Bugar

Simak 5 Urutan Basic Skincare yang Benar, Lakukan Secara Rutin!

Simak 5 Urutan Basic Skincare yang Benar, Lakukan Secara Rutin!

MOMSMONEY.ID - Dapatkan kulit sehat dan lembab, Anda bisa terapkan urutan basic skincare yang benar. Saat ini semakin banyak urutan skincare yang bisa Anda terapkan untuk kulit. Tapi tidak perlu bingung, bagi pemula cukup menerapkan urutan basic skincare saja. 

Jika Anda melakukan urutan basic skincare secara rutin, maka hasil yang didapatkan pada kulit pun akan baik. 

Melansir dari blog.avoskinbeauty.com, simak lima urutan basic skincare yang benar untuk kulit, yaitu: 

1. Makeup Remover

Urutan pertama basic skincare yang benar adalah makeup remover. Sebagian besar makeup memiliki komposisi dasar yang berbahan atau bersifat minyak. Oleh karena itu, untuk membersihkan makeup sebaiknya pilihlah remover yang juga memiliki kandungan minyak/ oil based. 

Makeup remover yang memiliki kandungan minyak mampu melarutkan partikel makeup yang bahkan sangat membandel hingga masuk jauh ke dalam pori-pori kulit wajah Anda. 

Baca Juga: 4 Bahan Alami yang Ampuh Membuat Rambut Lembut dan Berkilau, Apa Saja?

2. Face Cleanser

Urutan basic skincare selanjutnya adalah face cleanser. Sebagian residu makeup biasanya masih akan tertinggal pada kulit jika Anda hanya berhenti pada makeup remover. Sehingga pemakaian cleanser dapat membersihkan berbagai residu makeup hingga debu dengan lebih sempurna. 

Salah satu tips yang paling penting dalam memakai face wash yaitu memilih jenis yang tepat untuk kulit. Jika Anda memiliki jenis kulit yang kering maka jangan gunakan face wash untuk kulit berminyak karena kadar minyak pada kulit Anda akan semakin berkurang.

Begitu juga jika Anda ingin mendapatkan hasil kulit wajah yang cerah ataupun bebas dari jerawat menggunakan skincare maka pilih lah face wash dengan kandungan khusus untuk membantu Anda mendapatkan hasil tersebut.

3. Eksfoliasi

Kemudian, lakukan eksfoliasi wajah juga. Proses eksfoliasi berguna untuk membersihkan kulit mati dan berbagai residu yang tersisa di wajah akibat pembersihan wajah yang kurang sempurna dalam jangka waktu lama.

Kulit yang tidak dieksfoliasi menyebabkan terjadinya timbunan lapisan kulit mati dan residu yang menghalangi penyerapan skincare. Hal ini membuat kulit Anda dalam jangka beberapa waktu akan terlihat kusam, gelap, hingga kering.

Dengan melakukan eksfoliasi, kulit akan lebih mudah mendapat manfaat skincare lainnya untuk mendapatkan hasil yang cerah, lembab, dan mengurangi berbagai kerusakan kulit lainnya.

Baca Juga: Promo Traveloka Paylater, Diskon Ekstra Hotel dan Holiday Stays hingga Rp 1 Juta

4. Moisturizer

Urutan basic skincare berikutnya adalah moisturizer. Jika wajah Anda memang memiliki jenis kering, maka moisturizer adalah urutan wajib bagi Anda. Namun, jika jenis kulit Anda berminyak, Anda harus tetap memakai moisturizer

Melewatkan moisturizer dari urutan basic skincare justru akan membuat kulit Anda semakin memproduksi minyak berlebih. Untuk Anda yang memiliki kulit berminyak, memang cukup tricky dalam memilih moisturizer.

Sebaiknya pilihlah moisturizer yang ringan dan bersifat water based. Sedangkan kulit yang kering dapat memakai moisturizer bertekstur krim kemudian dilapisi dengan face oil.

5. Sunscreen

Terakhir, pastikan Anda selalu menggunakan sunscreen. Setelah membersihkan wajah dari berbagai residu makeup, debu, kulit mati, hingga melembabkannya, maka Anda harus melindungi kulit dari sinar matahari.

Sinar matahari dengan UVA dan UVB nya tidak hanya akan membakar kulit tapi juga memicu kerutan pada wajah jika dibiarkan jangka panjang.

Pentingnya memilih sunscreen dengan SPF di atas 30 untuk aktivitas di luar ruangan akan membantu mencegah dampak buruk dari UVA dan UVB. Oleh karena itu, jangan pernah lewatkan tahap sunscreen pada urutan basic skincare. 

 Nah, itulah beberapa urutan basic skincare yang benar. Lakukan urutan ini secara rutin untuk mendapatkan kulit yang sehat dan lembab. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News