Santai

Pastor dan Paus itu Beda? Kenali Bedanya Lewat Hierarki Gereja Katolik Roma Ini

Pastor dan Paus itu Beda? Kenali Bedanya Lewat Hierarki Gereja Katolik Roma Ini

MOMSMONEY.ID - Apakah Anda salah satu yang masih bingung dengan hierarki dalam gereja Katolik Roma? Apa beda Paus dan Romo, ya?

Dalam agama Katolik dikenal istilah hierarki yang digunakan sebagai prinsip tata susunan kedudukan dalam penggembalaan gereja.

Struktur hierarki gereja Katolik sendiri hingga kini masih menggunakan tatanan yang sama dengan gereja perdana yang muncul di awal abad kedua.

Nah, ketahui hierarki gereja Katolik Roma berikut agar tahu beda Paus dan Romo, ya.

Baca Juga: Ternyata Ini Alasan Paus Fransiskus Tolak Pakai Pesawat dan Mobil Mewah

Diakon

Dalam hierarki pemimpin gereja Katolik, jabatan paling bawah adalah diakon. Tugas diakon adalah menjadi pembantu uskup maupun imam. Namun, para diakon tidak dapat menggantikan peran uskup atau imam untuk memimpin gereja, ya.

Imam

Imam atau yang lebih akrab disebut dengan pastor atau romo ada di tingkat hierarki lebih tinggi dari diakon. Untuk bisa menjadi imam, seseorang harus menjalani pendidikan di biara dan memenuhi kaul-kaul Katolik.

Selain itu, ada sakramen yang harus diterima para imam sebelum resmi menjadi pastor atau romo. Yaitu Sakramen Imamat sebagai sakramen pentahbisan. Jika sudah dilantik, maka imam atau romo atau pastor bisa memimpin ibadah gereja.

Baca Juga: Ini Link Live Streaming Kunjungan Paus Fransiskus ke Indonesia

Uskup

Uskup punya kedudukan yang lebih tinggi dari imam dalam sistem hierarki gereja Katolik. Uskup ditempatkan di banyak daerah di dunia sebagai pemersatu gereja. Uskup terpilih secara legitim, diangkat dengan bebas oleh Paus, atau dikukuhkan olehnya.

Uskup adalah orang yang ditahbiskan menjadi anggota Dewan Para Uskup sedunia, dan sebagai pengganti para rasul ia mempunyai tanggung jawab bagi seluruh gereja.

Di samping itu ada sebutan Uskup Agung yang memimpin suatu propinsi gerejawi (keuskupan) yang besar.

Paus

Paus adalah jabatan hierarki tertinggi dalam gereja Katolik Roma. Paus sendiri menjadi simbol pemimpin agama Katolik yang ada di Vatikan, Roma.

Fungsi Paus adalah sebagai ketua dewan pimpinan Gereja yang ditugaskan untuk menggembalakan umat-Nya.

Siapa yang sangka bahwa sebenarnya Paus Fransisku adalah uskup Roma. Karena kepemimpinan gereja Katolik berpusat di Roma, maka sebagai uskup Roma,

Paus Fransiskus adalah pengganti rasul Kristus dengan tugas dan kuasa yang serupa dengan rasul Kristus.

Demikianlah tadi penjelasan tentang hierarki gereja Katolik Roma. Semoga tak salah lagi memahami beda Paus dan Romo, ya.

Selanjutnya: PHRI Minta RUU Pariwisata Tidak Tergesa-gesa Disahkan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News