Santai

Penyebab Bintik Hitam di Kamera iPhone, Begini Cara Memperbaikinya

Penyebab Bintik Hitam di Kamera iPhone, Begini Cara Memperbaikinya

MOMSMONEY.ID - Kamera iPhone membantu Anda mengambil gambar dan foto yang menakjubkan. Namun, bagaimana jika ada bintik hitam di kamera iPhone? 

Jangan khawatir, ada cara memperbaiki bintik hitam di kamera iPhone. Anda perlu mengetahui penyebab bintik hitam di kamera iPhone tersebut. 

Jika Anda menjatuhkan perangkat Anda atau mengalami kerusakan fisik lainnya, hal itu dapat menyebabkan titik hitam pada kamera iPhone Anda. 

Baca Juga: WhatsApp Ngelag Setelah Menerima Pesan? Simak Cara Mengatasi Virtex WA

Jika memang demikian, periksa dulu lensa kamera iPhone Anda apakah ada kerusakan fisik.

Mengutip Guilding Tech, ada beberapa penyebab bintik hitam di iPhone. Berikut penyebabnya :

- Ada kotoran atau noda pada lensa kamera iPhone. 

- Perangkat lunak iPhone kadaluwarsa. 

- Pelindung layar atau casing perangkat menghalangi lensa kamera. 

- Kamera iPhone tidak berfungsi dengan baik dengan aplikasi pihak ketiga. 

Sekarang, lanjutkan ke bagian selanjutnya untuk semua metode pemecahan masalah untuk membantu Anda memperbaiki masalah ini di iPhone Anda.

Nah, berikut ini cara memperbaiki bintik hitam di kamera iPhone :

1. Lepaskan Casing iPhone dan Pelindung Layar

Bocoran desain iPhone 15 Pro

Anda bisa melepaskan casing iPhone jika ingin mengambil foto. Meskipun casing ponsel dirancang untuk melindungi perangkat, casing tersebut dapat menghalangi kamera.

Selain itu, jika Anda menggunakan pelindung layar apa pun di atas lensa kamera, bersihkan atau lepaskan secara menyeluruh. 

2. Mulai ulang iPhone

Jika Anda telah memperhatikan titik gelap pada gambar Anda sejak boot sistem terakhir, memulai ulang perangkat Anda mungkin dapat membantu memperbaikinya. 

Dengan cara ini, perangkat Anda akan menutup semua layanan dan fitur dan memulainya lagi, memperbaiki bug atau kesalahan apa pun dari perangkat yang dihidupkan ulang sebelumnya.

Baca Juga: Cara Panggilan Darurat di HP Android dan iPhone beserta Nomor Darurat Indonesia

3. Bersihkan Lensa Kamera iPhone

Titik gelap pada kamera iPhone Anda tidak harus berupa kesalahan perangkat lunak. Jika lensa kamera Anda memiliki noda atau jenis kotoran lainnya, itu juga dapat menambah noda hitam pada foto Anda. 

Dalam hal ini, ambil kain lembut atau mikrofiber dan bersihkan lensa kamera iPhone Anda dengan lembut. 

Anda juga bisa menggunakan larutan pembersih ringan atau air untuk menggosok noda dengan lembut. Kemudian, ambil foto dan periksa lagi.

4. Gunakan Aplikasi Kamera Asli iPhone

Jika Anda menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk mengakses kamera iPhone Anda dan melihat titik hitam di foto Anda, mungkin sudah waktunya untuk membuang aplikasi tersebut.

Karena sebagian besar aplikasi biasanya memungkinkan Anda untuk mengunggah gambar dari galeri, Anda dapat menggunakan aplikasi kamera asli iPhone untuk mengambil gambar dan kemudian mengunggahnya ke aplikasi pihak ketiga yang relevan.

Untuk melakukan ini, ketuk ikon kamera di layar beranda iPhone Anda. Sekarang, gunakan aplikasi kamera dan periksa apakah bintik hitam masih terlihat.

5. Periksa Pembaruan iOS

Pembaruan memungkinkan perangkat Anda tetap mengikuti perubahan terbaru dan membantu memperbaiki bug perangkat lunak apa pun yang mungkin terjadi sejak atau karena pembaruan sebelumnya. 

Baca Juga: Tak Sulit, Simak 7 Cara Mengatasi WiFi Laptop Tidak Tersambung atau Connected

Ini juga berarti bahwa jika iPhone Anda saat ini kedaluwarsa, mungkin tidak berfungsi seperti yang diharapkan. 

Untuk memperbaikinya, Anda dapat memeriksa dan menginstal pembaruan perangkat lunak terbaru secara manual. 

6. Setel Ulang iPhone

Sekarang, jika Anda masih mendapatkan titik hitam di foto Anda setelah mencoba perbaikan di atas, pertimbangkan untuk mengatur ulang iPhone Anda sebagai upaya terakhir. 

Dengan cara ini, jika masalahnya memang berbasis perangkat lunak, itu akan teratasi setelah perangkat Anda selesai mengatur ulang.

7. Hubungi dukungan Apple

Jika Anda telah mencoba semua perbaikan pemecahan masalah di atas, dan masih mendapatkan titik hitam saat mengambil foto, hubungi dukungan Apple. 

Di sini, jelaskan pertanyaan Anda sedetail mungkin untuk mendapatkan resolusi cepat.

Selain itu, Anda juga dapat mengunjungi penyedia layanan resmi Apple terdekat untuk memeriksakan kamera iPhone Anda untuk masalah perangkat keras.

Itulah beberapa cara mengatasi bintik hitam di kamera iPhone. Anda bisa mencobanya sendiri sebelum pergi ke Apple Center untuk memperbaikinya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News