Santai

Penyebab Pengisian Daya Ponsel Lambat Beserta Cara Mengatasinya

Penyebab Pengisian Daya Ponsel Lambat Beserta Cara Mengatasinya

MOMSMONEY.ID - Pernahkah Anda mengalami pengisian daya ponsel lambat? Ternyata, ada beberapa penyebab pengisian daya ponsel lambat lo.

Agar pengisian daya ponsel menjadi cepat, Anda perlu mengetahui beberapa penyebab dan faktor yang memengaruhi pengisian daya ponsel lambat.

Pengisian daya ponsel lambat berpengaruh dengan kondisi baterai HP Anda. 

Baca Juga: 5 Cara Mengatasi HP Tidak Bisa Dicas atau Isi Daya Ulang secara Normal

Berikut faktor penyebab pengisian daya ponsel lambat:

1. Daya dan tegangan pengisi daya

Rumus untuk menghitung kecepatan pengisian daya ( Watt ) adalah Tegangan ( Volt ) × Arus ( Ampere ). 

Jadi, pengisi daya berdaya lebih tinggi, seperti 30W dibandingkan 15W, akan mengalirkan lebih banyak daya ke ponsel Anda dan mengisi dayanya lebih cepat, asalkan ponsel Anda mendukung 30W.

2. Kualitas kabel pengisian daya

Tidak semua kabel pengisi daya dibuat sama. Kabel berkualitas tinggi dengan kawat yang lebih tebal dan insulasi yang lebih baik dapat mengalirkan lebih banyak arus dengan resistansi yang lebih rendah, sehingga pengisian daya menjadi lebih cepat.

Selain itu, kabel yang mendukung standar pengisian daya cepat, seperti USB Power Delivery (PD) atau Qualcomm Quick Charge, dapat lebih meningkatkan kecepatan pengisian daya.

3. Kesehatan dan kapasitas baterai

Ilustrasi HP

Baca Juga: Cara Mengatasi Touchpad Laptop Tidak Berfungsi saat Dicharger

Seiring berjalannya waktu, baterai ponsel tidak dapat menyimpan daya sebaik saat masih baru. Baterai yang lama mungkin sulit untuk mengisi daya secepat dan selengkap dulu.

Memeriksa status kesehatan baterai secara berkala dan menggantinya dengan yang baru jika rusak dapat menjaga kecepatan pengisian daya tetap prima.

4. Suhu dan kondisi lingkungan

Pengisian daya pada suhu yang sangat tinggi atau rendah tidak baik untuk baterai litium dan dapat memperlambat prosesnya. Ruangan dengan suhu sedang dan nyaman adalah yang terbaik untuk mendapatkan pengisian daya tercepat pada ponsel Anda.

5. Proses latar belakang dan penggunaan

Menonton video, menggunakan aplikasi yang boros daya, bermain game, atau membiarkan layar menyala dapat mengalihkan daya dari pengisian daya baterai. 

Untuk memaksimalkan kecepatan pengisian daya, pertimbangkan untuk menutup aplikasi yang tidak diperlukan dan membatasi penggunaan ponsel, sehingga ponsel dapat memfokuskan energinya untuk mengisi daya baterai.

6. Sumber daya

Baik Anda mengisi daya dari stopkontak di dinding, port USB di komputer, atau power bank, sumber daya akan memengaruhi kecepatan pengisian daya. 

Baca Juga: Rekomendasi 5 Tablet Menggambar Terbaik di Tahun 2024, Cocok untuk Pemula

Mencolokkan langsung ke stopkontak biasanya lebih cepat karena dapat menyediakan sumber listrik yang paling stabil dan kuat.

7. Port pengisian daya dan konektor

Port pengisian daya dan konektor kabel memengaruhi kecepatan pengisian daya ponsel. Jika kotor atau rusak, keduanya dapat mengganggu efisiensi transfer daya. 

Cobalah untuk menjaga port pengisian daya tetap bersih dengan meniup atau menyikat debu dan serat kantong. 

Periksa juga konektor kabel untuk mengetahui apakah ada yang rusak, dan beli yang baru jika ada yang terlihat tidak beres. Jika semuanya dalam kondisi baik, Anda akan mengoptimalkan aliran arus dan kecepatan pengisian daya.

Jadi, begitulah informasi mengenai faktor penyebab pengisian daya ponsel lambat beserta cara mengatasinya. 

Selanjutnya: Kebijakan Kemasan Rokok Polos Memicu Maraknya Peredaran Rokok Ilegal

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News