Santai

10 Tanaman Sukulen yang Bisa Berubah Warna di Dalam Ruangan

10 Tanaman Sukulen yang Bisa Berubah Warna di Dalam Ruangan

MOMSMONEY.ID - Tanaman sukulen merupakan salah satu tanaman hias yang memiliki perawatan yang mudah. Tahukah Anda terdapat tanaman sukulen yang bisa berubah warna?

Ada beberapa tanaman sukulen yang bisa berubah warna di dalam ruangan. Tanaman sukulen yang bisa berubah warna ini dapat Anda simak di artikel berikut. 

Jika Anda menginginkan tanaman berwarna pelangi, Anda dapat menanam tanaman sukulen yang bisa berubah warna. 

Baca Juga: Cara Ubah Warna Menu Ikon iOS 18 Bikin Tampilan yang Berbeda

Mengutip Balcony Garden Web, berikut ini tanaman sukulen yang bisa berubah warna :

Sukulen

1. Ghost Plant

Tanaman hantu memiliki daun berbentuk roset, runcing, dan berwarna pastel yang berubah menjadi kuning kemerahan saat kering dan panas; hal ini juga terjadi saat akarnya terikat. 

Di tempat yang lebih dingin dan teduh, dan saat kekurangan air, warnanya berubah menjadi ungu atau abu-abu kebiruan. 

Namun, jangan terlalu banyak memindahkan tanaman—perhatikan perubahan warnanya secara bertahap seiring dengan aliran alami musim.

Seperti kebanyakan sukulen, tanaman hantu tidak membutuhkan banyak air. Biarkan tanah mengering sepenuhnya di antara waktu penyiraman.

2. Kiwi Aeonium

Roset kompak dengan tepi hijau limau dan merah muda cerah, ujung tanaman berubah menjadi merah tua di bawah sinar matahari penuh dan berbintik-bintik. 

Dan di tempat teduh, warnanya berubah menjadi lebih terang dan lebih kuning dan hijau. Sukulen ini butuh waktu untuk tumbuh, mencapai tinggi 2-3 kaki.

Baca Juga: Cara Menanam Bunga Bougenville di Tanah dan Pot, serta Perawatannya

Tanaman ini juga aman ditanam di sekitar hewan peliharaan dan anak-anak, sehingga cocok untuk melengkapi koleksi sukulen Anda. 

Ingatlah untuk melakukannya secara bertahap dan hindari perubahan mendadak dalam penyiraman, sinar matahari, atau fluktuasi suhu, karena tanaman ini cepat stres seperti spesies Aeonium lainnya. 

3. Tongkat Api 

Yang ini sangat cocok dengan daftar sukulen yang berubah warna! Meski berwarna kekuningan di musim panas, ia berubah menjadi warna emas, jingga, dan merah menyala saat kita memasuki musim dingin. 

Jika tetap hijau, itu menandakan terlalu banyak air dan kelembapan. Sinar matahari langsung, kondisi pot yang terlalu sempit, dan beberapa faktor lain juga mendorongnya berubah menjadi merah!

Dengan batang vertikal unik yang menumbuhkan daun-daun kecil dalam waktu singkat, kaktus pensil mudah dirawat dan membutuhkan banyak sinar matahari tidak langsung untuk mendapatkan warna paling terang.

4. Perle von Nurnberg

Menghasilkan roset simetris dalam warna lavender, ungu tua, dan merah muda, Perle von Nürnberg adalah tanaman yang wajib dimiliki oleh setiap kolektor sukulen. 

Berubah menjadi nuansa merah muda dan ungu di bawah sinar matahari penuh, dengan bunga musim panas merah muda yang cantik, warnanya berubah lebih pucat di tempat teduh.

5. Crosby 

Hibrida lidah buaya ini memiliki daun yang sempit, runcing, dan tegak dengan titik-titik dan gigi berwarna putih. Sukulen yang menjadi pusat perhatian ini berubah menjadi merah muda salmon di bawah sinar matahari, dihiasi dengan paku-paku bunga berwarna merah dan oranye.

Saat tanaman ini dewasa, warnanya menjadi lebih hidup, dan Anda dapat mengurangi penyiraman pada tahap ini.

6. Bunga Echeveria Pelangi

Seperti pelangi di dunia nyata, sukulen ini memiliki beberapa warna secara bersamaan dalam beberapa lapisan. 

Baca Juga: Daftar Tanaman Hias Dalam Ruangan Pembawa Sial Menurut Feng Shui

Saat terpapar sinar matahari dan suhu yang berubah, tanaman ini akan berubah menjadi berbagai warna persik, merah muda, dan hijau pada tingkat bentuk yang berbeda. Perubahan warna ini juga diperkuat oleh periode kekeringan yang singkat.

Tanaman ini tumbuh paling baik di campuran pot kaktus atau sukulen apa pun asalkan tanahnya memiliki drainase yang baik.

7. Tanaman Giok

Berasal dari Afrika Selatan, tanaman giok merupakan salah satu tanaman sukulen yang paling banyak ditanam di seluruh dunia.

Tanaman ini memiliki daun yang tebal, hijau, dan berdaging, sehingga menarik perhatian untuk ditanam di pot dengan atau tanpa daun yang berubah menjadi merah. 

Tanaman ini merupakan tanaman hias yang populer, tetapi tahukah Anda bahwa tanaman sukulen ini dapat berubah warna?

Ya, tanaman giok dapat berubah warna daunnya apabila stres. Misalnya, terlalu banyak udara dingin atau kekeringan di musim dingin. Anda bahkan dapat membuatnya berbunga.

Nah itulah beberapa tanaman sukulen yang bisa berubah warna di dalam ruangan. Selamat mencoba! 

Selanjutnya: 7 Pilihan Minuman Pereda Asam Lambung yang Sayang Jika Dilewatkan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News