M O M S M O N E Y I D
Keluarga

Salah Satunya Minum Teh, Ini 4 Kebiasaan Makan untuk Memperlambat Penuaan

Penulis: Ana Risma  |  Editor: Ana Risma


MOMSMONEY.ID - Inilah 4 kebiasaan makan untuk memperlambat penuaan yang layak dijajal jika ingin awet muda.

Sudah semestinya kita menerapkan kebiasaan sehat untuk menjaga tubuh tetap sehat dan aktif layaknya selalu muda.

Kebiasaan sehat juga harus diterapkan dalam hal makan. Pasalnya, apa yang kita makan dapat berpengaruh signifikan pada proses penuaan tubuh.

Melansir laman Eat This, Not That!, ada beberapa kebiasaan makan untuk memperlambat penuaan menurut sains. Berikut 4 di antaranya yang layak dijajal.

Baca Juga: Moms, Ini 5 Jenis Obat Herbal yang Bisa Membantu Melancarkan ASI

1. Konsumsi cairan dengan cukup

Kebiasaan makan untuk memperlambat penuaan yang pertama yaitu mengonsumsi cairan dengan cukup. Tubuh membutuhkan hidrasi yang tepat agar tetap sehat dan berfungsi seiring bertambahnya usia. Jadi, pastikan Anda mencukupi asupan air harian Anda dengan baik.

Menurut Academy of Nutrition and Dietetics, wanita membutuhkan sekitar 11,5 gelas air per hari dan pria membutuhkan sekitar 15,5 gelas air per hari. Jumlah ini berasal dari konsumsi makanan maupun minuman.

Untuk minuman, pilihlah minuman yang bebas kalori seperti air putih. Selain itu, Anda juga bisa mengonsumsi minuman yang mampu memberikan nutrisi seperti 100% jus buah dan sayuran serta susu rendah lemak atau susu kedelai.

2. Perbanyak makan buah dan sayuran

Kebiasaan makan untuk memperlambat penuaan yang kedua yaitu memperbanyak makan buah dan sayuran. Menurut Centers for Disease Control, hanya 1 dari 10 orang dewasa yang mengonsumsi buah dan sayuran sesuai jumlah yang disarankan. Padahal, kedua hasil bumi ini menyediakan banyak antioksidan.

Adapun antioksidan yang terkandung dalam buah dan sayuran terbukti dapat membantu melindungi sel dari radikal bebas yang berpotensi menyebabkan penuaan.

Jadi, apabila Anda ingin senantiasa awet muda dalam hal performa tubuh maupun penampilan, pastikan untuk memasukkan buah dan sayuran ke dalam menu harian Anda sekarang juga.

Baca Juga: Cegah dan Obati Infeksi Tenggorokan pada Anak Dengan Cara Sederhana Ini

3. Minum teh

Kebiasaan makan untuk memperlambat penuaan yang ketiga yaitu minum teh. Berdasarkan sebuah studi yang diterbitkan dalam American Journal of Clinical Nutrition, wanita lanjut usia yang rutin minum teh memiliki risiko patah tulang yang lebih rendah. Juga, cenderung memiliki kepadatan mineral tulang yang lebih kuat dibandingkan mereka yang tidak minum teh.

Seperti kita tahu, seiring bertambahnya usia, kepadatan mineral tulang cenderung menurun. Akibatnya, patah tulang pun menjadi lebih mungkin menyerang.

Kabar baiknya, kandungan flavonoid dalam teh dapat membantu meminimalkan risiko tulang rapuh atau osteoporosis, menurut para peneliti dari studi tersebut.

4. Konsumsi kacang-kacangan dan biji-bijian

Kebiasaan makan untuk memperlambat penuaan yang keempat yaitu mengonsumsi kacang-kacangan dan biji-bijian.

Baik kacang-kacangan maupun biji-bijian, keduanya menyediakan vitamin E dalam jumlah yang baik. Vitamin E sendiri termasuk antioksidan yang bermanfaat untuk membantu melindungi membran sel dari kerusakan akibat radikal bebas terutama yang disebabkan oleh sinar UV.

Saat sel terlindungi dari kerusakan, risiko penuaan dini pun akan berkurang secara signifikan. Tak percaya? Silakan buktikan!

Demikian 4 kebiasaan makan untuk memperlambat penuaan yang layak dijajal. Semoga bermanfaat ya, Moms.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

TERBARU

Promo PSM Alfamart Periode 8-15 Agustus 2026, Frisian Flag Beli 2 Hanya Rp 10.500

Manfaatkan promo PSM Alfamart periode 8-15 Agustus 2026 untuk belanja lebih hemat. Cek promonya di sini.

Prakiraan Cuaca Bali Besok (11/8) Cerah hingga Berawan, Begini Rinciannya

Prakiraan cuaca Bali Selasa (11/8) menunjukkan kondisi cerah hingga berawan. Simak ramalan tiap wilayah dan suhu tertingginya.

Katalog Promo Alfamidi Hemat Satu Pekan 10-16 Agustus 2026, Belfoods Beli 1 Gratis 1

Hingga 16 Agustus 2026 mendatang, ada promo Alfamidi Hemat Satu Pekan yang dapat Anda manfaatkan. Cek di sini.

Harga Emas Dunia Bertahan di atas US$ 4.300, Apa Pemicunya?

Harga emas dunia bertahan di atas US$ 4.300 per troi ons setelah data pekerjaan AS melemah dan meredakan spekulasi kenaikan suku bunga The Fed.

Promo Superindo Weekday Spesial Anniversary 10-13 Agustus 2026, Rinso Diskon 45%

Cek promo Superindo Weekday hari ini periode 10-13 Agustus 2026 untuk belanja hemat di Superindo terdekat awal pekan ini.

Syailendra Capital Luncurkan ETF Emas Syariah (XSGO), Bisa Dibeli Mulai Rp 100.000

Instrumen baru ETF emas menawarkan kemudahan transaksi, transparansi harga, dan efisiensi biaya bagi investor.

Terbatas 5 Hari! Cek Promo Richeese Factory Merdeka Duo, Paket Hemat & Lengkap Berdua

Jangan lewatkan promo Richeese Factory terbatas dari tanggal 10-14 Agustus 2026. Nikmati aneka paket ayam lezat dengan harga irit.

Dari Lapangan Sederhana, Anak-Anak Ini Mengejar Mimpi Jadi Pesepak Bola

Mendukung mimpi anak lewat olahraga, ini pentingnya orangtua memberi ruang untuk si kecil berkembang.

Tonton 5 Film Ini Jika Anda Suka Olahraga Tinju, Menegangkan tapi Seru

Banyak film yang memiliki tema tinju dan bisa ditonton sebagai hiburan menarik. Seperti beberapa rekomendasinya berikut ini.

Tak Banyak Dibicarakan, Ini Alasan Menopause Perlu Jadi Perhatian Perempuan

Menopause masih jarang dibicarakan, akses informasi dan produk ramah menopause jadi hal yang penting.