Keluarga

Seberapa Penting Lakukan Self Care?

Seberapa Penting Lakukan Self Care?

MOMSMONEY. Memperhatikan kebahagian bagi diri sendiri sangatlah penting. Istilah self care belakangan jadi hal yang kini jadi perhatian banyak orang. Khususnya bagi anda yang sibuk dalam berbagai rutinitas kehidupan.

Tak banyak yang peduli arti sejati dari asa dan kebahagiaan diri. Namun, apa jadinya jika kita berhenti sejenak, dan berfikir kembali sudahkan memberi ruang dan waktu untuk kesejahteraan diri? Padahal berinvestasi waktu dan perhatian pada diri sendiri melalui self-care menjadi salah satu langkah penting untuk mencapai keseimbangan dan kebahagiaan dalam hidup.

Tiara Puspita, Psikolog menyebut semua orang sangat perlu menerapkan self care. Kegiatan memperhatikan kebahagiaan sendiri kata Tiara dibutuhkan setiap hari tanpa menunggu kondisi stress apalagi burn out. Dia menambahkan kesadaran untuk melakukan rutinitas perawatan diri telah diakui dan diperingati setiap tahunnya oleh komunitas internasional dimana melambangkan bahwa manfaat self-care dapat dirasakan sepanjang hidup, bukan hanya dalam satu hari saja. 

Self-care sendiri kata Tiara mengacu pada individual, keluarga, dan komunitas yang senantiasa menjaga kesehatan, mencegah penyakit, dengan atau tanpa dukungan dari tenaga kesehatan. Kita perlu lebih peka terhadap sinyal yang dikirimkan oleh tubuh dan pikiran. Tanpa disadari, diri kita sering memperlihatkan gejala sebagai sinyal yang mengingatkan akan perawatan diri, mulai dari tubuh yang kelelahan, mood dan pikiran mengalami kejenuhan, stres, hingga kecemasan.

Baca Juga: Inilah Deretan Produk yang Paling Diburu di Shopee

"Ketika anda merasa lelah, capek, dan terganggu secara mental, maka ambil waktu 10 menit atau apapun untuk melakukan self care. Anda juga bisa melakukan kegiatan bersama keluarga, anak atau apapun yang dibutuhkan untuk self care," kata Tiara di Media Gathering Shopee 12.12 di Jakarta, Rabu (6/12).

Menerapkan rutinitas self-care bukanlah sebuah hal yang sulit dan merepotkan. Selain memprioritaskan kesehatan fisik dan mental diri sendiri, hal ini juga dapat mendukung terciptanya hubungan yang baik dengan orang terdekat termasuk pasangan suami istri. Hal ini juga turut diutarakan oleh pasangan Nucha Bachri & Ario Pratomo, Co-Founder Parentalk.

Menemani pengguna menciptakan momen self-care terbaiknya, Shopee 12.12 Birthday Sale yang masih berlangsung hingga puncaknya di 12 Desember 2023 nanti menghadirkan deretan promo spesial Gratis Ongkir Rp0 Sepuasnya, Gebyar Promo Mobil 12RB dan Bonus Akhir Tahun 12M, serta ragam kelengkapan produk yang bisa dinikmati.

Daniel Minardi, Head of Brands Management & Digital Product Shopee Indonesia mengatakan  Self-care atau merawat diri baik membantu mewujudkan hidup yang lebih sehat, relaks dan bahagia. Penting untuk menerapkannya agar membantu kita menjadi produktif dan mengurangi tekanan dalam kegiatan sehari-hari.

"Kami berharap dapat memudahkan pengguna dalam menemukan berbagai kebutuhan perawatan diri terbaiknyaa," ujar Daniel.

Baca Juga: Cara Aktifkan Shopee Paylater, Bunga, dan Denda Jika Terlambat Bayar

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News