Pahami 4 Langkah Perawatan Kulit Berjerawat di Pagi Hari, Wajib Coba!

Pahami 4 Langkah Perawatan Kulit Berjerawat di Pagi Hari, Wajib Coba!

MOMSMONEY.ID - Memulai aktivitas pagi hari ini dengan merawat kulit. Bagi pemilik kulit berjerawat, inilah langkah perawatan kulit berjerawat di pagi hari yang harus Anda lakukan. 

Ketika berbicara tentang kulit yang rentan berjerawat, kuncinya adalah menerapkan rutinitas perawatan kulit yang sederhana dan konsisten. 

Anda bisa mencoba empat langkah perawatan kulit berjerawat di pagi hari dilansir dari herworld.co.id, yaitu: 

Baca Juga: Inilah 4 Langkah Perawatan Kulit Berjerawat di Malam Hari, Mudah Dilakukan

1. Membersihkan Wajah

Langkah pertama perawatan kulit berjerawat di pagi hari adalah membersihkan wajah. Membersihkan wajah di pagi hari merupakan salah satu langkah penting dalam basic skincare untuk kulit berjerawat.

Hal ini bertujuan untuk menghilangkan sebum dan kotoran yang mungkin menumpuk di permukaan kulit sepanjang malam, serta menghilangkan sisa residu produk skincare yang digunakan malam sebelumnya, menurut Dr. Noelani Gonzalez, dermatolog bersertifikat di New York. 

Untuk kulit berjerawat, Anda disarankan untuk menggunakan pembersih wajah yang mengandung salicylic acid atau benzoil peroksida, dan berlabel “oil-free” dan “non-comedogenic”, yang dapat membantu mengurangi dan menghilangkan jerawat.

2. Gunakan Toner

Setelah membersihkan wajah, Anda dapat melanjutkan dengan pemakaian toner. “Toner dapat membantu menghilangkan sisa produk pembersih yang mungkin tertinggal di kulit setelah mencuci wajah, menutrisi kulit, dan mengembalikan pH kulit ke tingkat normal—beberapa pembersih wajah mungkin mendorong pH kulit ke arah sedikit asam atau bahkan basa,” kata Brendan Camp, MD, dokter kulit bersertifikat di New York.

Pilihlah toner bebas alkohol dengan bahan-bahan seperti witch hazel atau green tea yang memiliki sifat anti inflamasi dan antioksidan yang bermanfaat untuk mengurangi dan menghilangkan jerawat.

Baca Juga: Tambah Pemasukan Lewat Menjual Pakaian Seken, Simak Cara Memulainya

3. Pakai Pelembap

Langkah selanjutnya perawatan kulit berjerawat di pagi hari adalah pakai pelembap. Semua jenis kulit membutuhkan pelembap, tidak terkecuali kulit berjerawat.

Melewatkan penggunaan pelembap dalam rutinitas skincare harian dapat menyebabkan kulit memproduksi lebih banyak minyak, yang berpotensi menimbulkan lebih banyak jerawat di wajah.

“Pelembap dapat membantu menjaga keseimbangan produksi minyak di kulit,” kata Elyse M. Love, M.D., seorang dokter kulit bersertifikat di New York. 

Selain itu, pelembap juga dapat mencegah kulit kering setelah menggunakan obat jerawat. Sama halnya dengan pembersih wajah, pilihlah juga pelembap yang berlabel “oil-free” dan “non-comedogenic” untuk kulit berjerawat.

Anda bisa memilih pelembap dengan kandungan utama lidah buaya atau hyaluronic acid, yang bisa melembapkan dan menghidrasi kulit berjerawat dengan baik tanpa menyumbat pori-pori. 

4. Pakai Sunscreen

Terakhir, jangan lupa mengoleskan produk sunscreen. Paparan sinar UVA dan UVB ke kulit berjerawat tanpa adanya perlindungan dapat memparah kondisi jerawat yang sudah ada dan membuat bekas jerawat menjadi lebih menggelap.

Maka dari itu, menggunakan sunscreen di pagi hari (setiap hari) sebelum beraktivitas di luar ruangan sangat penting. Pilih sunscreen non-comedogenic berspektrum luas dengan minimal SPF 30 atau lebih tinggi dan memiliki perlindungan PA++++. 

Jadi, itulah beberapa langkah perawatan kulit berjerawat di pagi hari yang bisa Anda lakukan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News