Tips Diet Menurunkan Berat Badan yang Sehat dan Tanpa Obat Pelangsing

Tips Diet Menurunkan Berat Badan yang Sehat dan Tanpa Obat Pelangsing

MOMSMONEY.ID - Berikut ini tips diet yang tepat dan sehat untuk menurunkan berat badan berlebih tanpa bantuan obat pelangsing.

Jika tidak hati-hati dan waspada, obat pelangsing bisa akan menimbulkan masalah kesehatan seperti merusak ginjal dan hati. 

Mengutip dari situs Kementerian Kesehatan (Kemenkes), ada beberapa jenis diet yang jauh lebih sehat namun tetap efektif menurunkan berat badan tanpa harus minum obat apapun. 

Diet yang sehat harus tetap memperhatikan asupan gizi serta kondisi tubuh agar kesehatan dan kebugaran tetap terjaga. Sebaiknya, diet didampingi dan dalam pengawasan ahli gizi agar asupan nutrisi tetap lengkap. 

Penurunan yang terlalu drastis dan terkesan instan bisa mengganggu fungsi tubuh. Penurunan berat badan yang sehat adalah 0,5-1 kg per minggu.  

Baca Juga: Moms Wajib Tahu, Ini 5 Rekomendasi Makanan untuk Diet Sehat yang Bisa Dicoba

Berikut ini beberapa tips dari Kemenkes tentang cara melakukan diet sehat untuk menurunkan berat badan.

Batasi minuman manis

Minuman manis mengandung banyak gula dan kalori yang cukup tinggi sehingga dapat menaikkan berat badan.

Dalam menjalankan diet cepat kurus, Anda disarankan untuk menghindari konsumsi minuman manis dan berkalori tinggi, seperti soda, smoothies, es teh manis, yoghurt manis, minuman berenergi, dan jus buah kemasan.

Perbanyak serat

Makanan yang mengandung serat larut yang tinggi bisa membuat Anda merasa kenyang lebih lama. 

Serat larut ini dapat Anda peroleh dengan mengonsumsi kacang-kacangan, alpukat, ubi, brokoli, pir, wortel, apel, buah naga, jambu biji, biji bunga matahari, buah ara, dan oat.

Minum air sebelum makan

Agar penurunan berat badan bisa berjalan lebih cepat, biasakan untuk minum air putih setidaknya 30 menit sebelum makan. 

Kebiasaan ini dapat mencegah Anda makan terlalu banyak dan membuat Anda merasa lebih kenyang.

Baca Juga: Manfaat Daun Kersen Untuk Diabetes Melitus, Cek Ciri-Ciri Diabetes Pada Wanita & Pria

Jangan melewatkan sarapan

Banyak orang menganggap bahwa tidak sarapan dapat membuat tubuh cepat kurus. Padahal, anggapan tersebut tidaklah benar.

Sarapan sangatlah penting guna memberikan energi yang diperlukan tubuh untuk menjalani aktivitas sehari-hari sekaligus membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Cara ini bisa menekan dorongan untuk ngemil dan makan berlebihan.

Saat sarapan, pillih makanan yang sehat dan mengandung protein, karbohidrat kompleks, serta serat, misalnya : telur, susu skim, kacang, buah, dan sayuran.

Mengonsumsi kopi atau teh

Minuman berkafein, seperti kopi dan teh, mampu meningkatkan kadar hormon epinefrin dalam tubuh. Ketika kadar hormon ini meningkat, lemak di tubuh akan mudah dipecah sehingga berat badan akan turun.

Meskipun demikian, kinerja hormon epinefrin tidak dapat maksimal tanpa diimbangi dengan diet yang sehat dan olahraga yang cukup. 

Selain itu, pastikan Anda mengonsumsi kopi dan teh tanpa bahan tambahan lain, seperti gula atau krim.

Baca Juga: Daftar Makanan untuk Defisit Kalori yang Mudah Anda Daptkan, Ada Buah hingga Telur

HIndari makanan olahan

Tips diet sehat selanjutnya adalah menghindari makanan olahan. Makanan yang perlu dihindari yakni buah kering, makanan yang telah dibekukan, sereal sarapan, makanan cepat saji, roti, kue, biskuit, sayuran kaleng, dan daging olahan.

Konsumsi buah, sayuran, ikan, dan kacang-kacangan segar lebih disarankan karena lebih bergizi dan dapat membuat Anda kenyang lebih lama.

Makan dengan perlahan

Orang yang sering makan cepat akan lebih mudah mengalami kenaikan berat badan. Oleh karena itu, makanlah secara perlahan agar tubuh Anda bisa menyesuaikan rasa kenyang dengan jumlah makanan yang dikonsumsi.

Makan secara perlahan juga dapat membuat Anda lebih cepat kenyang, meski makanan yang dikonsumsi tidak terlalu banyak.

Baca Juga: Buah Durian Tengah Naik Daun di China, Ini Sebabnya

Berolahraga

Selain menjaga asupan makanan, Anda juga disarankan untuk rutin berolahraga apabila ingin menurunkan berat badan. 

Olahraga kardio dan olahraga yang melatih ketahanan tubuh, seperti angkat beban, merupakan pilihan yang bagus untuk menurunkan berat badan.

Tidur cukup

Kualitas tidur yang buruk turut memberikan andil terhadap kenaikan berat badan, sehingga penting untuk memastikan tidur cukup setiap hari.

Agar tidur lebih nyenyak, hindari hal-hal yang bisa membuat Anda tidak bisa cepat tidur seperti bermain HP sebelum tidur.

Itulah tips diet yang tepat dan sehat untuk menurunkan berat badan berlebih tanpa bantuan obat pelangsing.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News