Keluarga

3 Penyebab Kulit Jadi Tipis, Begini Cara Mengatasi Kulit yang Menipis dengan Tepat

3 Penyebab Kulit Jadi Tipis, Begini Cara Mengatasi Kulit yang Menipis dengan Tepat

MOMSMONEY.ID - Berikut 3 penyebab kulit jadi tipis dan cara mengatasi kulit yang menipis dengan tepat.

Ketebalan kulit cenderung akan berkurang seiring berjalannya waktu. Saat usia Anda semakin bertambah, kulit akan terasa lebih tipis, lebih kering, dan kurang elastis secara bertahap.

Akibatnya, penghalang kulit atau skin barrier pun akan ikut melemah, rusak, dan tidak mampu mempertahankan dirinya sendiri.

Dapat membahayakan penghalang alami kulit Anda, kulit yang tipis bisa disebabkan oleh beberapa faktor.

Melansir Eminence Organic Skin Care, inilah 3 penyebab kulit jadi tipis dan cara mengatasi kulit yang menipis dengan tepat.

Baca Juga: Ketahui 6 Manfaat Skincare untuk Kulit Wajah, Gunakan Secara Rutin

1. Penuaan

Penuaan Dini

Penyebab kulit jadi tipis yang pertama yaitu penuaan. Seiring bertambahnya usia, tubuh akan memproduksi lebih sedikit kolagen dan menyebabkan kulit menjadi lebih tipis sekaligus kering.

Kolagen sendiri merupakan protein struktural yang memberikan elastisitas, kekuatan, dan kekenyalan pada kulit.

Adapun serat pada kolagen akan menjadi penopang yang kokoh bagi lapisan atas kulit serta mencegahnya dari kekenduran.

2. Gaya hidup

Ilustrasi kesehatan merokok

Penyebab kulit jadi tipis yang kedua yaitu gaya hidup. Dikutip dari Healthline, kulit yang menjadi tipis dapat terjadi akibat penggunaan obat-obatan tertentu dalam jangka panjang.

Adapun obat-obatan tersebut termasuk obat resep pengencer darah, obat anti-inflamasi non-steroid seperti ibuprofen atau naproxen, kortikosteroid topikal dan oral, serta aspirin yang dijual bebas.

Selain penggunaan obat-obatan, penipisan kulit juga dapat disebabkan oleh gaya hidup tidak sehat seperti merokok, konsumsi alkohol yang berlebihan, kurang olahraga, serta pola makan tinggi gula dan karbohidrat olahan.

3. Paparan sinar matahari

Berjemur

Penyebab kulit jadi tipis yang ketiga yaitu paparan sinar matahari. Paparan sinar ultraviolet dari matahari yang berlebihan dapat menyebabkan kerusakan pada kulit.

Jika kulit Anda terus-menerus terpapar sinar ultraviolet secara berlebihan selama bertahun-tahun, itu bisa membuat kulit Anda terbakar dan mulai mengembangkan penipisan.

Selain kulit menjadi lebih tipis terutama pada area wajah, lengan, dan tangan, kerusakan akibat sinar matahari juga bisa menimbulkan bintik-bintik penuaan dan kerutan, membuat kulit kendur, serta menyebabkan kanker kulit.

Baca Juga: Produk Skincare Favorit Tasya Farasya di Tahun 2022, Tasya Farasya Approved!

Itulah 3 penyebab kulit jadi tipis. Setelah mengetahui penyebabnya, berikut cara mengatasi kulit yang menipis dengan tepat:

1. Makan makanan yang meningkatkan produksi kolagen

Ilustrasi diet makanan sehat

Asam lemak omega-3 sangat penting untuk meningkatkan produksi kolagen. Itu sebabnya Anda disarankan untuk makan makanan yang mengandung asam lemak omega-3 guna membuat kulit menjadi lebih kuat sekaligus meningkatkan fungsi penghalang kulit.

Selain asam lemak omega-3, makanan yang mengandung vitamin C juga patut Anda konsumsi dengan lebih sering.

Berikut beberapa makanan yang dapat membantu tubuh Anda meningkatkan produksi kolagen:

  • Daging ayam
  • Sayuran hijau
  • Buah beri
  • Ikan
  • Kerang
  • Putih telur
  • Buah jeruk-jerukan

2. Gunakan produk skincare yang mengandung peptide

SOMETHINC PEPTINOL Granactive Retinoid + Peptide Night Moisturizer Creme

Setelah memerhatikan makan, Anda disarankan untuk menggunakan produk skincare yang mengandung peptide guna membuat kulit terasa lebih kuat.

Pada dasarnya, peptide merupakan bagian protein yang terfragmentasi. Saat digunakan dalam bentuk skincare, fragmen peptide tersebut akan masuk jauh ke dalam tingkat sel dan membantu merangsang pertumbuhan kolagen.

3. Pakai pelembab setiap hari

Moisturizer

Alih-alih melakukan eksfoliasi dengan lebih sering, alangkah baiknya Anda lebih berfokus untuk menggunakan pelembab.

Apapun jenis kulit Anda, penggunaan pelembab akan menjaga kulit tetap terhidrasi dan menciptakan pelindung yang kuat bagi kulit.

Oleh sebab itu, pastikan Anda segera mengoleskan pelembab sesaat setelah membersihkan wajah. Langkah ini akan membantu mengunci kelembaban dan melindungi kulit Anda dari pengaruh buruk lingkungan.

Demikian 3 penyebab kulit jadi tipis dan cara mengatasi kulit yang menipis dengan tepat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News