Santai

Puncak Arus Mudik Diperkirakan Besok, Jumlah Pemudik di Bandara AP II Tembus 300.000

Puncak Arus Mudik Diperkirakan Besok, Jumlah Pemudik di Bandara AP II Tembus 300.000

MOMSMONEY.ID - Masyarakat sudah mulai melakukan mudik Lebaran. PT Angksa Pura (AP) II mengatakan, arus mudik sudah berlangsung sejak 3 April dan diperkirakan puncak arus mudik akan terjadi pada Sabtu (6/4).

Jumlah penumpang di bandara-bandara AP II pun diperkirakan akan tembus 300.000 orang.

"Puncak arus mudik diperkirakan 6 April atau H-4, dengan jumlah penumpang di 20 bandara diperkirakan mencapai 317.835 penumpang," ujar Agus Wialdi dalam keterangan tertulis, Jumat (5/4).

Khusus di Bandara Soekarno-Hatta, jumlah penumpang pada puncak arus mudik diproyeksikan mencapai 188.795 orang.

Agus pun mengatakan, AP II telah menyiapkan rencana operasi untuk memastikan kelancaran pelayanan dan operasional bandara di tengah tingginya lalu lintas penerbangan termasuk pada puncak arus mudik.

Titik penting yang menjadi fokus di tengah tingginya lalu lintas penerbangan termasuk pada puncak arus mudik,  seperti area check in counter, boarding lounge, hingga pengaturan flow penumpang pesawat dan pengaturan slot time irregular di waktu sibuk.

"Pengaturan penggunaan check in counter dan pengaturan boarding lounge akan direncanakan dengan baik, termasuk menyediakan holding bay bagi penumpang pesawat jika diperlukan," kata Agus.

Baca Juga: Pelni Usahakan Seluruh Kapal Sesuai Jadwal Selama Lebaran

Sementara titik penting saat kedatangan penumpang antara lain layanan bagasi di baggage claim area dan ketersediaan moda transportasi darat.

Agus bilang, AP II terus berkoordinasi dengan pihak ground handling terkait penanganan bagasi penumpang pesawat.

"Kami harapkan, dengan kolaborasi yang erat di antara seluruh stakeholder, penanganan bagasi oleh ground handling dapat memenuhi standar mulai dari bagasi diturunkan dari pesawat sampai masuk ke conveyor belt untuk kemudian di ambil penumpang," ujar Agus.

Koordinasi juga dilakukan dengan maskapai untuk merencanakan dengan baik alokasi parkir pesawat untuk kemudahan pelayanan kepada para penumpang pesawat.

Adapun hari ini, Komisi V DPR melakukan Kunjungan Kerja ke Bandara Soekarno-Hatta dalam rangka peninjauan kesiapan infrastruktur dan transportasi pada penyelenggaraan mudik Lebaran di Provinsi Banten.

Dalam kunjungan tersebut, Direktur Teknik PT Angkasa Pura Indonesia M. Suriawan Wakan menyebutkan, seluruh fasilitas operasional dan pelayanan dipastikan dalam kondisi baik dalam periode angkutan Lebaran 2024.

Selanjutnya: World Food Prices Rebound From Three-Year Low, Says UN Agency

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News