BisnisYuk

Tips Membangun Jejaring yang Luas di LinkedIn

Tips Membangun Jejaring yang Luas di LinkedIn

MOMSMONEY.ID - Apa saja hal agar jejaring di LinkedIn kuat dan luas? Berikut ini tips membangun jejaring yang luas di LinkedIn.

Memperoleh pekerjaan sesuai keinginan dan berada di perusahaan ternama membutuhkan banyak cara. Salah satu yang bisa diterapkan lulusan baru atau fresh graduate adalah membangun jejaring luas.

LinkedIn mencatat, menciptakan jejaring sangat penting untuk mengembangkan karier anda. Mengingat, para profesional di LinkedIn 4x lebih mungkin mendapatkan pekerjaan lewat network mereka.

Sebagai contoh, Tri Ahmad yang telah sukses memgembangkan karier profesionalnya dengan mengutamakan networking.

Sebagai bagian dari Gen Z Top Voices LinkedIn Asia Tenggara dan salah satu pendiri startup lokal Indonesia, Lumina Tri tidak mengenal banyak orang di industri tempat dirinya bekerja karena memang daerah asalnya terletak di pedesaan yang jauh.

"Ketika saya sedang mencari pengalaman magang pertama, saya menghubungi banyak pendiri startup dan para engineer senior," katanya dalam keterangan tertulis yang Momsmoney terima, Jumat (12/1).

"Saya terkejut karena sebagian besar dari mereka menjawab dan mengundang saya untuk wawancara di perusahaan mereka," ujarnya.

Baca Juga: 7 Ciri-Ciri Lowongan Kerja Palsu yang Perlu Diwaspadai, Pencari Kerja Cermati!

Bagi yang ingin membangun jejaring kuat sebelum melamar pekerjaan, berikut ini adalah hal yang dapat Anda lakukan untuk membangun network yang kuat di LinkedIn:

1. Terhubung dengan orang-orang yang Anda kenal 

Termasuk teman, keluarga, kolega, dan orang-orang yang anda kenal di luar dunia kerja. Namun, network di LinkedIn bukanlah sekadar banyaknya angka followers atau koneksi.

Semua koneksi Anda perlu memberikan nilai tambah pada network anda dan sebaliknya.

2. Jaga network Anda

Yang berarti, Anda perlu menawarkan bantuan dan dukungan kepada orang lain, menciptakan percakapan, dan selalu mengikuti perkembangan terkini dalam industri.

3. Berbagi pengalaman dan opini

Mulai dari berbagi unggahan rekan di network sambil menyertakan kesimpulan yang Anda buat hingga meminta network Anda memberi pendapat mereka.

Anda juga bisa membuat polling untuk mendapatkan insights, mengajak network anda melihat di balik layar industri melalui fitur LinkedIn Live, serta masih banyak lainnya.

Baca Juga: Tips Bangun Branding Secara Profesional Melalui LinkedIn

5. Mengikuti orang-orang inspiratif

Jika mencari pengetahuan untuk mengatasi tantangan profesional yang sulit hingga kiat untuk mengembangkan karier, maka Anda dapat mulai mengikuti para pemimpin di seluruh dunia untuk mempelajari cerita dan pengalaman mereka.

Mengikuti perusahan-perusahaan di LinkedIn untuk mempelajari lebih lanjut tentang peluang kerja yang tersedia dan budaya perusahaan terkait.

5. Bergabung dengan grup profesional

Hal ini membantu Anda memanfaatkan jejaring profesional di industri yang sama atau berbagi minat yang sama, bertukar wawasan, serta membangun koneksi yang bernilai tambah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News