Keluarga

Sebelum Pindah, Kenali Jenis Kamar Studio Apartemen & Bedanya dengan 1 Kamar Tidur

Sebelum Pindah, Kenali Jenis Kamar Studio Apartemen & Bedanya dengan 1 Kamar Tidur

MOMSMONEY.ID -  Saat akan pindah ke apartemen Anda akan menemui jenis kamar studio, 1BR, 2BR dan 3BR. Apa maksud istilah tersebut? Lalu apa sebenarnya jenis kamar studio di apartemen? 

Apa itu jenis kamar studio di  apartemen?

Melansir My Move, jenis kamar studio di apartemen biasanya ditawarkan dengan harga yang paling murah. Jenis kamar ini juga memiliki luas yang paling kecil. Seluruh kegiatan Anda berada di dalam satu ruang yang sama. 

Baca Juga: Ini Warna Seprai yang Tepat biar Tidur Anda Lebih Nyenyak

Di kamar studio, biasanya dapur, ruang makan, tempat tidur dan area penyimpanan berada di ruang yang sama tanpa sekat. Area yang hanya disekat dengan dinding adalah kamar mandi. 

Kamar studio di apartemen biasanya berukuran 37 m2 hingga 55,7 m2. Karena ukurannya yang kecil, jenis kamar studio ini cocok untuk Anda yang berencana tinggal sendiri. Ini juga jenis kamar yang cocok untuk Anda yang baru pertama kali akan menyewa apartemen. 

Lalu jenis kamar 1BR menandakan adanya ruang terpisah untuk satu kamar tidur. Adapun 2BR terdiri dari dua kamar tidur dan 3BR berarti tiga kamar tidur. 

Nah jenis kamar tidur studio memiliki satu hal yang menarik yaitu tata letak yang sesuai dengan struktur bangunan dan desainnya yang unik. Setiap kamar tidur studio biasanya memiliki tata letak yang berbeda meski berada di satu gedung apartemen. 

Sebagai contoh, Anda akan menemukan dapur dengan partisi kecil. Di kamar lain Anda akan menemukan langit-langit yang tinggi untuk membuat loteng kecil sebagai tempat tidur. Terkadang ada juga kamar studio yang berbentuk L, ada juga yang berbentuk satu ruang kotak besar. 

Baca Juga: Ini lo Cara Bikin Kamar Tidur Anda Terasa Lebih Modern

Lalu apa perbedaan studio dengan apartemen dengan satu kamar tidur?

Perbedaan yang jelas yaitu jenis studio tidak memiliki pemisak di ruangan yang jelas. Sedangkan di apartemen satu kamar tidur memiliki pemisah yang jelas antara kamar dengan ruang tamu atau ruang keluarga. 

Selain itu apartemen dengan satu kamar tidur biasanya lebih luas. Jenis kamar ini memiliki luas 55,7 m2 hingga 83,61 m2. Dengan kamar yang memiliki luas lebih besar dari pada studio, maka biaya sewanya juga akan lebih mahal. 

Jadi apakah jenis kamar studio cocok untuk Anda? Tentu ini tergantung pada gaya hidup dan preferensi Anda. Selama Anda tak keberatan mengorbankan ruang gerak yang besar untuk mendapat harga yang lebih murah maka jenis kamar studio adalah pilihan yang tepat. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News