MOMSMONEY.ID - Tidak hanya wajah yang perlu mendapat perhatian dalam perawatannya, rambut juga harus dirawat agar berkilau dan sehat. Hanya saja, dengan kondisi cuaca panas dan lembap yang membuat kulit kepala lebih cepat berminyak, sementara polusi dan debu memperburuk kondisi rambut mudah lepek.
Dengan kondisi itu, membersihkan rambut jadi hal penting yang harus dilakukan setiap orang. Celebrity Hairstylist sekaligus Certified Trichologist, Rey Nathanael mengatakan pada dasarnya paparan panas matahari ke kepala dan polusi membuat kondisi rambut tidak bersih dan sehat. Agar rambut tampak bersih, lembut dan bersih penting untuk anda keramas. "Sekali dalam sehari tidak apa-apa yang penting rambut bersih," ujar Rey saat peluncuran merek Woshday di Jakarta Selatan, Selasa (11/11) lalu.
Berdasarkan survei JakPat terhadap 3.041 responden di Indonesia, sebanyak 26,1% di antaranya mengalami masalah rambut lepek dan berminyak, yang semakin diperparah oleh paparan panas matahari dan polusi harian.
Data JakPat juga menunjukkan bahwa Oily Scalp dan Oily Hair menempati dua besar permasalahan rambut utama yang dialami konsumen Indonesia, dengan sekitar 40% mengalami kulit kepala berminyak dan 30% menghadapi rambut berminyak. Hal ini juga terlihat dari peningkatan pencarian di Sociolla untuk produk dengan klaim seperti ‘anti-lepek,’ ‘lightweight shampoo,’ ‘for oily scalp,’ hingga ‘scalp-soothing treatment’.
Menjawab kebutuhan tersebut, Rey pun meluncurkan rangkaian produk perawatan kulit kepala dan rambut dengan label Woshday. "Saya percaya perawatan rambut harus dimulai dari kesehatan kulit kepala, sehingga dengan konsep ini, Woshday dapat memadukan kualitas dan inovasi ilmiah untuk memberikan solusi perawatan rambut tropis yang efektif, menjaga rambut tetap bervolume dan bebas lepek lebih lama,” ucap Rey.
Baca Juga: Promo 11.11 Sociolla Periode 11 November 2025, Cushion-Ampoule Diskon hingga 80%
Berangkat dari permasalahan tersebut, Woshday merumuskan rangkaian produk yang mampu membersihkan secara menyeluruh tanpa mengurangi kelembapan alami, menjaga batang rambut tetap lembut, serta memberikan volume alami pada rambut. Dengan formula lembut yang bekerja layaknya skincare, Woshday membantu menjaga keseimbangan minyak, melembutkan, sekaligus memberikan tampilan rambut lebih awet, segar, dan bervolume lebih lama.
Sedikit bercerita, Rey bilang formula Woshday telah mengalami trial dan error dari tiga tahun lalu. Dirinya bekerja sama dengan para ahli di bidangnya, melakukan riset mendalam, dan mengumpulkan feedback dari Woshfam, anggota komunitas untuk memastikan hasilnya benar-benar terbukti.
"Dari berbagai uji coba dan riset tersebut, lahirlah konsep “The Skincare-Infused Scalp & Hair Expert”, yaitu perawatan rambut yang memadukan science dan skincare-quality ingredients,” tambah Rey.
Melalui uji coba terhadap lebih dari 250 anggota komunitas Woshfam, sebanyak 92% responden menyatakan bahwa Shampoo Woshday membantu mencegah rambut mudah lepek meskipun di cuaca panas dan lembap, sementara 92% lainnya menilai Conditioner Woshday menjaga rambut tetap bervolume dan ringan.
Temuan ini kemudian disempurnakan melalui proses riset dan uji performa selama tiga tahun, menghasilkan produk clean-formulated, tanpa tambahan silikon namun tetap memberikan hasil yang efektif dan sesuai dengan kebutuhan rambut di iklim tropis Indonesia.
Saat ini, Woshday menyediakan rangkaian produk perawatan kulit kepala dan rambut yang terdiri dari:
Baca Juga: Promo Sociolla Road to 11.11 Periode 3-10 November 2025, Tirtir-Anua Diskon s/d 65%
Scalp Purifying Shampoo: Dengan kandungan unggulan Suga®Nate dan Apple Cider Vinegar, shampo ini mampu membersihkan secara menyeluruh tanpa membuat rambut kering, mengangkat kotoran, minyak berlebih, dan product build-up agar kulit kepala dapat ‘bernapas’ dengan segar dan sehat. Rambut terasa ringan dan bebas lepek sepanjang hari.
Hair Volumizing Conditioner: Kombinasi kandungan Aminosensyl™ HC, Green Tea, dan Panthenol melembutkan dan mengurai rambut kusut tanpa meninggalkan residu. Menggunakan lightweight conditioning agent yang bebas silikon, sehingga rambut dapat ‘bernapas’, menyerap nutrisi dengan optimal, serta tetap lembut, berkilau, dan mengembang alami.
Kehadiran Woshday menambah warna baru dalam kancah brand lokal yang fokus pada perawatan rambut, sekaligus memperkuat kategori haircare di Sociolla yang menunjukkan peningkatan signifikan dari tahun ke tahun.
Berdasarkan data SOCO Insight Factory, kategori hair & scalp care mengalami pertumbuhan lebih dari dua kali lipat dalam kurun dua tahun terakhir (2023–2025). Tren ini didorong oleh meningkatnya kesadaran konsumen akan pentingnya merawat rambut dan kulit kepala sebagai bagian dari rutinitas self-care, mencakup berbagai kebutuhan seperti perawatan kulit kepala, anti-lepek, hingga perawatan rambut kering dan rusak.
Chrisanti Indiana, Co-founder & CMO Social Bella menyampaikan tingginya minat terhadap bahan seperti ceramide, peptide, centella, dan botanical extracts yang membantu menjaga keseimbangan kulit kepala ini menunjukkan bahwa semakin banyak konsumen mencari produk yang ringan, bersih, dan efektif menjaga rambut tetap segar di iklim tropis.
"Produk dengan konsep skincare for hair, seperti Woshday, kini menjadi pilihan konsumen. Kami mendukung brand lokal dan memperluas akses nasional maupun global melalui ekosistem omnichannel yang terintegrasi," sebut Chrisanti Indiana.
Rangkaian produk Woshday hadir perdana dan eksklusif di platform online Sociolla.com pada 11 November 2025 dan tersedia di seluruh toko omnichannel Sociolla mulai 13 November 2025 dengan harga Rp 249.000 per botol (340ml) untuk Scalp Purifying Shampoo maupun Hair Volumizing Conditioner.
Baca Juga: Sociolla Bagi Empat Tren Produk Kecantikan 2025 Untuk Gen Z
Selanjutnya: Kinerja Emiten Properti Kawasan Industri Masih Tertahan, Ini Kata Analis Mirae
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News