Bugar

Yuk, Simak Perbedaan Psoriasis dan Eksim pada Kulit

Yuk, Simak Perbedaan Psoriasis dan Eksim pada Kulit

MOMSMONEY.ID - Sama-sama penyakit kulit, kenali perbedaan psoriasis dan eksim pada kulit yang harus Anda tahu. 

Penyakit kulit seperti Psoriasis dan Eksim menimbulkan rasa gatal tidak nyaman pada area kulit yang terkena. Kedua penyakit kulit ini bisa muncul oleh siapa saja.

Walaupun sama-sama terasa gatal, ternyata penyakit ini jika diperhatikan lebih detail psoriasis dan eksim cenderung terlihat berbeda.

Agar tidak keliru, berikut perbedaan psoriasis dan eksim dikutip dari cderma.id, yaitu: 

Baca Juga: Jarang Tahu, Simak 5 Manfaat Ginseng dalam Skincare Buat Kecantikan

1. Penyebab

Perbedaan pertama psoriasis dan eksim ada pada penyebabnya. Walaupun penyebab utama dari penyakit kulit ini adalah faktor genetik.

Tetapi faktor pemicu lainnya cukup berbeda, pada psoriasis dipengaruhi oleh terbakar sinar matahari, goresan, obat-obatan tertentu juga dapat menyebabkan psoriasis.

Sedangkan eksim disebabkan oleh sesuatu yang membuat kulit menjadi iritasi antara lain sabun, deterjen, disinfektan dan infeksi.

Hal lainnya seperti keringat, panas, perubahan hormon, dan stres juga bisa menjadi penyebabnya. Bahkan alergi juga bisa memicu eksim. 

Baca Juga: 6 Kandungan Skincare untuk Mencegah Kulit Kering Saat Berpuasa, Sila Coba Salah Satu

2. Letak kemunculan 

Selanjutnya, perbedaan psoriasis dan eksim adalah pada letak kemunculan. Pada psoriasis biasanya muncul di beberapa tempat, yaitu lutut, kulit kepala dan wajah, punggung bawah, telapak tangan, telapak kaki.

Selain itu, psoriasis juga bisa muncul di area tambahan lain seperti kuku jari tangan dan kuku kaki, mulut dan bibir, kelopak mata dan telinga. 

Sementara eksim sering muncul pada bagian tubuh yang menekuk, seperti siku bagian dalam atau di belakang lutut.

Selain itu, akan tampak juga pada bagian lain di leher, pergelangan tangan, dan pergelangan kaki. Pada bayi, biasanya muncul di daerah dagu, pipi, kulit kepala, dada, punggung, lengan, dan kaki.

Baca Juga: Cegah Kerutan, 5 Manfaat Tidur dengan Sarung Bantal Berbahan Sutra untuk Kecantikan

3. Tampilan dan bentuk

Perbedaan psoriasis dan eksim lainnya adalah pada tampilan dan bentuk. Psoriasis membuat kulit lebih tebal, kemerahan, dan bersisik putih keperakan seperti sedang mengelupas.

Sedang eksim membuat kulit merah meradang yang mungkin bersisik dan berkerak. Bercak kasar yang terkadang gelap hal ini bisa menyebabkan pembengkakan.

Nah, itulah perbedaan psoriasis dan eksim pada kulit. Segera berkonsultasi dengan dokter kulit jika mengalami masalah kulit tersebut. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News