Santai

Susah Lepas dari Ponsel? Kenali Istilah Phubbing dan Tandanya Ini Yuk

Susah Lepas dari Ponsel? Kenali Istilah Phubbing dan Tandanya Ini Yuk

MOMSMONEY.ID - Sulit untuk melepaskan kebiasaan bermain ponsel? Bisa jadi Anda terperangkap dalam situasi yang disebut phubbing.

Salah satu istilah populer yang banyak digunakan untuk menjelaskan situasi kehidupan bersosialisasi adalah istilah phubbing.

Menurut Wikipedia, phubbing merupakan istilah yang digunakan untuk menjelaskan situasi atau kebiasaan dan perilaku di mana seseorang lebih fokus pada ponsel daripada lawan bicara saat sedang bersama.

Baca Juga: Anti Stres, Ini 5 Kegiatan Mudah untuk Melepas Stres Berat

Dalam sejarahnya, istilah phubbing pertama digunakan pada Mei 2012, di mana sebuah agensi periklanan Australia mulai menggunakan istilah ini untuk menjelaskan fenomena terlalu fokus pada ponsel.

Tak lama dari digunakannya istilah tersebut, kampanye stop phubbing mulai banyak dilakukan. Sebab banyak masalah mental dan juga efek yang diberikan dari phubbing.

Ada beberapa tanda yang bisa dijadikan patokan seseorang melakukan phubbing dari laman Health Line.

Tanda pertama adalah memiliki dua percakapan baik online maupun offline yang terjadi dalam waktu bersamaan. Namun kecenderungan untuk melakukan percakapan online lebih banyak terjadi dibandingkan memiliki pembicaraan nyata dengan orang yang nyata.

Baca Juga: Ada 4, Kenali Beragam Jenis Hormon Bahagia di Tubuh dan Cara Meningkatkannya

Tidak bisa lepas dari ponsel juga menjadi tanda seseorang mengalami phubbing. Biasanya orang-orang yang membawa ponsel kemana pun menggunakan alasan untuk berjaga-jaga. Namun keberadaan ponsel bisa menyebabkan kurangnya koneksi nyata yang terjadi dengan orang di sekitar.

Selain tidak bisa lepas dari ponsel, kecenderungan untuk selalu mengecek ponsel juga bisa menjadi tanda seseorang melakukan phubbing. Hal tersebut juga dihubungkan dengan munculnya fenomena FOMO atau Fear Of Missing Out.

Phubbing juga bisa memicu tindakan kecanduan yang berdampak pada kesehatan jika tidak segera dikurangi. Cara untuk mengatasi phubbing juga bermacam-macam salah satunya adalah dengan memberikan tantangan pada diri sendiri untuk tidak terlalu fokus pada ponsel.

Dengan memberikan keberanian untuk meninggalkan ponsel dapat membuat diri menjadi semakin fokus terhadap kehidupan dan percakapan nyata dengan orang-orang yang ada di sekitar. Sehingga perilaku phubbing dapat dihindari dan hubungan atau koneksi nyata bisa terbangun.

Menggunakan cara no phone zone juga bisa dilakukan untuk mengatasi perilaku phubbing. Terapkan kebiasaan untuk memberikan zona tidak bermain ponsel saat makan atau saat sedang ngobrol agar terhindar dari perilaku phubbing.

Itulah tadi penjelasan singkat tentang istilah phubbing, tanda, dan cara untuk mengatasinya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News