Bugar

Stres Bisa Picu Serangan Jantung, Lekas Kendalikan

Stres Bisa Picu Serangan Jantung, Lekas Kendalikan

MOMSMONEY.ID - Selain pola makan yang kurang sehat, nyatanya penyakit jantung bisa muncul karena stres. Makanya tak heran banyak orang yang meninggal mendadak usai kelelahan karena pekerjaan atau pikiran. 

Kesehatan jantung adalah hal yang penting bagi setiap orang. Memahami pentingnya menjaga kesehatan jantung dan mengadopsi gaya hidup sehat merupakan langkah awal yang signifikan untuk mencegah penyakit jantung. 

Menurut Yohanes Loho, Dokter Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah penyebab penyakit jantung juga dipicu oleh stres. Oleh sebab itu perlu mengelola stres dengan baik. 

Baca Juga: 5 Tips Hidup Sehat Bebas Stres, Meditasi hingga Minum Teh Herbal

"Stres yang berkepanjangan dapat berkontribusi terhadap penyakit jantung," tegasnya. 

Menurutnya cara mengelola stress ini bentuknya bisa beragam. Diantaranya adalah melakukan meditasi, yoga, relaksasi, atau melakukan hobi yang Anda nikmati. 

Yohanes mengatakan olahraga memiliki efek positif pada kesehatan mental dan dapat membantu mengurangi stres. Alhasil hal itu bisa juga berdampak pada kesehatan jantung.

Tak hanya olahraga, Yohanes bilang berbagi perasaan ke orang lain juga bisa mencegah stres dan mengurangi risiko serangan jantung. "Berbicara dengan orang terdekat atau profesional kesehatan mental juga dapat membantu mengurangi stres tersebut," ungkap Yohanes.

Selanjutnya: Pasar Modern Intermoda BSD Hadirkan KUNTARA, Festival Kuliner Nusantara Intermoda

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News