Santai

Penggunaan SPKLU PLN Meningkat 5 Kali Lipat Selama Mudik Lebaran

Penggunaan SPKLU PLN Meningkat 5 Kali Lipat Selama Mudik Lebaran

MOMSMONEY.ID - Pengguna kendaraan listrik terus mencatatkan peningkatan, begitu juga saat mudik tahun ini. Ini pun berdampak pada penggunaan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU).

 PT PLN mencatat, hingga H+7 Idul Fitri tahun 2024, jumlah transaksi di SPKLU mencapai 11.377 transaksi atau meningkat 5 kali lipat dibandingkan tahun 2023 yang sebanyak 2.275 transaksi. 

Seiring dengan peningkatan transaksi, jumlah konsumsi listrik juga ikut meningkat. Realisasi konsumsi listrik di SPKLU hingga H+7 Idul Fitri 2024 mencapai 226,5 Mega Watt hour (MWh), atau meningkat 5,2 kali lipat dibandingkan tahun 2023 sebesar 43,5 MWh. 

Untuk mendukung kelancaran arus mudik lebaran, khususnya memenuhi kebutuhan pemudik yang menggunakan kendaraan listrik, PLN menghadirkan 1.299 unit SPKLU yang tersebar di 879 lokasi.

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo mengatakan, penyediaan SPKLU jadi salah satu fokus pihaknya saat libur lebaran tahun ini.

"Minat masyarakat untuk menggunakan kendaraan listrik semakin meningkat. PLN menjawab kebutuhan itu dengan menyediakan fasilitas SPKLU di setiap titik strategis dan seluruh rest area tol di jalur mudik," kata Darmawan dalam keterangan tertulis, Minggu (21/4).

Baca Juga: Dukung Pengusaha Perempuan, Commonwealth Gerakkan Literasi Keuangan

Bukan hanya itu, Darmawan juga mengatakan ada lebih dari 3.500 petugas yang disiagakan di setiap SPKLU yang membantu pengguna mobil listrik saat melakukan pengisian daya, sehingga pengguna mobil listrik bisa semakin nyaman.

Penyediaan SPKLU ini bukan hanya demi kebutuhan saat Idul Fitri, tetapi juga untuk mendukung transisi energi dari kendaraan berbasis Bahan Bakar fosil ke kendaraan listrik yang ramah lingkungan.

Untuk menambah kenyamanan pengguna kendaraan listrik saat libur Idul Fitri lalu, PLN telah menambah beberapa fitur pada Aplikasi PLN Mobile, sehingga masyarakat pengguna kendaraan listrik semakin nyaman dalam melakukan perjalanan jarak jauh.

“Kami hadirkan fitur Trip Planner di PLN Mobile. Saudara-saudara kita jadi bisa membuat rencana perjalanan jarak jauh menggunakan kendaraan listrik, sehingga mereka tidak khawatir dalam menentukan dan mencari lokasi SPKLU,” jelas Darmawan.

Lebih lanjut, Darmawan meyakini melalui pengalaman tahun ini, di tahun depan akan lebih banyak pemudik yang menggunakan kendaraan listrik.  Karenanya, dia memastikan  SPKLU yang ada bisa beroperasi dengan optimal, sehingga pengguna kendaraan listrik tetap nyaman dalam melakukan perjalanan jauh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News