Keluarga

4 Essential Oil yang Ampuh untuk Memudarkan Bekas Luka

4 Essential Oil yang Ampuh untuk Memudarkan Bekas Luka

MOMSMONEY.ID - Bekas luka terlihat mengganggu? Simak 4 essential oil yang ampuh untuk memudarkan bekas luka.

Bekas luka atau scar dapat didefinisikan sebagai bekas luka, luka bakar, perih, atau sayatan bedah yang tidak sembuh total dan membentuk jaringan ikat fibrosa di tempat yang dulunya merupakan kulit normal dan sehat.

Untuk membantu mengatasinya, Anda bisa mencoba perawatan topikal menggunakan essential oil.

Beberapa essential oil memiliki kemampuan mencegah dan memudarkan bekas luka dengan mendorong penyembuhan kulit yang optimal serta mendorong regenerasi kulit pada tingkat sel.

Essential oil

Bisa untuk bekas luka ringan hingga keloid, berikut 4 essential oil yang ampuh untuk memudarkan bekas luka, dilansir dari Dr. Axe.

Baca Juga: 4 Kesalahan Mengasuh Anak Remaja yang Harus Orang Tua Perbaiki

1. Frankincense oil

Essential oil yang ampuh untuk memudarkan bekas luka yang pertama adalah frankincense oil.

Frankincense oil memiliki kemampuan untuk menurunkan peradangan dan meningkatkan proses penyembuhan kulit. Sehingga, essential oil ini dapat digunakan untuk mencegah dan membantu memudarkan bekas luka.

Didukung oleh penelitian, penggunaan frankincense oil akan meningkatkan proses perbaikan kulit sekaligus mengurangi kemungkinan terbentuknya bekas luka.

Sebuah penelitian yang diterbitkan pada tahun 2017 menyoroti kemampuan frankincense oil dalam menurunkan dua biomarker pro-inflamasi bernama IP-10 dan ICAM-1.

2. Lavender oil

Essential oil untuk memudarkan bekas luka yang kedua adalah lavender oil. Selain menenangkan, lavender oil juga mampu mengurangi stres pasca-operasi.

Dalam banyak penelitian, lavender oil telah terbukti dapat mempercepat penyembuhan luka dan luka bakar.

Satu penelitian pada tahun 2016 membandingkan penggunaan topikal larutan kontrol dengan lavender oil selama 14 hari. Hasilnya, para peneliti menemukan bahwa penutupan luka berlangsung lebih cepat dengan penggunaan lavender oil.

Dalam penelitian ini, ditemukan juga fakta bahwa lavender oil bisa sekaligus meningkatkan sintesis kolagen.

Baca Juga: Urutan Membersihkan Makeup Menggunakan Micellar Water, Jangan Keliru Ya!

3. Patchouli oil

Essential oil untuk memudarkan bekas luka yang ketiga adalah patchouli oil. Patchouli oil memiliki aroma khas yang mampu meningkatkan suasana hati.

Di sisi lain, patchouli oil juga dapat meningkatkan kesehatan kulit termasuk memudarkan bekas luka. Berkat kemampuannya dalam menstimulasi pertumbuhan sel kulit baru, patchouli oil tergolong efektif untuk membantu mempercepat penyembuhan luka serta mencegah timbulnya bekas setelah luka sembuh.

Tak sampai di situ, patchouli oil juga memiliki sifat antibakteri yang bagus untuk membantu mengatasi jerawat, eksim, kulit meradang, kulit pecah-pecah, dan iritasi.

4. Carrot seed oil

Essential oil untuk memudarkan bekas luka yang keempat adalah carrot seed oil. Carrot seed oil diekstraksi dari tanaman wortel dan mengandung antioksidan kuat yang sangat baik untuk kesehatan kulit sekaligus melawan penyakit.

Dengan menerapkan carrot seed oil yang kaya antioksidan secara topikal, itu bisa membantu mengatasi jaringan parut baik dari sudut internal maupun eksternal.

Menurut penelitian, carrot seed oil memiliki kemampuan untuk membantu menghalangi sinar UV penyebab flek dan bintik-bintik hitam. Selain itu, carrot seed oil juga menunjukkan sifat antibakteri dan antifungal yang dapat mencegah luka terinfeksi dan sembuh dengan buruk sehingga menimbulkan bekas luka.

Itulah 4 essential oil untuk memudarkan bekas luka yang layak Anda coba.

Untuk hasil maksimal, campurkan terlebih dahulu 2-4 tetes essential oil pilihan Anda dengan shea butter atau carrier oil seperti minyak kelapa. Setelah tercampur, oleskan ke area bekas luka sebanyak dua kali sehari secara rutin sampai hasil yang diinginkan tercapai.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News