Bugar

Silent Symptoms, Penting untuk Mencegah Gejala Katarak Sejak Dini

Silent Symptoms, Penting untuk Mencegah Gejala Katarak Sejak Dini

MOMSMONEY.ID - Beberapa gejala katarak dianggap sebagai silent symptoms atau gejala bisu. Sehingga penting untuk mencegah gejala katarak sejak dini.

Gejala katarak yang dianggap sebagai silent symptoms antara lain kesulitan mengenali warna, muncul lingkaran cahaya, dan penglihatan ganda

Untuk mencegah gejala katarak sejak dini, Anda dapat melakukan beberapa langkah berikut ini, seperti dilansir dari siaran pers  KMN EyeCare, Senin (4/9):

1. Gunakan kacamata hitam

Gunakan kacamata hitam dengan perlindungan UV saat berada di luar ruangan, terutama saat terik Matahari. Sinar UV dapat merusak lensa mata dan meningkatkan risiko katarak.

Baca Juga: Jarang Disadari, Ini Gejala Katarak yang Seringkali Terabaikan

2. Lindungi mata Anda dari cedera

Lindungi mata Anda dari cedera dengan menggunakan kacamata pelindung saat beraktivitas yang berisiko tinggi, seperti olahraga atau pekerjaan yang melibatkan potensi cedera mata.

3. Kurangi atau hentikan kebiasaan merokok dan konsumsi minuman keras.

Rokok dan minuman keras dapat meningkatkan risiko terjadinya katarak. Selain itu, sebaiknya hindari paparan asap rokok karena terdapat radikal bebas yang dapat menyebabkan perubahan molekul protein mata.

4. Terapkan pola makan yang bergizi seimbang

Terapkan pola makan yang bergizi seimbang dengan konsumsi makanan yang kaya antioksidan seperti buah-buahan dan sayuran berwarna-warni, kacang-kacangan yang mengandung omega-3, ikan.

Nutrisi ini bisa membantu melindungi mata dari kerusakan oksidatif.

Baca Juga: Mitos dan Fakta Seputar Katarak yang Wajib Anda Ketahui, Simak yuk

5. Penyakit diabetes bisa meningkatkan risiko katarak.

Jika Anda memiliki diabetes, penting untuk menjaga kadar gula darah dalam batas normal dengan mengikuti rencana pengobatan yang dianjurkan dokter dan menjalankan pola makan yang sehat.

6. Pemeriksaan mata secara rutin.

Melalui pemeriksaan mata secara teratur dapat membantu mendeteksi masalah mata sejak dini, termasuk katarak. Konsultasikan dengan dokter mata untuk menjadwalkan pemeriksaan mata Anda.

Jika Anda mengalami keluhan di mata atau ingin melakukan skrining katarak, segera konsultasikan dengan dokter mata untuk diagnosis dan perawatan yang tepat.

Salah satu klinik mata yang bisa Anda tuju untuk melakukan pemeriksaaan mata adalah KMN EyeCare.

KMN EyeCare dilengkapi dengan peralatan medis modern dan teknologi terbaru untuk pemeriksaan mata. 

Hal ini memungkinkan deteksi katarak secara lebih akurat dan memberikan diagnosis yang tepat untuk merencanakan perawatan yang sesuai. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News