Keluarga

Spons Ternyata Perlu Rutin Dibersihkan, Simak Cara & Jadwal Mencucinya

Spons Ternyata Perlu Rutin Dibersihkan, Simak Cara & Jadwal Mencucinya

MOMSMONEY.ID -  Jika tak ada spons cuci piring, dipastikan seluruh perlatan masak dan makan Anda tak akan bisa dicuci. Tapi tak hanya peralatan itu saja, spons juga perlu rutin dibersihkan.

Jika Anda terbiasa membiarkan spons diwadahnya tanpa dibersihkan, maka spons justru akan mengotori peralatan Anda lo! Faktanya, spons termasuk barang yang paling kotor di dapur kita. Jadi Anda perlu sering membersihkannya. 

Melansir My Domaine, ada tiga cara berbeda untuk mencuci spons dan  menjaganya tetap bersih tahan lama. Untungnya, cara mencuci spons sangat mudah dan cepat. 

Baca Juga: 5 Jenis Olahraga untuk Merawat dan Menjaga Kecantikan Kulit

Kapan sebaiknya Anda mencuci spons cuci piring? 
Sebagai barang yang sangat bermanfaat untuk mencuci peralatan kotor di dapur, tak heran apabila spons termasuk barang paling kotor di rumah. 
Supaya spons tidak menyimpan kuman dan bakteri, Anda perlu mencuci spons setiap hari. Jika Anda sering menggunakan spons, ada baiknya Anda mencucinya setiap selesai digunakan. 
Selain mencuci spons, Anda juga perlu rutin menggantinya. Spons sebaiknya diganti setiap 2-4 minggu tergantung seberapa sering Anda menggunakannya. 

Begini cara mencuci spons cuci piring yang tepat

1. Cara mencuci spons dengan pemutih
Cara mencuci spons cuci piring yang satu ini dikenal sebagai cara paling baik untuk membersihkan spons. Selain bisa membersihkan spons, menggunakan pemutih juga bisa membersihkan wastafel Anda. 
Caranya, setelah mencuci peralatan kotor dengan spons silahkan bilas spons kotor tersebut. Kemudian sumbat lubang pembuangan wastafel. 
Lalu isi wastafel dengan satu galon atau secukupnya air hangat. Campur dengan 3/4 gelas pemutih. Taruh spons Anda di campuran ini dan diamkan 5 menit. Setelah itu, keringkan wastafel Anda dan peras spons. Terakhir, diamkan hingga kering. 
Selain menggunakan pemutih, Anda bisa menggantinya dengan cuka putih. Langkah yang perlu dilakukan juga sama. 

2. Cara mencuci dengan microwave
Cara mencuci spons cuci piring dengan microwave dapat Anda lakukan dengan bilas terlebih dahulu spons. Pastikan tidak ada logam atau plastik yang menempel di microwave. 
Kemudian isi penuh mangkok dengan air bersih dan rendam spons. Kemudian masukan ke microwave dengan suhu tinggi selama satu menit. Kemudian diamkan hingga dingin. Setelah itu, keringkan spons Anda yang sudah bersih. 

3. Cara mencuci spons dengan alat pencuci piring
Sebelum mencuci spons degan alat pencuci piring, bersihkan terlebih dulu spons dari sisa-sisa makanan. Kemudian letakan spons di rak paling atas alat pencuci piring. 
Biarkan spons ikut dibersihkan bersamaan dengan alat-alat lain yang akan Anda cuci dengan alat ini. Setelah itu, spons Anda akan kembali bersih. 

Lalu bagaimana cara agar spons cuci piring bersih lebih lama dan juga tahan lama? Anda perlu membuat spons dalam keadaan kering setelah digunakan. 

Lembab dalam waktu yang lama membuat spons menjadi sarang kuman dan bakteri. Sehingga Anda sebaiknya bilas spons dan peras hingga kering. Jangan lupa membersihkannya setiap selesai digunakan. Kemudian letakan di tempat yang banyak aliran udara supaya cepat kering. 

Baca Juga: Intip Cara Melihat Orang Unfollow Instagram dan Twitter Anda, Cek Sekarang!

Demikian cara mencuci spons cuci piring Anda, kapan waktu yang tepat untuk mencuci spons dan menjaga spons supaya lebih awet. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News