Keluarga

Suka Pakai AC? Awas, Ini 5 Efek Negatif Penggunaan AC untuk Kesehatan Kulit

Suka Pakai AC? Awas, Ini 5 Efek Negatif Penggunaan AC untuk Kesehatan Kulit

MOMSMONEY.ID - Berikut 5 efek negatif penggunaan AC untuk kesehatan kulit yang harus Moms tahu.

Setelah menghabiskan waktu seharian di bawah terik matahari, beristirahat di ruangan ber-AC tentu akan terasa menyenangkan.

Namun, jangan sampai kenyamanan yang ditawarkan AC membuat Anda terlena dan tetap menyalakan AC dalam waktu yang lama ya Moms.

Pasalnya, AC dapat menyedot kelembaban dari udara. Sehingga, penggunaan AC secara berlebihan sangat tidak disarankan karena bisa mengganggu kesehatan tidak terkecuali kesehatan kulit.

Dapat memicu kekeringan hingga kerutan, inilah 5 efek negatif penggunaan AC untuk kesehatan kulit sebagaimana dilansir dari BeBeautiful.

Baca Juga: Skincare Tidak Ngefek? Ini 4 Penyebab Skincare Tidak Ada Hasil yang Harus Anda Tahu

1. Kulit kering dan gatal

AC cenderung menghilangkan semua kelembaban di dalam ruangan dengan tidak selektif. Sehingga, kelembaban pada kulit pun bisa ikut tersedot.

Hal tersebut tentu dapat memengaruhi epidermis dan membuat kulit menjadi sangat kering. Apabila kulit Anda tidak cukup terhidrasi, kekeringan yang terus-menerus akibat penggunaan AC akan memengaruhi lapisan dalam kulit. Pada akhirnya, kulit akan meregang dan menjadi gatal serta bersisik.

2. Kulit dehidrasi

Saat AC dinyalakan, suhu di area sekitarnya akan berkurang menjadi 18-26 derajat Celcius. Kondisi ini dapat membuat tubuh mengurangi produksi keringat di semua area kecuali ketiak, telapak tangan, dan telapak kaki.

Akibatnya, racun akan tetap berada di dalam kulit dan tidak dikeluarkan. Ini juga mengurangi produksi minyak pada kulit yang menyebabkan kulit kusam, dehidrasi, dan jauh dari kata sehat.

3. Kerutan

Air adalah sahabat terbaik kulit karena membantu menjaga elastisitasnya. Ketika AC menyala, itu akan menghilangkan kelembaban dari ruangan. Kulit pun akan kehilangan kelembabannya dan mulai mengerut.

Kehilangan kelembaban yang konstan dan kurangnya penggantian air dari jaringan kulit dapat menyebabkan kulit kering dan pecah-pecah. Adapun kondisi kulit kering dan pecah-pecah lebih rentan terhadap kerutan.

Baca Juga: 5 Kandungan Skincare yang Cocok Dikombinasikan dengan Retinol, Apa Saja?

4. Degenerasi kulit

Pergeseran tiba-tiba dari suhu satu ke suhu lainnya dapat memengaruhi dan merusak kemampuan kulit untuk beregenerasi.

Jika kulit Anda terus-menerus mengalami stres semacam itu, kulit akan berjuang untuk mengatasi perubahan lingkungan dan tidak akan beregenerasi sebagaimana mestinya. Pada akhirnya, kulit akan kekurangan gizi dan tampak kusam.

5. Gangguan kulit

AC bisa membuat kulit menjadi sangat kering, gatal, dan bersisik. Dalam beberapa kasus, kulit dapat menjadi merah, timbul ruam, dan mulai mengelupas.

Jika Anda sudah menderita eksim, rosacea, atau psoriasis, kondisi kulit Anda yang demikian bisa memburuk karena AC cenderung mengganggu keseimbangan kelembaban kulit.

Itulah 5 efek negatif penggunaan AC untuk kesehatan kulit yang harus Moms tahu. Guna mengurangi efek negatif penggunaan AC untuk kesehatan kulit, pastikan Anda menjaga kulit tetap terhidrasi dengan minum air putih setidaknya 8 gelas per hari.

Jangan lupa juga untuk memakai pelembab, menghindari penggunaan sabun yang berlebihan pada area kulit yang kering, tidak terlalu bergantung pada AC, dan mengganti filter AC setiap 4-6 minggu sekali.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News