berbuka Puasa

4 Manfaat Kurma bagi Kesehatan, Cocok Dikonsumsi saat Berbuka Puasa

MOMSMONEY.ID - Baik dikonsumsi bagi yang sedang berpuasa, ini dia ragam manfaat dari kurma.

Kurma adalah buah dari pohon palem yang tumbuh di daerah tropis di dunia. Kurma memiliki rasa yang manis dan tekstur yang kenyal.

Karena banyaknya kandungan nutrisi yang terkandung pada buah ini, kurma juga kerap digunakan sebagai makanan pembuka saat puasa.

Ya, kurma memiliki banyak manfaat yang baik untuk bagi tubuh orang-orang yang berpuasa. Selain digunakan sebagai makanan pembuka puasa, inilah beberapa manfaat dari kurma yang penting untuk diketahui:

Baca Juga: 4 Buah Ini Tinggi Kandungan Air, Bisa Cegah Dehidrasi kala Puasa

Mengandung pemanis alami

Terlalu banyak mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung pemanis buatan tentu saja bukanlah hal yang baik bagi tubuh. Kurma yang memiliki rasa manis asli ini dapat Anda jadikan pengganti pemanis yang Anda gunakan dirumah.

Selain itu, kurma juga mengandung banyak nutrisi, serat, dan antioksidan yang tentu saja memiliki efek lebih baik dibanding pemanis buatan.

Tinggi vitamin B6

Kurma mengandung banyak vitamin B6 yang di dalamnya termasuk zat besi. Kurangnya zat besi dapat mengakibatkan anemia atau kurangnya darah.

Melansir dari halaman Organic Facts, kekurangan zat besi dapat memicu timbulnya anemia yang ditandai dengan pusing, mudah merasa lemas dan lelah, hingga sesak nafas.

Dengan mengonsumsi makanan yang memiliki banyak kandungan zat besi dapat membantu Anda mengurangi gejala anemia.

Baca Juga: Kenali 4 Tanda Tubuh Sedang Dehidrasi, Rawan Terjadi saat Puasa

Bagus untuk kesehatan tulang

Laman Health Line menyebutkan, kurma memiliki banyak mineral termasuk fosfor, potasium, kalsium, dan magnesium. Semua kandungan mineral tersebut telah diteliti sebagai kandungan yang dapat meminimalisasi osteoporosis.

Di samping itu, kandungan selenium, mangan, dan copper juga memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan tulang. Terutama, bagi orang-orang dengan usia lanjut atau lansia.

Tinggi serat

Kurma mengandung fruktosa dan glukosa alami, namun juga memiliki kandungan serat larut dan tidak larut. Hal tersebut tentu saja menjadikan kurma aman dikonsumsi bagi orang-orang yang berpuasa.

Sebab, mengonsumsi kurma sebagai makanan berbuka puasa tidak membuat insulin langsung melonjak. Sehingga, aman dikonsumsi dalam porsi yang secukupnya.

Nah, itulah tadi beberapa manfaat kurma yang ternyata baik bagi kesehatan, terutama orang-orang yang sedang berpuasa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News