AturUang

Standard Chartered dan SeaMoney hadirkan layanan Buy Now Pay Later

Standard Chartered dan SeaMoney hadirkan layanan Buy Now Pay Later

MOMSMONEY.ID - Produk beli sekarnag bayar nanti alias paylater mulai banyak memiliki penggemar. Alhasil, perbankan turut meramaikan produk paylater untuk mendukung permintaan konsumen, salah satunya Standard Chartered Bank (SCB) mengumumkan kemitraan dengan SeaMoney untuk menghadirkan tambahan pilihan pembiayaan bagi para konsumen di Indonesia.

Nah, kemitraan ini sudah berlangsung bersama PT Commerce Finance yang berada di bawah naungan grup SeaMoney melalui SPayLater, sebuah layanan Beli Sekarang Bayar Nanti (BNPL) yang tersedia bagi para pengguna Shopee di Indonesia.

Kerjasama ini bertujuan untuk mendukung ekosistem keuangan yang lebih inklusif serta memperluas layanan finansial bagi kelompok masyarakat Indonesia yang belum terlayani dengan baik.

Sejak awal peluncuran kemitraan ini (soft launch) di bulan Februari 2024 lalu, SCB telah menyalurkan kredit senilai hampir US$ 100 juta untuk memfasilitasi hampir 6 juta transaksi BNPL bagi kurang lebih 2 juta pengguna Shopee. SCB menargetkan untuk meningkatkan volume tersebut sebesar dua kali lipat pada akhir tahun 2024.

Ukuran pasar BNPL Indonesia diperkirakan akan tumbuh dengan CAGR sebesar 34,1% dari tahun 2024 hingga 20301. Hal ini mencerminkan potensi layanan BNPL di Indonesia yang begitu besar.

Baca Juga: Krom Bank Ajak Membangun Kultur Menabung Anak Muda lewat Inovasi Perbankan Digital

Melalui SPayLater, pengguna memiliki pilihan pembiayaan tambahan dengan ketentuan pembayaran yang transparan dan fleksibel, untuk pembelanjaan mereka di Shopee, agar bisa membantu para pengguna dalam pengelolaan keuangan mereka.

Rino Donosepoetro, Cluster Chief Executive Officer, Indonesia and ASEAN Markets, Standard Chartered mengatakan, kemitraan bersama SeaMoney merupakan penyedia pembayaran digital terkemuka di ASEAN. SCB berharap dapat memanfaatkan kemitraan strategis ini untuk membuka akses keuangan yang lebih besar bagi masyarakat Indonesia.

Kemitraan ini sekaligus mencerminkan optimisme Standard Chartered terhadap potensi pertumbuhan perekonomian Indonesia, yang didukung oleh pertumbuhan PDB yang stabil dan diperkirakan melampaui 5%, demografi generasi muda yang cukup besar, adaptasi aspek digital yang cepat, serta daya belanja konsumen (consumer spending) yang kuat.

Disisi lain, Winson Winata, Direktur Utama PT Commerce Finance menjelaskan, kemitraan dengan Standard Chartered untuk memperluas layanan BNPL di Indonesia merupakan sebuah langkah penting dalam upaya meningkatkan inklusi keuangan di Indonesia.

Baca Juga: BRI Himbau Nasabah Kenali Akun dan Kontak Resmi

Selanjutnya: Cara Memeriksa Pulsa Smartfren dengan Kode, SMS, sampai Aplikasi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News