Santai

Selain Asmodeus dalam The Pope's Exorcist, Ini Nama Iblis-iblis Lainnya

Selain Asmodeus dalam The Pope's Exorcist, Ini Nama Iblis-iblis Lainnya

MOMSMONEY.ID - The Pope’s Exorcist adalah salah satu film yang menceritakan kisah seorang pastor bernama Gabriel Amorth. Pastor tersebut telah banyak melakukan pengusiran iblis yang merasuki manusia, salah satunya iblis bernama Asmodeus. Selain Asmodeus, ada siapa saja nama-nama iblis lainnya? 

Dalam kepercayaan kristiani, diyakini bahwa ada 7 iblis yang paling kuat di neraka. Ketujuh iblis ini tadinya merupakan malaikat yang berada di surga bersama Allah. Namun karena mereka memberontak, ketujuh iblis ini dicampakkan dari surga dan menjadi penghuni neraka. 

Baca Juga: Ayam Kampung, Ayam Negeri, dan Ayam Broiler, Ini Aneka Ciri Perbedaannya

Diyakini selain 7 iblis terkuat ini sebenarnya ada sekitar 200 malaikat yang dicampakkan dari surga bersama. Adapun 7 iblis terkuat ini dikaitkan dengan 7 dosa mematikan manusia. 

Ini nama-nama iblis terkuat yang diyakini ada di Dunia dalam kepercayaan kristiani

Lucifer - iblis kesombongan

Melansir The Coolist, Lucifer tadinya merupakan anak yang paling dikasihi Tuhan. Namun Lucifer membangkang dan dibuang dari surga ke neraka. Lucifer kemudian menjadi penguasa neraka dan dianggap sebagai iblis terkuat. 

Lucifer digambarkan sebagai iblis yang menyerupai manusia namun memiliki sayap dan tanduk. Lucifer dikenal sebagai iblis yang selalu ingin dianggap jadi yang terbesar, terkuat dan terbaik. Sifat inilah yang mendorongnya melakukan pemberontakan di surga. Lucifer juga dianggap salah satu iblis kesombongan. 

Beelzebub - iblis kerakusan

Beelzebub juga termasuk salah satu nama iblis terkuat. Nama Beelzebub banyak muncul di dalam kitab agama, meski banyak teolog yang masih memperdebatkan keberadaannya. 

Namun, sebagai pangeran neraka iblis yang satu ini tidak dapat dianggap enteng. Beelzebub dapat dianggap berada di urutan kedua setelah Lucifer. 

Sebagai iblis kerakusan, Beelzebub selalu kelaparan. Iblis ini biasanya mempengaruhi hasrat manusia dan obsesi manusia terhadap kekayaan duniawi. Beelzebub digambarkan sebagai iblis yang dikelilingi lalat, bahkan dalam penggambaran lain juga dikatakan seperti lalat raksasa. 

Sathanas - iblis kemarahan

Dalam demonologi, Satan merupakan salah satu nama iblis. Nama ini juga paling kerap didengarkan oleh manusia. Sathanas dapat dianggap sebagai nama lain dari Satan. 

Satan, sebagai iblis kemarahan adalah iblis yang pemarah sehingga sering diasosiasikan dengan warna merah. Satan digambarkan sebagai iblis yang kerap mempengaruhi dan menggoda manusia jatuh ke delam dosa. 

Sebelum menjadi iblis, Satan merupakan malaikat yang ditugaskan untuk memenuhi murka dari Allah. Satan digambarkan sebagai makhluk yang memiliki kepala kambing. 

Leviathan - iblis iri

Nama iblis lainnya yaitu Leviathan. Namun Leviathan adalah iblis pertama yang bukan merupakan malaikat yang jatuh ke neraka. Leviathan adalah monster laut yang memiliki tulang menonjol di seluruh tubuhnya. Saking besarnya, mahkluk mitologi Kraken terlihat seperti kuda laut kecil di sampingnya. 

Ada banyak versi soal asal-usul iblis yang satu ini. Termasuk cerita soal Leviathan adalah binatang buas dari jurang maut yang dijinakkan oleh Allah hanya untuk berpihak pada Lucifer dan dicampakkan dari surga. 

Leviathan dianggap sebagai penjaga gerbang Neraka dan secara luas dianggap sebagai mulut neraka itu sendiri. 

Mammon - iblis keserakahan

Dalam hirarki iblis, dikenal juga nama iblis Mammon. Diambil dari bahasa latin yang artinya kekayaan, alkitab mengggambarkan Mammon sebagai iblis yang memangsa manusia yang suka harta dan kemewahan. 

Yesus dalam alkitab pernah menyebutnya saat berkata, “kamu tidak bisa menyembah Tuhan dan Mammon secara bersamaan.”

Belphegor - iblis kemalasan

Belphegor adalah salah satu nama iblis terkuat di neraka. Pangeran neraka ini adalah iblis yang selalu mencari jalan keluar paling mudah dari setiap masalah. 

Ketimbang membuat tangannya kotor, Belphegor lebih suka duduk dan selalu bisa menemukan cara untuknya tanpa harus bekerja keras. Belphegor bisa mempengaruhi pemikiran kita dengan cara mencari jalan keluar yang menguntungkan kita. 

Asmodeus - iblis nafsu

Asmodeus adalah nama iblis yang kita temui di film The Pope’s Exorcist. Dalam film tersebut, Asmodeus memberikan tipu muslihat atas nafsu orang yang akan memeranginya.

Asmodeus termasuk iblis yang sangat berpengaruh dalam hirarki iblis dan mengepalai 72 pasukan. Tugas Asmodeus adalah memastikan orang menyerah pada hasrat duniawi dan membuat mereka melanggar batas ketertarikan seksual. 

Baca Juga: Cek Toko Sebelah 2 Segera Tayang di Netflix, Simak Dulu Sinopsis Singkat Film Ini

Selain ketujuh nama iblis terkuat tersebut, umar kristiani juga mengenal nama-nama iblis lainnya. Nama-nama iblis yang cukup terkenal tersebut adalah Adramelech yang melayani Beelzebub, Baal-Berith, Astaroth dan Behemoth yang melayani Lucifer. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News