Santai

Solusi Mengatasi Voice Note WhatsApp Tidak Ada Suaranya, Cukup Pakai Cara Ini

Solusi Mengatasi Voice Note WhatsApp Tidak Ada Suaranya, Cukup Pakai Cara Ini

MOMSMONEY.ID - Voice note atau catatan suara menjadi fitur WhatsApp yang memudahkan penggunanya untuk meninggalkan pesan dalam bentuk suara. Namun, pengguna terkadang menemui masalah voice note WhatsApp tidak ada suaranya. 

Jika Anda mengalami masalah voice note WhatsApp tidak ada suaranya, Anda tak perlu khawatir. 

Sebab, artikel ini akan menjelaskan mengenai solusi mengatasi voice note WhatsApp tidak ada suaranya. Masalah voice note WhatsApp tidak ada suara tersebut bisa diatasi menggunakan beberapa cara ini. 

Pada umumnya, terdapat penyebab kenapa voice note WhatsApp tidak ada suaranya. Mengutip LifeWire, berikut penyebab voice note WhatsApp tidak ada suaranya. 

Baca Juga: Pengguna Bisa Video Call Pakai Picture in Picture WhatsApp di iPhone, Begini Caranya

1. Anda mengalami masalah volume. Jika speaker ponsel atau komputer Anda tidak berfungsi atau disetel terlalu rendah, Anda tidak akan dapat mendengar pesan tersebut.

2. Anda dalam keadaan offline. Anda harus online untuk menerima pesan suara meskipun setelah pesan diunduh, Anda dapat mendengarkan secara offline.

3. WhatsApp kedaluwarsa. Semua aplikasi smartphone perlu diperbarui secara berkala, dengan aplikasi lama berpotensi menyebabkan masalah.

4. Server WhatsApp down. Jika WhatsApp sedang down, Anda tidak dapat mengakses pesan suara baru.
Izin Anda salah. Anda harus memiliki akses ke mikrofon Anda untuk merekam pesan suara WhatsApp.

Cara mengatasi voice note WhatsApp tidak ada suara 

Jika Anda tidak dapat mengirim atau mendengar pesan suara WhatsApp, cobalah tips dan solusi berikut ini :

1. Tingkatkan volume telepon Anda. Tidak dapat mendengar pesan suara? Periksa volume ponsel Anda dan naikkan. 

2. Minta orang tersebut untuk mengirim ulang pesan tersebut. Jika Anda telah menerima pesan suara dan kedengarannya salah atau kacau, hal itu mungkin terjadi saat pesan dikirim. 

Minta mereka untuk mengirim ulang untuk melihat apakah ada masalah di pihak mereka sebelum memecahkan masalah perangkat Anda.

3. Mulai ulang ponsel Anda. Ini adalah perbaikan yang dapat diprediksi tetapi seringkali, jika Anda hanya me-restart ponsel Anda (atau desktop jika Anda menggunakan web WhatsApp), masalahnya akan teratasi dengan sendirinya.

4. Perbarui WhatsApp. Jika Anda menggunakan WhatsApp versi lama, Anda mungkin mengalami masalah dengan perpesanan. Selalu perbarui.

Baca Juga: 4 Cara Mengatur Postingan Rekomendasi Instagram yang Sering Muncul di Beranda

5. Periksa apakah WhatsApp sedang down. Memeriksa apakah WhatsApp sedang down dapat memperbaiki dunia masalah WhatsApp.

Jika server sedang down, Anda mungkin dapat melihat pesan sebelumnya, tetapi tidak dapat mendownload yang baru.

6. Periksa izin mikrofon Anda. Anda tidak dapat merekam pesan suara jika mikrofon Anda tidak tersedia untuk WhatsApp.

7. Periksa apakah speaker Anda berfungsi.

8. Pastikan Anda mendengarkan di tempat yang tepat. Jika pesan suara tampak seperti sedang diputar tetapi Anda tidak dapat mendengar apa pun, mungkin Anda lupa sedang memasangkan headphone atau earphone. 

9. Periksa penyimpanan yang tersedia. Pastikan Anda memiliki cukup ruang di ponsel untuk mengunduh pesan suara.

Jika cukup besar dan penyimpanan Anda rendah, Anda mungkin mengalami masalah saat memutar pesan suara.

10. Periksa atau lepas pelindung layar Anda. WhatsApp menggunakan sensor jarak ponsel Anda untuk memutar audionya melalui lubang suara saat Anda mendekatkan ponsel ke telinga.

Baca Juga: Buat Akun WhatsApp Pakai Nomor Telepon Rumah, Begini Caranya

Namun, beberapa pelindung layar dan casing terkadang dapat mengganggu ini. Periksa apakah pesan suara diputar melalui earpiece ponsel Anda, bukan melalui speaker.

11. Instal ulang WhatsApp. Biasanya me-restart telepon Anda dan langkah-langkah di atas akan memperbaiki masalah WhatsApp, tetapi sebagai upaya terakhir, Anda dapat mencoba menginstalnya kembali.

Pastikan untuk mencadangkan file Anda ke Google Drive atau iCloud sebelum melakukannya, jika tidak, Anda akan kehilangan pesan sebelumnya.

Nah itulah solusi mengatasi voice note WhatsApp tidak ada suaranya. Anda bisa mencoba beberapa cara tersebut untuk bisa mendengarkan rekaman suara yang dikirim oleh teman Anda. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News