Keluarga

Waspada Kuman Menumpuk, 8 Peralatan Rumah Tangga Ini Wajib Diganti Secara Rutin

Waspada Kuman Menumpuk, 8 Peralatan Rumah Tangga Ini Wajib Diganti Secara Rutin

MOMSMONEY.ID - Menghindari segala jenis kuman berkumpul, inilah beberapa peralatan rumah tangga yang wajib diganti secara rutin.

Beberapa jenis peralatan rumah tangga tersebut meliputi alat kebutuhan diri seperti shower puff hingga yang rutin dipakai bersama-sama seperti sikat kamar mandi.

Mengutip dari Skandinavia dan rumah 123, berikut peralatan rumah tangga yang wajib diganti secara rutin:

Baca Juga: Ini lo 6 Cara Menghilangkan Noda Tinta Membandel yang Menempel di Baju

Sapu

PERAJIN SAPU IJUK

Sapu merupakan salah satu peralatan rumah tangga yang wajib diganti secara rutin setiap beberapa bulan sekali.

Mengganti sapu lama dengan sapu baru dilakukan apabila sapu telah terlihat sangat kotor, kusut, serta sulit digunakan.

Sebab, sapu yang sulit digunakan hanya akan membuang-buang waktu dan tenaga Anda karena tak bisa menyapu debu, rambut dan kotoran secara penuh.

Semakin sering Anda menyapu rumah, semakin cepat waktu masa pakai sapu tersebut. Artinya, Anda harus menyiapkan sapu baru sebagai cadangan bila sewaktu-waktu sapu lama Anda sudah sulit dipakai.

Baca Juga: 3 Cara Ampuh Bikin Saluran Cuci Piringmu Jadi Tak Mampet Lagi

Pisau cukur

Peralatan rumah tangga seperti pisau cukur pun wajib diganti secara rutin. Jangan hanya tunggu saat pisau telah tumpul, juga harus dilihat berdasarkan tingkat kebersihannya.

Anda wajib mengganti pisau cukur apabila telah digunakan sebanyak 7x pencukuran. Bahkan, para ahli menyarankan, untuk menyimpan pisau cukur selama sebulan saja. Lebih dari itu, sebaiknya pisau cukur dibuang dan diganti ke pisau cukur baru.

Kemoceng

Kemoceng dapat membersihkan debu pada jendela dengan menyerapnya menggunakan bulu-bulu. Ini membuat kemoceng jadi peralatan rumah tangga yang memiliki jutaan bakteri dan debu di dalamnya.

Kemoceng wajib diganti secara rutin sebulan sekali agar tak ada debu yang menumpuk dan berubah menjadi sumber alergi.

Baca Juga: Spons Cuci Piringmu Bau? Intip Cara Efektif Hilangkan Bau pada Spons Cuci Piring

Spons cuci piring

Spons Cuci Piring

Berbeda dari alat-alat sebelumnya, peralatan rumah tangga seperti spons cuci piring wajib diganti lebih rutin lagi daripada biasanya.

Spons akan lebih mudah kotor dan dihinggapi kuman karena digunakan untuk membilas sisa makanan setiap hari.

Maka idealnya Anda wajib mengganti spons cuci piring setiap 1-2 minggu sekali untuk menjaga kebersihannya. Spons juga wajib direndam dalam air panas selama 10 menit setiap hari untuk menghilangkan kuman-kuman di dalamnya.

Yang terpenting adalah selalu membilas spons agar tak ada lagi sisa busa, sebab sisa busa yang dibiarkan begitu saja dalam spons akan menjadi sarang kuman dan penyakit.

Baca Juga: Anak Moms Masih Suka Ngompol? Ikuti 7 Tips Hilangkan Bau Pesing di Kasur

Shower puff

Mandi dengan Shower Puff

Rutin mandi menggunakan shower puff? Jika ya, gantilah peralatan ini rutin secara berkala. Meski shower puff masih terlihat bagus, namun shower puff yang basah dan dibiarkan begitu saja akan membuat bakteri berkumpul di dalamnya.

Idealnya mengganti shower puff setiap 3-4 minggu sekali apabila digunakan untuk mandi setiap hari.

Baca Juga: 7 Tahapan Merawat Kulkas Agar Awet dan Tak Mudah Rusak

Alat pel

BOLDe Spray Mop Supreme X

Sama seperti sapu, kain pel termasuk peralatan rumah tangga yang wajib diganti secara rutin. Kain pel yang dipakai rutin lama kelamaan akan menyusut, mengakibatkan daya bersihnya akan berkurang.

Alat pel yang sudah kumal sebaiknya harus cepat diganti. Malahan, idealnya mengganti alat pel/kain pel setiap 2 bulan sekali agar lantai tetap terjaga kebersihannya.

Baca Juga: Kunci Ampuh Menghilangkan Bau Tak Sedap pada Kulkas

Sikat kamar mandi

Kamar mandi adalah sumber bakteri & kotoran berkumpul. Sikat kamar mandi inilah yang digunakan untuk membersihkan setiap sudut kamar mandi. Maka sikat kamar mandi wajib diganti secara rutin agar kebersihan tiap sudut kamar mandi tetap terjaga.

Gantilah sikat kamar mandi selama maksimal 3-6 bulan sekali. Jangan lupa simpan sikat dalam keadaan kering. Sikat yang disimpan dalam keadaan basah membuat kuman berkoloni di dalamnya.

Baca Juga: 6 Langkah Bersihkan Dispenser Sendiri Agar Terhindar dari Bakteri

Filter keran

Filter keran termasuk ke dalam salah satu peralatan rumah tangga yang wajib diganti secara rutin, yakni setahun sekali atau pada saat volume air berkurang. Jangan tunggu filter air tersumbat barulah diganti, ya.

Itu dia berbagai peralatan rumah tangga yang wajib diganti secara rutin, mulai dari sapu, spons, hingga filter keran.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News