M O M S M O N E Y I D
BisnisYuk

TikTok Bagikan Tips UMKM Bisa Dongkrak Penjualan di Bulan Ramadan

TikTok Bagikan Tips UMKM Bisa Dongkrak Penjualan di Bulan Ramadan
Reporter: Danielisa Putriadita  |  Editor: Danielisa Putriadita


MOMSMONEY.ID - Ramadan menjadi momen penting bagi pelaku usaha, termasuk UMKM. Sebab di momen ini penjualan bisa jadi tambah moncer. 

TikTok memiliki program  #MajuBarengTikTok dengan tema spesial "Ramadan Bareng TikTok". Program ini memberikan pelatihan gratis bagi UMKM untuk memaksimalkan potensi bisnis mereka selama bulan Ramadan hingga Lebaran melalui platform TikTok.

Dalam kesempatan tersebut, TikTok menyorot beberapa tren yang bisa dimanfaatkan oleh para UMKM untuk meningkatkan bisnisnya selama momen Ramadan dan Lebaran. Berdasarkan studi TikTok bersama Toluna, ada beberapa strategi yang dapat diadopsi oleh UMKM:

  1. Mempersiapkan kebutuhan Ramadan lebih awal: UMKM dapat mulai merancang kampanye sekitar satu bulan hingga satu minggu sebelum Ramadan, dengan fokus pada storytelling dan shoppertainment agar dapat membantu membangun kesadaran brand lebih awal.
  2. Memenangkan momen puncak Ramadan: Mengetahui bahwa 1 dari 3 pengguna mulai mempersiapkan Lebaran dua minggu sebelum hari raya, UMKM dapat memanfaatkan solusi full-funnel TikTok, seperti TikTok for Business, untuk menarik perhatian selama momen penting menjelang Lebaran.
  3. Merayakan Lebaran dengan promosi spesial: Pada periode ini, 46% pengguna aktif mencari konten belanja dan promosi spesial Lebaran. UMKM bisa memanfaatkan momen ini dengan membuat kampanye kreatif yang menarik perhatian dan memberikan penawaran spesial.
  4. Menjaga relevansi pasca-Ramadan: Setelah Lebaran, 1 dari 2 pengguna melanjutkan belanja mereka. UMKM perlu menyesuaikan strategi untuk tetap relevan dengan preferensi konsumen yang berlanjut pasca-Ramadan, memastikan hubungan jangka panjang dengan pelanggan.

Baca Juga: Cara Mendapatkan Uang dari TikTok yang Bisa Anda Coba

"Melalui Ramadan Bareng TikTok, kami bertujuan membantu pelaku UMKM dapat memahami tren konsumen dan menyusun strategi pemasaran digital yang lebih efektif," kata Marshiella Pandji, Public Policy and Government Relations, TikTok Indonesia dalam keterangan tertulis, Senin (24/2). 

Setelah mengikuti sesi pembekalan, para pelaku usaha dapat memanfaatkan ekosistem TikTok dalam menyusun kampanye kreatif, mulai dari membangun brand awareness hingga menjaga loyalitas pelanggan yang mereka ingin jangkau. 

Marshiella berharap program #MajuBarengTikTokdapat mempercepat digitalisasi UMKM untuk mendukung upaya pemerintah dalam mendorong 50% UMKM bertransformasi digital pada 2025. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

TERBARU

6 Ide Hampers Natal dari Murah sampai Mahal

Ingin berkirim hampers untuk teman saat Natalan? Simak inspirasi ide hampers Natal dari yang murah hingga mahal berikut ini.​

Harga Emas Antam Hari Ini Selasa 9 Desember 2025 Turun

Harga emas Antam hari ini ukuran 1 gram dibanderol Rp 2.403.000 Selasa (9/12/2025), turun Rp 6.000 dibanding Senin (8/12/2025).

Penting untuk Masa Depan, Anak Perlu Dilatih Berpikir Kritis dan Logis

Kemampuan berpikir kritis dan logis menjadi keterampilan penting bagi anak sekolah di era digital saat ini.

Promo Hypermart Weekday 9-11 Desember 2025, Tomat Cherry-Apel Fuji Harga Spesial

Cek dan manfaatkan katalog promo Hypermart Weekday periode 9-11 Desember 2025 untuk belanja aneka produk segar.

Signal dan 6 Rekomendasi Drakor Psikopat Legendaris, Menegangkan dan Seru

Menegangkan dan sadis, inilah daftar drama Korea psikopat legendaris dengan genre thriller dan misteri seru.​

Liburan Lebih Hemat Pakai Promo Tiket.com & BCA Tawarkan Benefit hingga Rp 1,2 Juta

Tiket.com dan BCA hadirkan program spesial yang berikan diskon dan cashback sampai Rp 1,2 juta. Promo berlaku selama periode 4-12 Desember 2025.

BMKG: Bulan Ini, Wilayah Berikut Alami Puncak Musim Hujan

BMKG memprediksikan, puncak musim hujan di wilayah berikut ini berlangsung pada Desember 2025. ​     

IPO Desember Ini, Super Bank (SUPA) Tawarkan Harga Saham Perdana Rp 635

PT Super Bank Indonesia Tbk (SUPA) sudah menetapkan harga untuk penjualan saham perdananya. Harga IPO SUPA ditetapkan di Rp 635 per saham. 

7 Film Thriller Disturbing Banyak Scene Sadis Mengerikan, Berani Nonton?

Inilah rekomendasi film thriller disturbing di Netflix yang menampilkan banyak adegan mengerikan dan sadis.

Tak Cuma Hijau dan Merah, Ketahui Arti Warna Dekorasi Natal di Sini

Selain merah dan hijau, ada beragam warna lain yang sering dikaitkan sebagai dekorasi Natal. Ketahui jenis dan arti warnanya di sini.​