Santai

Wisata Sejarah di Museum Wahanarata Keraton Yogyakarta Yuk

Wisata Sejarah di Museum Wahanarata Keraton Yogyakarta Yuk

MOMSMONEY.ID - Museum Kereta Kraton usung konsep virtual experience dan kini bernama Museum Wahanarata Keraton Yogyakarta. Setelah proses renovasi, rehabilitasi dan konservasi koleksi, museum ini telah resmi dibuka. 

Salah satu inovasi baru yang dihadirkan adalah penggunaan teknologi virtual. Harapannya hal ini bisa menaikkan jumlah kunjungan dan pengalaman yang lebih baik kepada wisatawan. Adapun teknologi yang ditampilkan di Museum Wahanarata antara lain ada di wahana Augmented Reality Photo Booth, Catch & Run Games, dan Come to LIfe. 
 
Sekadar informasi, penerapan teknologi ini merupakan kali pertama dilakukan pada museum-museum di lingkungan Keraton Yogyakarta. Selain mengusung teknologi, Museum Wahanarata juga menampilkan berbagai wahana menarik guna meningkatkan daya tarik museum yang ramah keluarga. 
 

Baca Juga: Ajak Anak Wisata Edukasi di Animalium BRIN, yuk Moms

 

Sri Sultan Hamengku Buwono X mengatakan budaya adalah salah satu fondasi peradaban, yang semakin relevan jika didukung dengan kreasi kultural. Budaya tidak sekadar hiburan belaka, tetapi bagian dari integral peradaban dengan melihat terus beradaptasi dengan perkembangan zaman dan tanpa mengesampingkan peran manusia dan kemanusiaan.
 
"Perkawinan antara koleksi kereta pusaka dengan teknologi di Wahanarata ini rasanya menjawab kebutuhan integral peradaban tersebut,” ujar Sri Sultan Hamengku Buwono X dalam sambutannya saat pembukaan museum ini. 
 
Di dalam museum ini dipamerkan 21 kereta pusaka yang dapat dinikmati oleh pengunjung. Salah satunya adalah Kanjeng Nyai Djimat sebagai kereta pusaka tertua yang digunakan oleh Sri Sultan Hamengku Buwono I hingga Sri Sultan Hamengku Buwono III.  Ada pula kereta pusaka lain seperti Kyai Garuda Yaksa, Kyai Wimanaputra, Kyai Jetayu, dan kereta-kereta lainnya pun tertata rapi di ruang pamer dengan cerita dan keindahan tipologinya. 
 
Jika ingin mengunjungi museum ini cukup merogoh kocek Rp20.000 untuk Domestik Dewasa, Rp15.000 untuk Domestik Anak, Rp30.000 untuk Mancanegara Dewasa, dan Rp25.000 untuk Mancanegara Anak.. Adapun museum ini dibuka Selasa hingga minggu pukul 09.00-15.00. 
 
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News