Bugar

Pahami Kategori Aroma Minyak Wangi dan Tingkatannya

Pahami Kategori Aroma Minyak Wangi dan Tingkatannya

MOMSMONEY.ID - Parfum bisa mendeskripsikan diri seseorang. Sehingga, Anda perlu memahami kategori aroma minyak wangi dan tingkatannya. 

Wanita dan pria tentu sangat menyukai aroma minyak wangi yang enak. Tentunya ada banyak sekali aroma minyak wangi enak terjual di pasaran.

Agar tidak keliru memilih yang sesuai Anda inginkan, simak penjelasan tentang kategori minyak wangi dan tingkatannya dikutip dari cnfstore.com, yaitu : 

Baca Juga: Kenali 6 Bahan Parfum yang Sering Digunakan Produk Parfum Mewah

  • Kategori Aroma Minyak Wangi

Ada beberapa kategori aroma minyak wangi yang bisa Anda pilih. Tentunya disesuaikan dengan kepribadian yang dimiliki.

Aroma wewangian bisa membuat Anda semakin percaya diri. Sehingga, perlu memilih aroma yang tepat agar tidak mengganggu indera penciuman orang di sekitar Anda. 

Oleh karena itu, sebelum memilih minyak wangi, Anda perlu mengetahui kategori aroma minyak wangi yang umum dijual di pasaran. Berikut beberapa daftarnya : 

1. Floral

Pertama, ada kategori aroma floral. Aroma wewangian ini mewakili satu rumpun bunga. Floral menggabungkan konsentrat aroma dari orange blossom, rose, lavender, jasmine, dan sebagainya. Satu aroma wewangian juga bisa mendominasi satu bunga tertentu, seperti mawar.

2. Fruity

Kategori aroma selanjutnya adalah fruity. Aroma ini biasanya menggabungkan aroma buah-buahan, seperti apel, jeruk, lemon, anggur, dan sebagainya. Wangi dari kategori aroma fruity cenderung lebih segar dan feminin.

3. Oriental

Berikutnya, ada aroma oriental. Kategori wewangian oriental biasanya terbuat dari bahan dasar amber. Wanginya memancarkan kesan hangat dan manis. Bahan dasar lain yang masuk dalam aroma oriental adalah tonka bean, vanilla, dan musk.

4. Spicy/Woody

Kategori aroma yang terakhir adalah Spicy/Woody. Aromanya memancarkan kesan hangat dan misterius. Untuk parfum pria, aroma spicy/woody juga memberi kesan maskulin dan seduktif.

Umumnya, menggabungkan konsentrat aroma dari tembakau, kayu manis, kayu cendana, atau jahe. Patchouli juga sering digunakan untuk memperkuat aroma spicy/woody.

Baca Juga: Simak 5 Cara Memakai Body Mist Agar Tahan Lama, Gimana?

  • Tingkatan Lapisan Aroma Wewangian 

Setelah mengetahui kategori aroma minyak wangi, Anda juga harus memahami tingkatan aroma wewangian. Tingkatan ini menjadi pengetahuan basic yang perlu Anda pahami sebelum memilih produk minyak wangi yang tepat.

Pada dasarnya, setiap wewangian memiliki tiga lapisan aroma, antara lain:

1. Top Notes

Aroma yang langsung tercium ketika wewangian disemprotkan. Sifatnya sangat mudah menguap, dan bukan menjadi aroma minyak wangi sebenarnya.

2. Middle Notes 

Aroma yang dapat tercium sekitar beberapa menit hingga 1 jam sesudah wewangian disemprotkan. Umumnya, wanginya lebih lembut dibandingkan top notes.

3. Base Notes 

Aroma terakhir yang akan tercium sekitar 30 menit setelah wewangian disemprotkan sehingga akan bercampur dengan aroma middle notes.

Tingkatan aroma inilah yang menjadi aroma utama yang perlu Anda  pertimbangkan saat memilih minyak wangi, seperti apakah akan bertahan lama atau tidak, serta apakah sesuai dengan selera Anda.

Nah, itulah penjelasan tentang kategori aroma wewangian dan tingkatannya. Tentukan aroma parfum favorit Anda!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News