Keluarga

Sebelum Beli, yuk Kenali Jenis-Jenis AC supaya Tidak Salah Pilih

Sebelum Beli, yuk Kenali Jenis-Jenis AC supaya Tidak Salah Pilih

MOMSMONEY.ID - Saat udara di luar semakin panas, AC bisa jadi penyelamat di dalam rumah. Namun, sebelum membeli AC, ada baiknya Anda mengenali jenis-jenis AC ini, yuk.

Melansir Beter Homes & Gardens, ada beberapa jenis AC yang bisa Anda pilih mulai dari bentuknya, sistem, dan cara pemasangannya.

Sebelum memilih penyejuk ruangan untuk rumah Anda, ada baiknya mengetahui beberapa jenis AC yang bisa Anda pilih. 

Saat ini, untuk jenis AC yang kerap Anda temui di rumahan, ada AC standar dan AC inverter. Cari tahu juga, yuk, perbedaan kedua jenis AC ini.

Baca Juga: Jangan Sepelekan Alergi, Inilah Tanda-Tanda Alergi yang Harus Diwaspadai

1. AC sentral

Salah satu jenis AC yang umum adalah AC sentral. AC ini memiliki sistem yang didesin untuk mendinginkan seluruh isi rumah dengan mendorong udara dingin melalui saluran dan keluar melalui ventilasi. Ini mirip dengan cara kerja tungku untuk menghangatkan rumah.

AC sentral biasanya dikendalikan oleh termostat dan dirancang dengan kecerdasan untuk menyesuaikan suhu dan mengatur siklus pendinginan. Namun, AC ini biasanya dijual dengan harga yang cukup tinggi. 

2. AC jendela

AC sentral lebih sering digunakan di gedung besar atau kantoran. Sementara AC jendela ini memiliki harga yang jauh lebih murah.

AC jendela biasanya memiliki unit pendingin yang dipasang di jendela rumah. Bagian depan AC dipasang di dalam rumah sementara bagian belakang di luar rumah sebagai pembuangan udara yang dipasang di luar rumah. Serta, mendorong udara sejuk masuk ke dalam rumah. 

Baca Juga: 7 Makanan Super yang Bantu Cegah Kebotakan Akibat Rambut Rontok

3. AC pintar

Jenis AC yang satu ini sudah dilengkapi dengan sistem yang lebih pintar. Biasanya AC pintar ini dilengkapi aplikasi yang bisa Anda unduh di ponsel untuk mengaturnya. Jad Anda bisa mengatur AC bahkan dari jarak jauh. 

4. AC rumahan mini-split

AC rumahan mini-split tanpa saluran ini adalah AC yang sering Anda temui di rumah-rumah di Indonesia. AC ini terdiri dari kondensor luar ruangan dan blower kompak yang dipasang di dinding di dalam rumah. 

Dua komponen ini terkoneksi melalui saluran yang membawa zat pendingin refrigeran, saluran listrik dan saluran pembuangan uang mengosongkan akumulasi uap air di luar ruangan. 

Baca Juga: 8 Makanan Penurun Kolesterol yang Sehat dan Enak Dimakan

AC rumahan kini juga terdiri dari AC portable dengan sistem yang lebih sederhana. Cukup Anda letakan AC portable di dekat jendela dan stop kontak. AC bisa langsung menyala dan pembuangan air bisa keluar melalui jendela. 

Nah, saat ini AC rumahan juga memiliki jenis AC inverter. Melansir Kompas.com, AC inverter memiliki sistem menggunakan kompresor terkontrol untuk mendinginkan ruangan. Kompresor ini befungsi untuk  mengubah freon menjadi cair dan menghasilkan udara dingin. 

AC Inverter ini mengontrol frekuensi arus listrik yang masuk ke kompresor. Sehingga kompresor bisa berjalan pada kecepatan yang berbeda dan lebih hemat energi. AC ini bisa mengurangi ecepatan saat suhu udara sudah dingin.

Demikian 4 jenis AC yang bisa Anda temui di pasaran. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News