Bugar

Sederet Manfaat Daun Pegagan untuk Kesehatan. Cari Tahu Yuk!

Sederet Manfaat Daun Pegagan untuk Kesehatan. Cari Tahu Yuk!

MOMSMONEY.ID - Daun pegagan merupakan tanaman herbal yang dikenal memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan tubuh secara menyeluruh yang tak boleh Anda lewatkan.

Beberapa penelitian menemukan bahwa daun pegagan mengandung beragam nutrisi yang baik untuk tubuh, seperti Vitamin B, Vitamin C, Protein dan Mineral, dikutip dari Health Focus.

Selain itu, daun pegagan juga mengandung beberapa jenis antioksidan, seperti flavonoid, tanin, dan polifenol.

Baca Juga: Jarang Diketahui, Ini Manfaat Daun Meniran untuk Kesehatan

Dirangkum dari Web MD dan Health Focus, berikut ini adalah beberapa manfaat daun pegagan untuk kesehatan tubuh yang penting untuk diketahui, antara lain: 

Mengatasi sulit tidur 

Manfaat daun pegagan yang pertama bisa mengatasi sulit tidur. Sulit tidur bisa disebabkan oleh banyak hal, seperti gaya hidup tidak sehat, rasa cemas, atau konsumsi obat-obatan tertentu.

Jika dibiarkan tanpa penanganan, insomnia bisa menyebabkan penderitanya mengalami stres. Untuk mengatasi gangguan tidur tersebut, Anda bisa mengonsumsi ekstrak daun pegagan.

Menjaga fungsi otak

Manfaat daun pegagan yang kedua bisa menjaga fungsi otak. Daun pegagan mengandung antioksidan dan antiradang, sehingga baik untuk menjaga kesehatan jaringan tubuh, termasuk otak.

Sebuah riset juga menunjukkan bahwa konsumsi suplemen daun pegagan, dapat meningkatkan daya ingat dan mencegah terjadinya pikun atau demensia.

Mengurangi stres dan kecemasan

Manfaat daun pegagan yang ketiga bisa mengurangi stres. Daun pegagan juga bisa meningkatkan mood sehingga membantu mengobati stres, depresi, dan kecemasan yang Anda alami.

Centella asiatica dalam bentuk suplemen oral sebagai obat antidepresan terbukti membantumenurunkan stres, kecemasan, dan depresi.

Baca Juga: Inilah 5 Manfaat Daun Pandan, Salah Satunya Bisa Menurunkan Darah Tinggi

Mencegah efek penuaan dini

Manfaat daun pegagan selanjutnya juga membantu mencegah penuaan dini. Hal ini didapatkan dengan meningkatkan pembentukan kolagen, protein yang penting untuk jaringan kulit tubuh.

Meredakan nyeri sendi

Manfaat daun pegagan juga bisa Anda rasakan dari sifat anti-inflamasi yang dimilikinya. Hal ini dapat berguna dalam mengobatiradang sendi (arthritis). 

Selain itu, efek antioksidan dalam daun pegagan juga membantu penyembuhan dengan meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda.

Daun pegagan juga sebaiknya tidak digunakan oleh penderita penyakit tertentu, seperti gangguan fungsi hati dan hepatitis, karena bisa memperparah kondisi tersebut.

Agar lebih aman, konsultasikan dulu ke dokter jika ingin menggunakan daun pegagan untuk mengobati penyakit yang Anda alami. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News