Santai

4 Kebiasaan Buruk Ini Bikin Rambut Jadi Cepet Rusak, Loh

4 Kebiasaan Buruk Ini Bikin Rambut Jadi Cepet Rusak, Loh

MOMSMONEY.ID - Jangan lakukan hal-hal berikut ini jika tidak ingin rambut jadi cepat rusak, ya.

Untuk merawat kesehatan rambut, tentu beragam jenis perawatan penting untuk dilakukan secara rutin.

Tapi perlu diketahui bahwa ada beberapa kebiasaan-kebiasaan yang membuat rambut jadi mudah rusak.

Apa saja sih? Berikut Momsmoney telah merangkum beragam hal dan kebiasaan yang bisa membuat rambut jadi cepat rusak jika dilakukan terus menerus.

Baca Juga: Cara Bikin Parfum Awet dan Tahan Lama Seharian, Semprot di 5 Titik Ini

Tidak menggunakan kondisioner

Kondisioner adalah bagian dari rangkaian perawatan rambut. Kondisioner memiliki fungsi untuk melembabkan rambut setelah sampo.

Kondisioner memiliki fungsi yang sama seperti moisturizer yang digunakan pada wajah. Kondisioner berfungsi untuk membantu rambut terlihat lebih sehat, lembut, dan berkilau.

Terlalu sering menggunakan alat pemanas

Menggunakan alat pemanas untuk rambut seperti hair dryer, catok, dan pengeriting rambut terlalu sering bisa membuat rambut menjadi rusak.

Hal tersebut di karena kan panas pada alat tersebut bisa membuat rambut kehilangan nutrisinya dan lama-lama menjadi kering dan rusak. Untuk mengatasinya penggunaan pelindung panas atau heat protector bisa digunakan sebelum menata rambut.

Baca Juga: 4 Rekomendasi Shampoo Terbaik untuk Wanita Berhijab, Rambut Sehat Walau Tertutup

Menggunakan sampo anti dandruff

Hal yang perlu diperhatikan saat menggunakan sampo anti ketombe atau anti dandruff adalah cara penggunaannya. Menggunakan sampo anti ketombe yang benar adalah menggunakannya pada area kulit kepala saja.

Ketombe ada pada bagian kulit kepala, sehingga akan lebih optimal untuk menggunakan sampo anti ketombe pada bagian kulit kepala saja. Hindari menggunakan sampo anti ketombe hingga pada bagian ujung rambut. Agar terhindar dari rambut kering dan kusam.

Mencuci rambut terlalu sering

Aktivitas mencuci rambut sebaiknya tidak dilakukan setiap hari. Hal tersebut bisa menyebabkan rambut menjadi kering dan kusam.

Minyak alami yang dihasilkan oleh rambut akan berkurang karena zat kimia yang terkandung pada sampo. Minyak alami adalah salah satu komponen penting pada rambut yang membantu menjaga kelembapan rambut dan membuatnya sehat.

Mulai hindari yuk, itulah tadi sederet kebiasaan yang bisa membuat rambut jadi cepat rusak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News