Keluarga

Simak Cara Membersihkan Kipas Angin dengan Tepat & Aman

Simak Cara Membersihkan Kipas Angin dengan Tepat & Aman

MOMSMONEY.ID -  Kipas angin adalah penolong saat cuaca panas, dan menjaganya tetap bersih adalah cara terbaik memastikan kipas angin tetap bekerja dengan efisien. Yuk simak cara membersihkannya dengan tepat!

Mengetahui cara membersihkan kipas angin dengan tepat dan aman dapat memastikan Anda bisa mendapatkan udara segar tanpa terganggu dengan debu dan kotoran. Melansir Woman and Home, menjaga kipas angin tetap bersih juga bisa membuat kipas lebih awet dan tahan lama. 

Baca Juga: Penikmat Sunset Trip di Prambors Harus Berbesar Hati, Program Ini Berhenti Siaran

Kipas angin adalah salah satu cara menjaga rumah tetap dingin tanpa perlu menggunakan AC. Namun menggunakan kipas angin yang kotor bisa membuat kualitas udara di rumah Anda jadi buruk. Sehingga penting untuk rutin membersihkan kipas angin. 

Berikut cara membersihkan kipas angin dengan tepat dan aman

Jika kipas angin Anda tidak terlalu kotor, Anda bisa dengan mudah mengelapnya dengan kanebo yang sudah sedikit basah. Namun jika sudah terlalu banyak debu di dalamnya, maka Anda perlu membersihkan kipas angin secara menyeluruh. 

1. Lepaskan seluruh bagian pelindungnya

Cara melepaskan bagian pelindungnya cukup mudah, Anda hanya perlu sedikit mengangkat klip di sekeliling besi pelindung. Biasanya ada 4 klip dengan jarak yang sama di setiap lingkaran. 

2. Rendam bagian pelindung di air sabun

Setelah Anda selesai melepaskan bagian pelindung, rendam bagian ini selama beberapa menit. Setelah itu lap seluruh bagian pelindung. 

3. Bersihkan debu bagian baling-baling kipas

Anda bisa menggunakan kemoceng untuk membersihkan debu dari baling-baling. Namun jika ada kotoran yang sulit dibersihkan, Anda bisa menggunakan lap kering. Lakukan langkah ini di luar rumah. 

Baca Juga: Waspada, Intip 5 Bahaya Makan Larut Malam bagi Kesehatan Tubuh

4. Biarkan seluruh bagian kering

Biarkan seluruh bagian kering sebelum memasangnya kembali. Pastikan seluruh bagian kipas angin tidak memiliki air terutama di bagian yang terhubung dengan listrik. 

5. Pasang kembali seluruh bagian
Setelah seluruh bagian kipas kering, pasang kembali selurh bagian. Pastikan bagian pelindung benar-benar dalam posisi paling tepat dan mengunci. 

Demikian cara membersihkan kipas angin. Sebaiknya bersihkan kipas angin sesering mungkin jika Anda kerap menggunakannya. Anda bisa secara rutin membersihkannya setiap satu minggu sekali. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News