Keluarga

3 Efek Negatif Minum Alkohol bagi Kulit, Dehidrasi hingga Rentan Berjerawat!

3 Efek Negatif Minum Alkohol bagi Kulit, Dehidrasi hingga Rentan Berjerawat!

MOMSMONEY.ID - Suka minum alkohol? Ini 3 efek negatif minum alkohol bagi kulit yang wajib Anda tahu.

Gaya hidup tidak sehat seperti minum alkohol tidak hanya merugikan kesehatan tubuh secara keseluruhan, tetapi juga kesehatan kulit.

Alkohol memang tidak secara langsung menyebabkan jerawat atau kondisi kulit lainnya. Namun, alkohol cenderung menciptakan lingkungan yang kondusif bagi banyak permasalahan kulit seperti bengkak, bercak kering, kemerahan, penuaan, dan lain-lain.

Bagi Anda yang gemar minum alkohol, pastikan artikel ini Anda baca sampai habis ya. Karena, kali ini MomsMoney akan membagikan informasi seputar efek negatif minum alkohol bagi kulit.

Simak dan catat, berikut 3 efek negatif minum alkohol bagi kulit yang wajib Anda tahu sebagaimana dilansir dari BeautyHub.

Baca Juga: Doughnut, Merek Tas Asal Hong Kong Kini Hadir di Indonesia

1. Membuat kulit dehidrasi

Efek negatif minum alkohol bagi kulit yang pertama yaitu membuat kulit dehidrasi.

Tidak semua cairan bisa menghilangkan dahaga, contohnya alkohol. Bersifat diuretik, alkohol dapat mengeluarkan air dan garam lebih cepat dari biasanya. Pada akhirnya, hal ini akan mengurangi kelembaban kulit.

Saat tubuh memetabolisme alkohol, senyawa beracun yang disebut asetaldehida akan dilepaskan sehingga menyebabkan kulit dan jaringan tubuh kehilangan kelembaban. Inilah yang membuat kulit menjadi sangat kering dan kasar.

2. Kulit jadi lebih cepat tua

Efek negatif minum alkohol bagi kulit yang kedua yaitu kulit jadi lebih cepat tua.

Minum alkohol secara berlebihan akan membuat kulit terus-menerus mengering. Ini karena alkohol dapat menyebabkan kelenjar minyak tidak mampu mengimbangi kekurangan hidrasi.

Faktanya, kulit kering lebih rentan terhadap kerutan, garis halus, dan tanda-tanda penuaan lainnya. Perbaikan sel pada kulit kering juga cenderung lebih lambat, sehingga membuat kulit kehilangan kekencangan dan elastisitasnya. Plus, menonjolkan pembuluh darah yang rusak dan mata bengkak.

Baca Juga: 6 Cara Menghilangan Jerawat di Pantat, Dijamin Bikin Pantat Mulus

3. Kulit lebih rentan berjerawat dan meradang

Efek negatif minum alkohol bagi kulit yang ketiga yaitu kulit lebih rentan berjerawat dan meradang.

Histamin yang dilepaskan alkohol dalam tubuh dapat melebarkan kapiler darah yang menyebabkan kulit meradang dan kemerahan. Kemerahan dan peradangan ini bisa menjadi permanen jika efek minum alkohol dibiarkan semakin parah selama bertahun-tahun

Perlu Anda tahu bahwa alkohol dapat menyebabkan segala jenis peradangan pada tubuh, termasuk peradangan hati yang bisa berakhir dengan kondisi serius seperti hepatitis. Dalam skala ringan, alkohol juga bertanggung jawab atas bentuk peradangan yang lebih umum yakni jerawat.

Alkohol dapat melebarkan pori-pori kulit dan membuatnya lebih mudah tersumbat oleh keringat, kotoran, dan bakteri. Jika tidak diatasi dengan baik, hal ini bisa menyebabkan komedo hitam, komedo putih, dan bahkan jenis jerawat yang lebih buruk seperti jerawat meradang serta jerawat kistik yang kerap menimbulkan hiperpigmentasi dan jaringan parut.

Itulah 3 efek negatif minum alkohol bagi kulit yang sebaiknya Anda hindari. Alih-alih minum alkohol, cobalah untuk lebih banyak minum air putih setiap hari agar kulit senantiasa sehat dan glowing.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News