Santai

4 Manfaat ASI untuk Tanaman yang Ternyata Punya Kegunaan Luar Biasa

4 Manfaat ASI untuk Tanaman yang Ternyata Punya Kegunaan Luar Biasa

MOMSMONEY.ID - Air Susu Ibu (ASI) ternyata punya manfaat untuk tanaman. Berikut ini beberapa manfaat ASI untuk tanaman. 

Manfaat ASI untuk tanaman menjadi sesuatu yang jarang diketahui banyak orang. Padahal, ASI memiliki kandungan yang dapat menyuburkan tanaman. 

Meskipun mungkin terdengar mustahil atau keterlaluan, ASI bisa menjadi cara yang efektif untuk mempromosikan perawatan tanaman.

Baca Juga: Bisa Mengatasi Jerawat, Ini Sederet Manfaat Kurma untuk Kulit yang Luar Biasa

Mengutip Balcony Garden Web, berikut ini manfaat ASI untuk tanaman. 

1. Meningkatkan Pertumbuhan Daun dan Batang

Karena ASI kaya akan protein, lemak, dan gula esensial, penggunaannya pada tanaman (10-20 ML per pot setiap 2-3 minggu) akan menyediakan semua nutrisi penting ini, membantu mereka tumbuh lebih sehat.

2. Memudahkan Tanaman Berbunga dan Berbuah

Melati jepang

Kandungan hormonal dalam ASI dapat mendorong pembungaan dan pembuahan pada tanaman tertentu, karena belum ada penelitian, Anda dapat menggunakannya secara eksperimental. (10-20 ML ASI per tanaman, setiap 2-3 minggu).

3. Semprotan Daun

Karena ASI kaya akan hormon pertumbuhan, ASI dapat meningkatkan ukuran daun pada tanaman tertentu. Sifat antibakterinya juga dapat membantu mengusir hama dan patogen tertentu.

Baca Juga: 7 Manfaat ASI Eksklusif Bagi Bayi yang Perlu Diketahui

Encerkan dengan air dengan perbandingan 1:5, masukkan larutan ke dalam botol semprot, kocok rata, dan gunakan setiap 3 minggu sekali.

4. Sebagai Pupuk

Campurkan satu sendok makan ASI dengan 4 sendok makan air (perbandingan 1:4). Sekarang, tambahkan 1 sendok teh bubuk kopi ke dalamnya – aduk rata.

Anda bisa menggunakan larutan ini langsung di kebun atau di tanaman pot, setiap 4 hingga 5 minggu sekali. Pupuk kaya nitrogen dan kalsium ini akan mendorong pertumbuhan yang lebih sehat.

Sebelum Anda memutuskan untuk menggunakan ASI untuk tanaman, ingatlah bahwa yang pertama dan terpenting yaitu kebutuhan nutrisi bayi terpenuhi sepenuhnya. Gunakan hanya kelebihan yang tersisa setelah memberi makan bayi.

Baca Juga: Manfaat Jus Lemon untuk Tanaman, Simak Kegunaan dan Hasilnya yang Luar Biasa

Jika ASI diperoleh dari ibu menyusui, pompa ASI dapat digunakan untuk tujuan tersebut.

Jika Anda mengambilnya dari tempat lain, Anda harus menyatakan tujuannya (Bahwa susu tersebut akan digunakan untuk tanaman) sehingga donor mengetahui sepenuhnya bagaimana susu mereka akan digunakan. 

Gunakan wadah steril untuk menyimpan ASI agar terhindar dari kontaminasi.

Meski ASI untuk tanaman bisa digunakan, namun pastikan ASI tersebut dimanfaatkan untuk bayi terlebih dahulu. Selalu uji pada bagian kecil tanaman sebelum digunakan secara luas.

Jadi itulah, manfaat ASI untuk tanaman yang ternyata mempunyai kegunaan luar biasa.

Selanjutnya: IRRA Dorong Peningkatan Skrining Hepatitis, Peringati Hari Hepatitis Sedunia

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News