Santai

Yuk, Kenali Jenis Mobil yang Paling Tepat dengan Kebutuhan Anda

Yuk, Kenali Jenis Mobil yang Paling Tepat dengan Kebutuhan Anda

MOMSMONEY.ID - Membeli mobil bukan sesuatu yang mudah, Anda tentu membutuhkan pertimbangan matang. Mulai dari jenis hingga harganya. Yuk, kenali jenis mobil mana yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda.

Saat ini, industri otomotif banyak merilis mobil-mobil baru dengan jenis yang mungkin kurang familier bagi Anda. Saking banyaknya jenis mobil, mungkin Anda juga jadi bingung untuk memilih mana yang paling cocok.

Padahal, sebagai pembeli, Anda perlu tahu mobil jenis apa yang paling tepat, efektif, dan efisien untuk kebutuhan sehari-hari. 

Baca Juga: Pahami 4 Kandungan Skincare yang Aman untuk Ibu Hamil

Nah, supaya Anda tak salah pilih kenali dulu jenis-jenis mobil yang beredar di Indonesia saat ini.

Jenis-jenis mobil yang ada di Indonesia

1. Sport utility vehicle (SUV)

SUV adalah kombinasi dari bentuk sedan dan jip. Melansir laman BCA, jenis mobil yang satu ini cocok untuk melalui berbagai macam medan. Sehingga, cocok dibawa untuk perjalanan luar kota atau ke medan yang sulit dilalui. 

Mengutip situs KIA, mobil SUV juga memiliki posisi tempat duduk yang cukup tinggi. Sehingga, baik supir dan penumpang bisa melihat jalan dengan sudut pandang yang lebih luas.

Jika Anda suka berpetualang di alam, maka Anda sangat cocok menggunakan jenis mobil ini. Contoh merek SUV adalah Pajero Sport dan Toyota Fortuner. 

2. Multi-purpose vehicle (MPV)

MPV mengandalkan kapasitas muatan yang cukup besar. Cocok untuk Anda yang memiliki anggota keluarga lumayan banyak atau yang senang berpergian ramai-ramai.

Contoh MPV adalah Toyota Innova, Mitsubishi Xpander, Wuling Confero, dan Suzuki Ertiga. 

Baca Juga: 5 Cara Mengolah Air Mawar untuk Berbagai Jenis Produk Skincare

3. Crossover

Jenis mobil crossover memiliki bentuk dan ukuran yang lebih kecil karena mengutamakan unsur aerodinamis. Mobil ini juga dikenal dengan desain campuran antara SUV dengan hatchback.

Mobil ini biasanya dianggap mobil praktis seperti SUV dan hemat bensin seperti hatchback. Contoh crossover adalah KIA Sportage, Honda BRV dan HR-V, serta Mitsubishi Xpander Cross.

4. Hatchback

Jenis mobil hatchback adalah yang paling banyak diincar kaum muda. Terutama, karena desain dan bentuknya yang netral dan bisa menyeimbangkan gaya kasual dan sporty. 

Secara fungsi, jenis mobil hatchback mirip dengan crossover. Namun, hatchback memiliki kapasitas yang lebih besar. Hatchback juga dikenal dengan bagasi yang cukup luas.

Mobil jenis ini cocok untuk Anda yang mencari kapasitas bagasi besar dan hemat bensin. Contoh jenis mobil hatchback adalah Honda City Hatchback dan Brio RS, lalu All New Toyota Yaris, dan Nissan March.

Baca Juga: 5 Cara Mengajarkan Anak Membuat Keputusan yang Baik, Awali dengan Contoh

5. Sedan

Cedan adalah jenis mobil yang mewah dan berkelas. Tak heran, mobil ini banyak digandrungi masyarakat kelas atas. Tapi, mobil ini tak cocok jika Anda suka pergi ramai-ramai. 

Kapasitas mobil sedan tak cocok untuk membawa banyak penumpang. Namun kelebihannya, mobil sedan bagian terpisah antara ruang untuk penumpang, mesin dan bagasi.

Dengan pembagian ini sedan memiliki distribusi berat yang merata sehingga lebih stabil saat dikendarai.

Nah, jika Anda melihat sedan dengan dua pintu saja, bisa menyebutnya sebagai jenis coupe. Contoh sedan adalah Toyota Altis, Toyota New Camry Hybrid, dan Mercedes-Benz A200 Saloon.

6. Convertible

Jenis mobil convertible adalah mobil yang atapnya bisa ditutup dan dibuka. Jenis atapnya juga dibedakan dengan hard-top dan soft-top.

Jenis hard-top menggunakan baja atau plastik yang dioperasikan secara otomatis. Sementara soft-top terbuat dari vinyl atau kanvas sehingga atap bisa ditarik dengan halus. 

Contoh jenis mobil convertible adalah BMW Z4, Mercedes Benz SL-Class, dan Prosche 911 Carrera Carbriolet.

Baca Juga: Anti Kolesterol, Ini 8 Bahan Makanan Pengganti Santan untuk Menu Puasa dan Lebaran

7. Minivan

Jenis mobil minivan adalah jenis yang paling cocok untuk membawa keluarga dengan banyak anak. Jenis mobil ini biasanya memiliki pintu geser dan ruangan penumpang yang luas. 

Contoh jenis mobil minivan adalah Suzuki APV dan Mercedes Benz V-Class,

8. Station Wagon

Jenis mobil station wagon adalah mobil sedan dengan dimensi lebih panjang. Jenis mobil ini menawarkan bagasi yang lebih luas. Anda juga bisa menyebut jenis mobil ini sebagai perpaduan dari sedan dan hatchback.

Mobil ini juga dikenal hemat bensin dibandingkan SUV. Contoh jenis mobil station wagon adalah Peugeot 407 SW dan Mercedes Benz C-Clas Wagon

Nah, itu tadi jenis-jenis mobil yang ada di Indonesia. Setelah mengetahui jenis-jenisnya, Anda bisa menyesuaikan dengan harga yang paling cocok dan merek yang paling Anda suka. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News