Keluarga

Setelah Defrost, Ini Cara Mencegah Bunga-bunga Es Kembali Muncul

Setelah Defrost, Ini Cara Mencegah Bunga-bunga Es Kembali Muncul

MOMSMONEY.ID -  Penting bagi Anda untuk mengetahui cara mencegah bunga-bunga es cepat muncul kembali di freezer Anda. Tentu supaya Anda tak perlu repot berkali-kali defrost freezer. 

Sebelum mengetahui cara mencegah bunga es kembali muncul dengan cepat, Anda perlu tahu apa penyebab bunga es muncul. 

Melansir Better Homes & Gardens, bunga-bunga es bisa cepat muncul di freezer karena adanya uap air yang membeku. Uap air ini bisa muncul dari udara hangat saat Anda membuka pintu freezer atau karena makanan dengan suhu panas yang Anda masukkan ke dalam freezer. 

Baca Juga: 5 Rekomendasi Kuliner Legendaris Khas Solo yang Wajib Anda Jajal

Lalu bagaimana cara mencegah bunga-bunga es kembali muncul? 

Anda tak bisa banyak melakukan pencegahan uap air masuk ke dalam freezer saat membuka kulkas. Namun ada beberapa cara untuk mencegah bunga es cepat muncul kembali. 

1. Batasi waktu dan frekuensi Anda membuka pintu freezer

Cara paling mudah untuk mencegah munculnya bunga es adalah membatasi waktu Anda membuka pintu lemari es/kulkas/freezer. Saat memasukkan barang ke freezer, jangan biarkan pintu terbuka saat Anda mengambil barang belanjaan lainnya untuk disimpan.

Sebaliknya, saat mengambil bahan yang ada di freezer, coba pikirkan barang apa saja yang akan Anda ambil sehingga Anda tak perlu terlalu lama membuka kulkas. 

2. Jangan meletakkan makanan panas di freezer

Makanan panas juga bisa membuat bunga es cepat muncul. Sehingga pastikan makanan sudah dingin sebelum memasukkannya ke dalam freeezer. Penting juga untuk menyimpan makanan dengan baik di dalam kotak yang tertutup rapat. 

3. Periksa kembali karet segel pada pintu freezer

Biarkan freezer tetap pada suhu -18 derajat Celcius dan cek segel yang ada pada pintu freezer. Jika Anda merasakan udara dingin mengalir keluar dari freezer saat pintu tertutup maka pintu freezer Anda rusak atau tak tertutup rapat. Sehingga ada baiknya Anda membersihkan karet segel atau menggantinya dengan yang baru. 

Baca Juga: 4 Fakta Pyo Ye Jin, Pemeran Taxi Driver 2

Demikian cara mencegah bunga es kembali muncul di freezer Anda. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News