Bugar

Pahami 5 Penyebab Skin Barrier Rusak yang Harus Anda Tahu

Pahami 5 Penyebab Skin Barrier Rusak yang Harus Anda Tahu

MOMSMONEY.ID - Perlunya Anda tahu penyebab-penyebab skin barrier rusak. Skin barrier adalah lapisan paling luar yang menjaga kulit dari berbagai kerusakan.

Skin barrier yang rusak memiliki ciri-ciri tertentu, seperti kulit kering, bersisik, kusam, kemerahan, berminyak dan muncul jerawat. 

Sebelum merawatnya dengan tepat, simak lima penyebab skin barrier rusak di sini dilansir dari blog.avoskinbeauty.com

Baca Juga: Ketahui 5 Manfaaat Air Kelapa untuk Kulit, Bikin Awet Muda!

1. Tidak Menjaga Kelembapan Kulit

Penyebab pertama skin barrier rusak adalah tidak menjaga kelembapan kulit. Menjaga kelembapan kulit dapat menjaga kulit Anda dari kerusakan skin barrier. Kelembapan kulit tidak terjaga. Hal ini memang sering terjadi terutama bagi pemilik kulit berminyak.

Banyak yang beranggapan tidak perlu mengaplikasikan pelembap ke wajah karena membuat wajah semakin berminyak. Padahal, semua jenis kulit membutuhkan pelembap untuk menjaga kelembapan kulit agar tetap sehat terawat.

2. Over Exfoliating

Penyebab skin barrier rusak selanjutnya adalah over exfoliating atau berlebihan dalam eksfoliasi kulit. Over exfoliating yang membuat skin barrier terkikis. Bukannya mengangkat sel kulit mati, tetapi lapisan pelindung kulit terluar akhirnya menjadi rusak.

Baca Juga: Promo BSI Hasanah Card, Dapatkan Diskon Produk Traveloka hingga Rp 250.000

3. Terpapar Sinar Matahari

Kemudian, terpapar sinar matahari dalam jangka waktu lama tanpa memakai sunscreen juga menjadi penyebab skin barrier rusak. Sinar matahari ini menjadi penyebab kulit rusak yang paling menakutkan, termasuk pada potensi kerusakan lapisan kulit terluar atau skin barrier.

4. Menggunakan Produk Kecantikan Berbahan Keras

Berikutnya, menggunakan produk kecantikan berbahan keras sehingga menyebabkan iritasi kulit. Biasanya ditandai dengan kulit mengelupas dan kering. Hal ini dapat menjadi salah satu penyebab skin barrier rusak.

5. Kurang Tidur, Stres, Radikal Bebas dan Faktor Usia 

Penyebab skin barrier lainnya adalah kurang tidur, stres, radikal bebas dan faktor usia. Hal ini dapat memperburuk masalah skin barrier dan kerusakan skin barrier. Faktor lain seperti usia yang menua juga dapat menyebabkan kondisi skin barrier menurun.

Nah, itulah beberapa penyebab skin barrier rusak yang harus Anda tahu. Rawat kesehatan kulit dengan tepat, yuk!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News