Santai

Perayaan Waisak, Diperkirakan Ada 300.000 Kunjungan Wisatawan ke Candi Borobudur

Perayaan Waisak, Diperkirakan Ada 300.000 Kunjungan Wisatawan ke Candi Borobudur

MOMSMONEY.ID -  Peringatan Tri Suci Waisak yang jatuh pada 23 Mei 2023 diperkirakan akan mampu meningkatkan kunjungan wisatawan. 

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno memperkirakan akan ada 300.000 kunjungan wisatawan, baik nusantara maupun mancanegara ke kawasan Candi Borobudur, Jawa Tengah dalam peringatan waisak tahun ini.

Sandiaga menjelaskan, puncak perayaan Waisak tidak hanya bersifat krusial dan sakral bagi umat Buddha di Indonesia, namun juga menarik bagi wisatawan nusantara dan mancanegara.

"Kalau di Candi Borobudur kami mengekspektasi 3000.000 wisatawan selama long weekend ini," kata Sandiaga dalam keterangan tertulis, Senin (20/6).

Sementara itu,  Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggara Kegiatan (Events) Kemenparekraf Vinsensius Jemadu, menambahkan puncak peringatan Waisak di kawasan Borobudur diyakini mampu memberikan pengalaman spiritual bagi para pengunjungnya.

Baca Juga: KAI Operasikan 20 KA Tambahan Selama Long Weekend, Ini Daftarnya

Selain itu, para wisatawan juga bisa menikmati kekayaan sejarah dan budaya yang ada di Borobudur dan sekitarnya.

"Saya yakin sekali itu dengan target 300.000 (kunjungan) dan spending yang jauh lebih besar kita pasti akan mendapatkan (pergerakan ekonomi) ini," ujanya.

Dia juga mengatakan pihaknya sudah mengembangkan Borobudur Trail of Civilization dengan 14 sub tema yang ada, yakni berkaitan dengan kuliner, wellness, dan beberapa desa wisata yang diperkirakan bisa diramu dalam suatu paket wisata yang bisa menambahkan nilai kepada wisatawan.

Chief Marketing Officer InJourney, Maya Watono juga mengatakan bahwa perayaan Waisak yang jatuh pada masa long weekend ini diyakini mampu menarik kedatangan wisatawan ke kawasan Borobudur. Sehingga, banyak persiapan yang telah pihaknya lakukan untuk menyambut perayaan ini.

Dia mengatakan, pihaknya sudah menyiapkan pelepasan 2.560 lampion pada detik Waisak bersamaan dengan tahun Waisak 2568.

"Dan ekspektasinya ada doa bersama sekitar 8.000 umat Buddha yang akan berdoa bersama di Candi Borobudur dari atas sampai ke Marga utama Candi Borobudur," ujar Maya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News