Santai

4 Inspirasi Baju Tradisional China buat Rayakan Imlek, Mulai Siapkan yuk

4 Inspirasi Baju Tradisional China buat Rayakan Imlek, Mulai Siapkan yuk

MOMSMONEY.ID - Ingin tampil beda saat rayakan Imlek nanti? Coba pakai beberapa pilihan pakaian tradisional China ini untuk rayakan Imlek, yuk.

Menjelang perayaan Imlek, baju jadi salah satu hal penting untuk disiapkan dari jauh-jauh hari.

Secara tradisi, laman Chinese New Year menyebutkan, tidak ada jenis pakaian khusus yang wajib digunakan saat perayaan Imlek.

Baca Juga: Ada Lapis Legit, Mulai Siapkan 5 Jajanan Khas Imlek Ini Dari Sekarang Yuk!

Namun, tak ada salahnya bukan menambah kesan tradisional dengan menggunakan pakaian tradisional Cina saat rayakan Imlek.

Jika ingin tampil beda saat rayakan Imlek, berikut ada inspirasi pakaian tradisional Cina yang bisa dipilih untuk dipakai saat Imlek nanti.

Qipao

Qipao adalah pakaian adat Cina yang lebih cenderung banyak digunakan para wanita. Pakaian ini mulai digunakan pada Dinasti Qing (1644-1912).

Qipao pada awalnya dibuat dengan desain pakaian terusan yang ketat dan lurus panjang ke bawah. Tapi, seiring perkembangan zaman, desain qipao pun juga banyak mengalami perubahan.

Misalnya, ada yang memiliki potongan panjang dan pendek serta ada yang ketat dan longgar. Tapi, potongan pada bagian samping pakaian ini masih menjadi ikon.

Cheongsam

Cheongsam adalah pakaian yang memiliki bentuk sama seperti qipao. Tetapi, memiliki potongan yang lebih longgar. Walau banyak digunakan oleh wanita, Cheongsam juga bisa digunakan oleh pria.

Pakaian ini merupakan modifikasi dari qipao yang kerap digunakan dalam acara formal di era tahun 1900-an. Potongan yang ada di samping kanan dan kiri pakaian ini menyimbolkan kekayaan dan kemakmuran.

Sedang panjangnya pakaian cheongsam digunakan untuk menjelaskan status sosial. Semakin panjang baju yang digunakan, maka status sosialnya pun semakin tinggi.

Baca Juga: Bawa Sial, 6 Barang Ini Sebaiknya Tak Diberikan Sebagai Kado Imlek Ya

Hanfu

Sesuai dengan namanya, hanfu adalah pakaian yang berasal dari etnik Han. Pakaian ini dikenal sebagai pakaian tradisional yang digunakan sampai dinasti Qing.

Pada masa dinasti Tang, hanfu banyak terinspirasi dari kimono Jepang. Sementara di masa dinasti Ming, hanfu banyak terinspirasi dari hanbok Korea.

Memiliki desain yang elegan dan mewah, hanfu juga kerap dibuat dengan beragam warna. Tentu saja, akan menambah kesan unik dan penuh warna bagi penyuka pakaian tradisional yang tidak monoton.

Tang Suit

Tang suit merupakan pakaian adat China yang umum dilihat. Laman China Highlights menerangkan, pakaian ini mulai muncul dan digunakan di Dinasti Tang (618-907).

Ciri unik pada pakaian ini adalah memiliki kerah yang tegak serta dihiasi oleh beberapa ornamen emas. Warna pakaiannya juga didominasi oleh warna merah.

Nah, itulah beberapa pilihan inspirasi pakaian tradisional China yang bisa digunakan untuk merayakan Imlek. Mulai siapkan dari jauh-jauh hari, yuk.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News